Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LivemoreKind

Meningkatkan Food Waste Awareness di Rumah Sendiri

By Admin, 21 Oktober 2021 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Coba kamu perhatikan, dalam sehari, berapa banyak sampah makanan yang kamu hasilkan? Itu baru sehari, bagaimana jika seminggu? Sebulan?

Pada dasarnya, kita semua sadar kalau kita banyak membuang makanan, tapi tak tahu pasti seberapa banyaknya. Padahal, limbah atau sampah makanan merupakan faktor yang cukup besar yang menyebabkan pemanasan global. Sampah makanan yang membusuk meghasilkan gas metana, yang dapat merusak lapisan ozon. Di sisi lain, sampah makanan atau food waste merupakan hal yang sangat disayangkan jika kita melihat fakta bahwa masih banyak orang yang kekurangan pangan, bahkan hingga kelaparan. Lalu, bagaimana cara agar food waste bisa dikurangi?

Tingkatkan Awareness atau Kesadaran
Satu hal yang perlu kita pahami, bahwa semakin banyak orang yang menyadari dampak buruk sampah makanan atau food waste, semakin baik. Seperti yang telah disebutkan di awal artikel tadi, jika satu rumah saja bisa menghasilkan sekian banyak sampah makanan, bayangkan berapa banyak sampah makanan yang dihasilkan satu area? Jika masing-masing rumah tersebut mengurangi food waste-nya setengahnya saja, bisa dipastikan jumlah food waste pun berkurang dengan signifikan.
Untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia akan pentingnya mengurangi food waste, DBS Indonesia telah melakukan kampanye #MakanTanpaSisa, yang menghimbau masyarakat untuk selalu menghabiskan makanan yang telah kita ambil dan mengurangi sampah makanan yang terbuang. Di masa depan, DBS Indonesia berharap bisa terus melanjutkan kampanye ini bersama rekan-rekan seperjuangan yang memiliki visi yang sama dengan berbagai program yang menarik.

Mulai dari Rumah Sendiri
Bagaimana dengan masyarakat umum, termasuk kamu? Cara termudah dan terefektif adalah dengan mulai meningkatkan kesadaran akan konsumsi makanan di rumahmu sendiri. Ajak orang tua, saudara, dan anak, untuk mulai memperhatikan dan mengurangi food waste. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa kamu coba praktikkan bersama keluarga di rumah.

  • Rutin membuat meal plan atau perencanaan makanan. Rencanakan mau makan atau masa kapa selama seminggu ke depan. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi risiko kelebihan makanan.
  • Simpan bahan makanan dengan baik agar ridak cepat busuk. Cari tahu dan pelajari usia dan cara simpan macam-macam makanan, seperti daging, sayur, umbi-umbian, dan lain-lain.
  • Berbagi makanan. Jika kamu memiliki banyak makanan, ada baiknya kamu berbagi dengan tetangga atau saudara.
  • Tanam sayur mayur di pot, seperti cabe rawit. Dengan begini, kamu tak perlu beli dan menghadapi membuang cabe rawit yang tak termakan.
  • Habiskan makanan yang sudah kamu ambil. Ini juga kebiasaan penting yang punya dampak besar terhadap pengurangan food waste. Jadi, ambil porsi secukupnya, dan selalu #MakanTanpaSisa, ya!-
DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more