Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Biar Tetap Bergerak di Musim Hujan, Ini 6 Olahraga Yang Cocok Buatmu

By Admin, 22 November 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Sekarang, kamu nggak bisa lagi menunda olahraga pakai alasan hujan atau udara dingin.-

Siapa yang merasa bersalah menggunakan cuaca dingin/musim hujan sebagai alasan untuk nggak berolahraga? Bila kamu salah satunya, kemungkinan kamu bakal cukup lama absen berolahraga, deh. Ngerti banget, memang butuh tekad kuat dan banyak semangat demi bisa pergi bersepeda atau joging pagi saat musim hujan tiba. Tapi, kalau dipikir-pikir, sebenarnya ada banyak olahraga yang tetap bisa kita lakukan saat musim hujan, lho.

Kabar baiknya lagi, dalam beberapa hal, musim dingin/hujan dapat memberikan manfaat yang nggak kita dapatkan di musim panas. Menurut Dr. Adam Tenforde, asisten profesor kedokteran olahraga dan rehabilitasi di Harvard-affiliated Spaulding Rehabilitation Network, cuaca dingin sebenarnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. "Dalam suhu yang lebih dingin, jantung kamu tidak harus bekerja terlalu keras, kamu lebih sedikit berkeringat, dan mengeluarkan lebih sedikit energi, yang semuanya berarti kamu dapat berolahraga dengan lebih efisien," kata Dr. Adam.

Penelitian juga menunjukkan, kalau berolahraga dalam cuaca dingin dapat mengubah lemak putih, khususnya lemak perut dan paha, menjadi lemak coklat yang membakar kalori. Hmm, ini waktunya kita mengecilkan lingkar perut dan paha! Jadi, sudah siap berolahraga di tengah syahdunya hujan rintik-rintik? Baca terus untuk tahu 6 olahraga yang cocok buatmu di musim hujan.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini Olahraga Yang Cocok Buat Kamu Berdasarkan Zodiak

#1 Hula Hoop
DBS Live More Society
Sekarang sebenarnya bisa jadi waktu yang pas untuk mempelajari hula hoop yang seru banget dan bisa kamu pamerkan ke teman dan keluargamu setelah kamu menguasainya. Hula hoop juga bisa banget membakar kalorimu dengan cara yang menyenangkan, plus alat yang mudah. Menurut jurnal Obesity Facts, hula-hooping adalah jenis tarian kuno, yang baru-baru ini populer dan sering digunakan dalam bentuk latihan inti aerobik. Kalau lagi bosan sama rutinitas fitnes, coba hula hoop, deh.

Hula hoop sudah dipraktikkan di kelas kebugaran di seluruh dunia, dan juga bisa jadi permainan yang menyenangkan bersama keluarga di rumah. Buat pemula, kamu bisa coba gerakan putaran klasik dulu. Tantang teman atau anggota keluargamu untuk membuat hula hoop berputar di pinggang dan lihat siapa yang bisa mempertahankannya paling lama. Seru!

#2 Clubbercise
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Salah satu fitness trend di tahun 2020-2021 adalah olahraga yang meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Hal ini terjadi terutama karena dampak dari pandemi virus corona. Di masa lalu, tubuh dan pikiran biasanya 'diurus' secara terpisah, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Itulah mengapa kebanyakan orang sekarang memilih olahraga yang menyenangkan juga, seperti Clubbercise ini. Ada sekitar 100.000 orang yang mengikuti kelas Clubbercise dengan lebih dari 1000 instruktur di Inggris, Eropa, Asia, dan Australia.

Clubbercise adalah dance class yang membantu orang menjadi bugar dan tetap sehat dalam lingkungan menyenangkan plus membangkitkan semangat. Latihannya dalam kegelapan, diiringi musik kencang serta bertempo cepat, dan peserta biasanya mengenakan pakaian cerah dengan glowsticks. Clubbercise lebih dari sekadar dance class. Peserta dibawa dalam perjalanan fisik dan mental melalui perpaduan musik dan gerakan. Dari hasil survey yang dilakukan oleh Clubbercise.com, 97% responden mengatakan bahwa dance fitness class telah meningkatkan kesehatan mental mereka.

