Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Yuk, Kenalan Sama ‘Zero Waste’ Lebih Dekat Lewat 7 Film Ini!

By Admin, 4 Januari 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Siapkan popcorn, duduk yang nyaman, matikan lampu, dan mari belajar cara menjaga bumi dari tumpukan sampah lewat 7 film ini.-

Menghabiskan akhir pekan dengan maraton film bertema lingkungan bisa menjadi pengalaman yang sungguh bermakna, inspiratif, dan tentunya menyenangkan. Apalagi kalau kita adalah salah satu dari banyak orang yang bertanya-tanya “apa itu zero waste?”, menghabiskan beberapa jam (atau hari?) dengan film-film ini merupakan cara menyenangkan untuk mulai beraksi menjaga bumi.

Yup, gaya hidup zero waste memang tak mudah untuk dijalani, tidak dalam semalam. Meskipun menerapkan 5R (refuse, reduce, reuse, repurpose, recycle) dan menggunakan semua produk tanpa limbah di dunia merupakan awal yang baik, tapi dengan menyaksikan kesepuluh nonton ini dijamin bisa bikin kita lebih semangat lagi menjalani gaya hidup zero waste. Ini dia ketujuh film zero waste-nya. Selamat menonton!

#1 Pulau Plastik (2021)
DBS Live More Society
Film yang mengangkat tentang permasalahan sampah plastik di Indonesia ini berkisah tentang tiga pemuda yang menolak diam melawan plastik sekali pakai. Di film tersebut, Gede Robi (vokalis band rock Navicula asal Bali), Tiza Mafira (pengacara muda asal Jakarta), dan Prigi Arisandi (ahli biologi serta penjaga sungai asal Jawa Timur) menelusuri sampai sejauh mana jejak sampah plastik masuk ke rantai makanan.

Petualangan mereka membawa kita masuk menelusuri dampak sampah plastik terhadap kesehatan manusia, dan apa yang bisa dilakukan untuk menghentikannya. “Pulau Plastik” ditayangkan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi Sedunia dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar menjaga bumi dan menginspirasi kita untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Baca Juga: Meningkatkan Food Waste Awareness di Rumah Sendiri

#2 Seaspiracy (2021)
DBS Live More Society
Dari co-creator yang membuat film dokumenter inovatif “Cowspiracy”, hadir “Seaspiracy”. Film ini menjelaskan kenyataan-yang-mengkhawatirkan dan tidak diketahui secara luas tentang perusakan lingkungan yang meluas ke lautan kita dan disebabkan oleh perilaku manusia. Pencemaran lingkungan, kekerasan pada hewan laut, hingga industri perikanan yang buruk disajikan pada “Seaspiracy”.

#3 The Minimalists: Less Is Now (2021)
DBS Live More Society
Film ini mengikuti The Minimalisists, Joshua Fields Millburn dan Ryan Nikodemus, dalam tur buku mereka mengelilingi Amerika Serikat saat mereka bertemu dan berbicara dengan orang-orang yang berpikiran sama seperti mereka, dari semua lapisan masyarakat. Melalui kisah-kisah pribadi orang-orang tersebut, serta wawancara dengan minimalis terkemuka lainnya, film ini memaparkan dasar-dasar dan manfaat dari gaya hidup minimalis. Minimalism mendorong konsumsi yang tak perlu-perlu amat, sehingga kita memiliki ruang untuk mengisi hidup kita dengan orang tersayang, pengalaman, dan bahkan hal-hal yang benar-benar kita sukai.

#4 A Plastic Ocean (2016)
DBS Live More Society
Sutradara Craig Leeson dan mantan juara dunia menyelam bebas, Tanya Streeter, menyelidiki keadaan rapuh lautan kita dalam sebuah perjalanan selama empat tahun. Ini adalah sebuah kisah tentang bagaimana plastik telah mencemari lingkungan laut di bumi. Film dokumenter ini mengeksplorasi bagaimana potongan-potongan kecil plastik yang pecah dimakan oleh hewan laut dan bagaimana racun darinya menembus jaringan mereka – dan akhirnya, bagaimana racun ini berakhir di piring kita, berpotensi menimbulkan risiko kesehatan utama (seperti kanker) dan masalah kesehatan lainnya.

#5 The True Cost (2015)
DBS Live More Society
Bertempat di berbagai tempat di seluruh dunia, film ini mengajak kita untuk menyelami sisi gelap industri pakaian dan ‘harga’ yang harus kita bayar untuk setiap pakaian yang kita kenakan. Setelah nonton film ini, dijamin kita akan memikirkan kembali cara kita mengonsumsi fashion, yaitu tentang seberapa sering kita membeli pakaian baru, dari mana pakaian itu berasal, dampak lingkungan yang ditimbulkan dari pembuatan pakaian tersebut, dan para pekerja industri tekstil yang sering dibayar dengan upah sangat rendah.

#6 Just Eat It: A Food Waste Story (2007)
DBS Live More Society
Limbah makanan sama sekali enggak keren, yang setuju langsung saja nonton film ini. Judul film cukup menjelaskan premis film dokumenter ini. Kita diajak mengikuti aktivis Jen Rustemeyer dan Grant Baldwin selama enam bulan mengunjungi sekitar puluhan supermarket yang berbeda untuk mengetahui berapa banyak makanan yang dibuang setiap hari. Hal yang paling unik dari film ini? Jen dan Grant berjanji untuk berhenti berbelanja dan bertahan hidup hanya dengan makanan yang dibuang.

#7 The Story Of Stuff (2007)
DBS Live More Society
Jika tidak punya banyak waktu, tetapi ingin menyaksikan bagaimana sifat konsumtif manusia merusak planet kita, tontonlah “The Story of Stuff”. Film pendek yang cepat dan penuh fakta ini hanya berdurasi 20 menit, tetapi menyajikan beberapa masalah lingkungan dan sosial, serta bagaimana kita dapat bersatu untuk membuat dunia yang lebih baik.

Selesai menonton ketujuh film di atas, mungkin ada sesak di dada atau asap keluar dari kepala. Itu hal yang wajar, kok. Mari menenangkannya dengan hidup sederhana, utamakan kebutuhan jauuuh di atas keinginan. Terus, uang hasil berhematnya disimpan buat ditabung, deh. Bumi bahagia, kita pun senyum lebar. Bingung mau menabung di mana? Coba Tabungan Maxi dari digibank by DBS, deh. Produk terbaru dari digibank yang memberikan kita kemudahan untuk memiliki tabungan dengan bunga hingga 3% p.a dan bisa diambil kapan saja tanpa terikat jangka waktu. Cek penjelasannya di sini, yuk.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more