Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Trik Glamping Terbaik, Biar Liburannya Seru dan Asyik

By Admin, 2 September 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Ini dia cara terbaik buat refreshing di alam terbuka dengan kenyamanan tingkat dewa.-

Mari kita akui kalau berkemah bukan untuk semua orang. Ide untuk tidur di tanah bukanlah hal yang disukai semua orang. Tapi, bukan berarti kita nggak bisa liburan yang memungkinkan kita ‘menyatu’ dengan alam, lho. Kita tetap dapat menghabiskan waktu di alam terbuka dan menikmati udara segar dengan glamping. Sebuah kata yang menggabungkan glamour dan camping ini adalah solusi buat kita yang mau berkemah dengan ‘mewah’, nggak punya peralatan berkemah, atau kurang cocok sama konsep camping.

Lebih Ramah Lingkungan

DBS Live More Society

Meski bukan konsep baru, glamping mungkin masih asing di telinga kamu. Untuk mendapatkan gambaran soal apa yang kita bicarakan, ubah sleeping bag dengan seprai katun yang bagus, tukar tenda kemah di atas sepetak tanah dengan ruangan yang nyaman lengkap plus kamar mandi bersih. Letaknya tetap di alam terbuka – biasanya di area yang asri dan indah. Lalu, bayangkan kita bersantai di: bangunan berbahan kanvas, yurt (tenda bundar bergaya Mongolia yang biasanya berukuran besar untuk satu kamar), ‘rumah mungil’ berfitur lengkap, atau fancy tree house. Ditambah akomodasi pribadi, fasilitas asyik seperti area playground dan kolam renang, berbagai pilihan outdoor activity, serta akses mudah dari dan ke ‘tenda’.

Selain membuat kita refreshing dengan nyaman, glamping juga bisa menyadarkan kita untuk menjaga kelestarian alam. Bikin kita lebih mengapresiasi alam dan bergerak untuk bantu menjaganya. Glamping juga bisa banget jadi aktivitas penghijauan yang berdampak rendah pada lingkungan. Pondok-pondok penginapannya kebanyakan menggunakan prinsip ramah lingkungan dan atau sustainability, seperti Eco Beach Tent di Belitung dan Omah Lor Project di Yogyakarta.

Baca Juga: Cari Cuan Sambil Liburan, Yuk Bisa Yuk!

Panduan Glamping Untuk Pemula
Memaksimalkan pengalaman glamping kita dimulai dengan perencanaan sebelumnya. Mencari tahu cara memilih tempat perkemahan yang tepat dan memiliki daftar beberapa barang yang harus dibawa dijamin akan membuat glamping kita jadi lebih menyenangkan serta berkesan. Selain itu, tentunya butuh panduan singkat untuk glamping berikut ini. Wajib baca sampai habis sebelum pergi!

#1 Pilih yang paling cocok dengan kamu
DBS Live More Society
Hal pertama dalam agenda, seperti halnya perencanaan liburan, adalah memutuskan di mana kamu ingin pergi glamping. Apakah staycation di dekat rumah karena ini adalah pengalaman pertama atau berencana untuk bepergian jauh? Untuk menemukan yang sempurna buatmu, kenali jenis tempat menginapnya. Yurt, tenda lonceng, atau rumah pohon? Tempat yang kamu pilih untuk menginap dapat memberikan sensasi petualangan yang berbeda. Jadi, pertimbangkan bagaimana tempat itu membuat kamu merasa dan mendapat kepraktisan, kenyamanan, perlindungan, dan hal-hal lain yang jadi prioritas utama kamu.

#2 Cek fitur/fasilitas yang disediakan pengelola
DBS Live More Society
Kamu perlu memilih yang menawarkan perpaduan pemandangan indah, hal-hal yang ingin kamu lakukan, ruang untuk menjelajah, dan kedamaian serta ketenangan yang kamu butuhkan untuk menikmati alam. Banyak tempat glamping yang memiliki beberapa fasilitas menarik dan aktivitas outdoor yang luar biasa untuk kamu nikmati. Misalnya, hiking, treking, api unggun, canoeing, dan lain-lain Sebelum pergi, lihat apa saja yang bisa dilakukan di sana sehingga kamu dapat membuat itinerary yang tepat dan membawa perlengkapan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

Barang-barang yang harus kamu bawa berlibur akan tergantung pada apakah kamu memilih glampsite berperabotan lengkap atau pendekatan DIY (do-it-yourself). Opsi pertama artinya kamu hanya perlu membawa barang-barang pokok seperti perlengkapan mandi, pakaian, sepatu, dan kebutuhan dasar lainnya. Untuk opsi kedua, mungkin kamu perlu membawa alat makan dan alat masak, kotak P3K, semprotan serangga, alat mandi, makanan atau minuman apa pun yang kamu inginkan, serta barang lain yang dapat menunjang kenyamanan kamu.

#3 Tentukan tingkat kenyamanan yang kamu inginkan
DBS Live More Society
Apa yang dianggap nyaman oleh orang lain, belum tentu nyaman buat kamu. Karenanya, penting untuk menentukan apa yang penting bagi kamu. Apakah kamu menginginkan kamar mandi pribadi, atau mau kamar mandi/toilet bersama? Butuh tambahan kenyamanan, seperti bak mandi air panas, microwave, atau kulkas?

#4 Sesuaikan waktu liburan dengan cuaca
DBS Live More Society
Karena berada di alam selama glamping, cuaca punya peran penting, nih, dalam menentukan waktu liburan kamu. Jangan sampai, kamu glamping di musim hujan, yang bikin kamu sulit beraktivitas di luar ruangan. Ya walaupun, glamping saat cuaca lagi mendung atau gerimis juga bisa bikin suasana jadi lebih romantis dan manis, sih, tapi ada baiknya kamu mengecek prakiraan cuaca dulu sebelum booking glamping supaya bisa disesuaikan dengan ekspektasi kamu selama berlibur.

#5 Aman atau tidak?
DBS Live More Society
Harus ada cara untuk mengamankan barang-barang kamu di dalam tenda glamping-mu, apalagi kalau kita menginap di tempat yang tidak ada pintunya. Kalau tidak bisa dikunci, setidaknya disediakan brankas untuk menyimpan barang-barang yang penting, ketika kamu sedang keluar tenda. Juga mudah-mudahan ada semacam fasilitas keamanan di tempat, seperti penjaga atau akses khusus untuk masuk ke dalam area tenda, sehingga bukan cuma nyaman, kamu pun merasa aman.

Tips tambahan lainnya, mungkin kamu perlu memilih tempat glamping yang memberikan ‘wow factor’. Perlu ada beberapa layanan atau fasilitas dari pengelola glamping yang membuat pengalaman liburan kamu jadi lebih istimewa. Apalagi kalau dapat harga terbaik, pasti bikin sumringah, deh. Pas banget, nih, digibank by DBS punya penawaran menarik promo staycation yang bisa kamu gunakan untuk booking di hotel Four Seasons Jakarta. Cek di sini untuk dapat promo menariknya.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more