#3 Yoga
DBS Live More Society
Di masa yang sering 'menuntut' kita untuk bergerak cepat dan multitasking, penting banget untuk menyisihkan waktu supaya kita bisa menenangkan pikiran. Yup, salah satu caranya dengan yoga. Yang menyenangkan, yoga dapat dilakukan di mana saja untuk menuai manfaatnya, dan dengan sedikit atau tanpa peralatan.
Cocok, kan, buat dilakukan di musim hujan yang bikin kita mager ini. Dan, ramah lingkungan dan dompet pula karena tidak harus menggunakan alat-alat khusus.

Berapapun usia atau tingkat kebugaran kamu, yoga selalu berhasil menenangkan pikiran dan memperkuat tubuh bila dilakukan secara rutin. Sesi yoga dapat membakar antara 180 dan 460 kalori tergantung pada beberapa faktor, termasuk:
- jenis yoga yang kamu lakukan
- durasi dan intensitas kelas
Misalnya, orang dengan berat sekitar 72 kg akan membakar 183 kalori dalam kelas yoga Hatha (dasar) selama 60 menit, menurut Mayo Clinic.

#4 Boxing
DBS Live More Society
Kenapa pilih ini? Pertama, kamu bakal terlihat tough dan cool dengan menggunakan sepasang sarung tinju. Kedua, tinju punya banyak kebaikan untuk tubuh. Kelebihan tinju antara lain adalah olahraga terbaik untuk meningkatkan kekuatan fisik, tulang, dan otot. Selain itu, bisa membakar sejumlah besar kalori. Pada umumnya, kalori yang dibakar saat olahraga tinju adalah 400 kalori per jam untuk perempuan, dan 500 kalori per jam pada laki-laki.

Menurut penelitian, olahraga tinju bisa menurunkan tekanan darah siastolik dan diasktolik, sehingga membantu mengurangi stres pada pembuluh darah. Dengan bertinju secara rutin, ini akan membantu mencegah risiko penyakit jantung dan stroke. Kalau kamu nggak suka olahraga tinju karena takut dipukul, kamu bisa berlatih tinju dengan cara memukul punching bag atau samsak. Kesal sama atasan atau pasangan? Keluarkan emosinya sambil memukul samsakmu.

#5 Trampolin
DBS Live More Society
Nggak cuma lompat-lompat aja, tapi olahraga di atas trampolin adalah cara yang bagus untuk bersenang-senang dan bikin badan sehat. Trampolin meningkatkan detak jantung kamu dan memompa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen diperlukan sel untuk mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh, juga penghancuran beberapa racun sisa metabolisme. Lemak tubuh kamu juga bisa dikurangi dengan melompat di atas trampolin.

Olahraga ini sangat bagus untuk mengencangkan otot dan meningkatkan koordinasi. Selain meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, trampolin juga oke banget buat mengurangi stres dan kecemasan, berkat endorfin yang dilepaskan oleh otak. Terlebih lagi, kalau kita trampolin sambil dengerin lagu upbeat kesukaan atau sambil bersenang-senang bersama teman dan keluarga.

#6 Bulutangkis
DBS Live More Society
Ini dia olahraga mudah dan murah yang bisa kamu nikmati bersama teman serta keluarga di rumah. Yang kamu butuhkan hanyalah sepasang raket, net, dan kok. Jadi ingat waktu main bulutangkis di masa kecil kita, ya? Kalau dulu kamu sering main di halaman depan rumah atau lapangan komplek, sekarang boleh juga kalau mau menyewa lapangan bulutangkis indoor bareng teman-temanmu.

Salah satu kebaikan penting dari bulu tangkis adalah meningkatkan kekuatan otot, membuat kamu lebih kuat dan lebih bugar. Gerakan terus menerus dari kiri, kanan, depan dan belakang, meningkatkan massa otot sambil mengencangkannya menjadi bentuk yang tepat. Karena itu, bulutangkis bisa memperkuat otot, betis, paha depan, dan paha belakang kamu. Ssst, permainan ini juga sempat hype lagi setelah Vindes Sport menyelanggarakan acara'Tepok Bulu 2022' di pertengahan tahun ini. Yuk, main bulutangkis bareng sobat-sobatmu!

Banyak banget, kan, kebaikan yang bisa kita dapat dari berolahraga rutin. Badan bugar, mental health pun terjaga. Kalau kamu suka olahraga, walau di musim hujan masih tetep bisa jaga kebugaran kamu loh dengan belanja alat olah raga di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more