Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Simpan Ampas Kelapa, Ini 6 Manfaatnya Buat Kecantikan

By Admin, 2 Desember 2021 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Kelapa sungguh serbaguna. Bisa dimakan sebagai buah, diolah sebagai dessert, atau masakan gurih, dan ternyata ampasnya bisa bikin kulit makin bersinar.

Di Indonesia, kelapa diperkirakan sudah dibudidayakan sejak 1000 Sebelum Masehi. Linda Civitello, Italian-American food historian, dalam buku “Cuisine and Culture: A History of Food and People” (2007) menuliskan, bahwa masyarakat Nusantara sudah diketahui ratusan tahun memakai air kelapa untuk merebus dan mengukus aneka macam makanan

Kelapa memang serbaguna. Hampir semua bagian kelapa dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi. Akarnya dapat digunakan untuk ramuan obat gatal-gatal, dagingnya dimakan, daunnya dipakai untuk bungkus ketupat, airnya bisa diminum, hingga batok/serabutnya yang dipakai sebagai arang untuk membakar ikan/daging. Nah ternyata, ampas dari daging parutan kelapa juga memiliki kebaikan.

Ketika airnya telah diperas menjadi santan, sisa dari daging parutan kelapa tersebut akan menjadi ampas kelapa. Kita bisa daur ulang limbah ampas kelapa dengan menggunakannya sebagai perawatan kulit. Apa saja manfaatnya? Ini dia 6 kegunaan ampas kelapa untuk kecantikan.

Baca Juga: Simpan Biji Alpukat, Ini 5 Manfaatnya Yang Membuat Tubuh Sehat

  1. Sebagai pelembap dan anti-aging
    DBS Live More Society
    Menurut para ahli, buah kelapa yang diparut dapat digunakan sebagai pelembab. Kandungan lemak dalam kelapa memelihara kulit kita, menjaganya agar tetap terhidrasi dan kenyal sehingga kulit tidak menjadi kering dan terhindar dari munculnya kerutan dini.


  2. Meredakan peradangan
    DBS Live More Society
    Kelapa parut mentah mengandung laurid acid, asam lemak jenuh, yang biasanya ditemukan dalam santan dan minyak kelapa. Lauric acid memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-inflamasi yang baik untuk tipe kulit sensitif. Kelapa juga diketahui dapat meningkatkan kadar antioksidan dan kadar kolagen pada kulit. Bahkan, beberapa brand produk kecantikan telah memanfaatkan kebaikan dari asam lemak jenuh ini dan memasukkannya pada produk makeup remover.


  3. Menangani masalah jerawat
    DBS Live More Society
    Tahu enggak, sih, kalau ampas kelapa memiliki khasiat yang berperan sebagai anti-bakteri dan anti-jamur? Karena kaya akan monolaurin dan asam laurat membuat kelapa parut jadi bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Karena itu, masalah terkait jerawat juga bisa ditangani dengan menggunakan ampas kelapa. Gunakan saja sebagai masker wajah dan gunakan sebanyak tiga kali dalam seminggu.


  4. Membuat rambut lebih sehat dan berkilau
    DBS Live More Society
    Jika rambut kusam, kering, dan patah-patah membuat kita sering mengalami bad hair day, beri kesempatan kepada ampas kelapa parut. Rambut kering dan mengembang terjadi karena rambut tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Nah, kandungan lemak dalam kelapa dapat menjaga kelembapan rambut sehingga rambut dapat menjadi berkilau dan lebih sehat. Cara menggunakannya cukup mudah. Kita bisa membalurkan ampas kelapa pada pada helai demi helai rambut, lalu pijat kulit kepala untuk memperkuat akarnya. Diamkan beberapa menit, lalu bisa dibersihkan dengan air, deh.


  5. Untuk scrub wajah
    DBS Live More Society
    Kelapa parut merupakan exfoliant (produk kosmetik yang dirancang untuk mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit) alami yang membantu mengatasi kulit kering dan kusam dengan memberikan nutrisi pada kulit agar kenyal kembali.


  6. Mencegah kulit rusak
    DBS Live More Society
    Kelapa dikenal sebagai toner alami yang luar biasa. Kandungan lemak dalam kelapa meminimalkan pori-pori yang menarik kotoran dan bakteri menempel di wajah sehingga dapat mencegah kulit rusak.


Kalau ampas bisa kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat buat kecantikan dan kesehatan kulit, uang gaji kita juga bisa ‘diolah’ jadi hal berguna untuk masa depan. Daripada gaji cuma numpang lewat doang tiap bulan karena habis untuk belanja atau jajan, lebih baik diinvestasikan di digibank Reksa Dana. Ada lebih dari 50 produk Reksa Dana yang bisa kita pilih sesuai keinginan atau kebutuhan, mulai dari Rp100 ribu. Penasaran? Cari tahu informasinya lebih detail di sini.

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more