Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Stop Membuang Kulit Jeruk, Olah Jadi 5 Santapan Ini, Yuk!

By Admin, 19 Januari 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Simpan kulit jeruk mulai sekarang. Bisa dicampurkan ke minuman sampai jadi makanan yang bikin kenyang. -

Bagi masyarakat di daerah tropis, mengonsumsi buah jeruk mungkin saja menjadi kebiasaan sehari-hari. Selain bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh, rasanya yang enak dan segar juga merupakan alasan mengapa buah jeruk memiliki banyak penggemar.

Pada masa pandemi seperti saat ini, kebiasaan mengonsumsi buah jeruk juga perlu terus dilakukan. Soalnya, jeruk memiliki kandungan vitamin C berlimpah yang baik untuk kesehatan. Satu jeruk dengan berat 100 g mengandung 58.30 mg vitamin C, menurut publikasi dalam International Food Research Journal (April 2017). Vitamin C berfungsi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti melegakan flu berperan penting dalam proses penyembuhan luka, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Termasuk mencegah infeksi akut.

Saat menikmati buah jeruk, kulitnya akan berakhir di tempat sampah. Sayang sekali karena ada banyak rasa dan aroma jeruk yang tersimpan di kulitnya. Yuk, mulai dari hari ini berhenti melakukannya. Sesuatu yang biasa dianggap sebagai sampah makanan ini bisa diolah jadi santapan nan nikmat. Kulitnya harum dan beraroma sehingga bisa digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai sajian. Mulai dari yang gurih hingga manis. Ini dia 5 ide olahan kulit jeruk yang bisa kita coba.

Baca Juga: Simpan Ampas Kelapa, Ini 6 Manfaatnya Buat Kecantikan

1. Permen kulit jeruk
DBS Live More Society
Cara membuat permen atau manisan kulit jeruk diawali dengan merebus potongan kulit jeruk dalam air mendidih beberapa kali. Tujuannya untuk melunakkan dan menghilangkan rasa pahitnya. Selanjutnya, potongan kulit jeruk direbus dalam sirup gula, yaitu campuran gula dan air yang dimasak dengan api kecil hingga gula larut sempurna.


DBS Live More Society

Setelah kulit jeruk direbus sampai empuk, lalu dijemur. Jika akan dimakan sendiri, bukan digunakan sebagai topping atau hiasan kue, manisan kulit jeruk terkadang digulung dengan gula pasir sebelum dikeringkan, atau dicelupkan ke dalam lelehan cokelat, setelah dikeringkan.

2. Orange peel-infused olive oil
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Minyak zaitun atau olive oil bisa kita buat menjadi berbeda dengan tambahan olahan kulit jeruk. Selain meningkatkan cita rasanya, khasiatnya juga bertambah. Minyak zaitun yang mengandung jeruk ini sempurna bila dipadukan dengan salad. Nah, cara membuat salad dressing dengan rasa jeruk ini cukup mudah. Pertama, cuci bersih dua buah kulit jeruk, potong-potong, lalu masukkan ke dalam food processor atau blender. Tambahkan satu cangkir (sekitar 230 ml) minyak zaitun. Nyalakan food processor untuk menghaluskan dan mencampurkan mereka sampai tercampur rata. Diamkan pada suhu kamar selama satu jam, lalu saring melalui saringan yang halus. Simpan pada botol kaca yang bersih.

3. Tumis brokoli dengan saus jeruk
DBS Live More Society
Hidangan ini dapat menjadi menu makan siang ataupun makan malam. Terutama bagi kita yang vegetarian. Yang perlu dilakukan adalah memarut kulit jeruk dan gunakan sebanyak 1 sendok makan. Lalu, rebus brokoli di air yang sudah mendidih selama sekitar 1,5 menit dan matikan kompor. Diamkan brokoli pada air rebusan sekitar 1 menit, lalu angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, buatlah saus jeruknya. Pertama, lelehkan dua sendok makan margarin pada pan dan angkat dari api. Campurkan satu sendok makan tepung maizena, 1 sendok makan kulit jeruk, dan 120 ml jus jeruk. Masak di atas api sedang, aduk terus, sampai campuran mengental. Kecilkan api, lalu didihkan 1 menit. Sajikan di atas brokoli yang sudah dimasak. Saus jeruk ini juga bisa menjadi cocolan untuk ayam goreng tepung atau sajian lainnya, lho.

4. Diminum dalam teh
DBS Live More Society
Kalau biasanya teh diminum hanya dengan tambahan gula atau irisan jeruk lemon, kita bisa coba cara baru, yaitu dengan menambahkan irisan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Lalu, tambahkan kulit jeruk kering tersebut ke teh kita saat sedang menyeduhnya menggunakan air panas. Kulit jeruk akan memberikan sensasi menyegarkan pada teh kita.

5. Keripik kulit jeruk
DBS Live More Society
Kabar baik, kulit jeruk kering cukup mudah dibuat di rumah, dan tidak memerlukan peralatan pengering yang canggih. Jika memungkinkan, gunakan buah jeruk yang ditanam secara organik dengan kulit bebas pestisida. Lalu, cuci serta keringkan dengan baik sebelum dikonsumsi. Lemon, limau, jeruk keprok, dan jeruk bali adalah pilihan jeruk yang kulitnya cocok dijadikan keripik. Saat mengupas kulit jeruk, gunakan pisau yang tajam supaya bagian dalam kulit (yang berwarna putih) tidak ikut terbawa. Bagian dalam berwarna putih ini tidak hanya pahit, tapi juga membuat kulit jeruk membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Tata irisan tipis kulit jeruk di atas loyang yang dialasi kertas roti dengan bagian dalam kulit menghadap ke atas, lalu panggang di oven dengan suhu sekitar 90 derajat celcius selama 25-30 menit. Jika kulitnya mulai kecokelatan, matikan oven selama beberapa menit, dan putar loyangnya. Kulitnya akan menggulung dan menjadi kaku saat kering. Simpan kulit yang telah didinginkan dan dikeringkan di tempat yang sejuk dalam wadah bersih serta kedap udara. Keripik kulit jeruk akan bertahan hingga satu bulan.

Kalau butuh oven atau food processor supaya bisa mengolah kulit jeruk, bisa cari di JD.ID. Pilihannya banyak, dan lagi ada tawaran menarik dari digibank by DBS. Kalau buka tabungan digibank, kita bisa mendapatkan e-voucher untuk belanja di JD.ID. Asyik, kan?! Cek penjelasan lengkapnya ini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more