Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

8 Inspirasi Kado Valentine Nan Ramah Lingkungan!

By Admin, 7 Februari 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Bumi juga butuh diperhatikan dan disayang, bukan cuma pasangan.-

Hari kasih sayang memang saat yang tepat untuk memanjakan orang yang kita cintai dengan hadiah. Mungkin yang terbayang adalah memberikan sekotak cokelat, seikat bunga, atau kado lain yang dibungkus kertas kado cantik. Jangan berhenti membayangkan sampai sini saja, deh. Coba bayangkan juga berapa banyak sampah dan emisi karbon yang dihasilkan dari kado-kado tersebut. Bukan cuma di tanah air, tapi di seluruh dunia.

Konsumerisme memang meningkat saat Valentine. Martha C White menuliskan di majalah Time, bahwa semakin tinggi nilai atau harga barang untuk hadiah Valentine, maka kemungkinan besar penerimanya akan semakin puas. Daaan, kita sebagai bucin yang kadang kehilangan logika rela menutup mata dan kemudian berbelanja-barang-yang-tak-penting-penting-amat atas nama cinta. Demi menyenangkan pasangan. Benar, nggak? Nah, tahun ini saatnya kita merayakan hari kasih sayang dengan menunjukkan rasa cinta kita ke bumi juga, bukan cuma ke pasangan. Menunjukkan cinta kepada orang yang kita sayangi sama pentingnya, lho, dengan menjaga lingkungan.

Tenaaang, tidak ada yang menghentikan kita untuk merayakan Valentine dengan memberikan hadiah ke pasangan, kok. Tapi, kita bisa membuat Valentine ala diri kita sendiri, yang ramah lingkungan tentunya. Yang terpenting adalah hadiahnya dibuat dengan cinta, datang dari hati, atau buatan tangan kita. Eh, apa? Belum punya ide mau kasih kado ramah lingkungan apa ke pasangan? Baca terus saja, karena daftar ide hadiah ramah lingkungan terbaik untuk menjadikan hari valentine ini istimewa ada di bawah ini. Mari berkreasi!

Baca Juga: Stop Membuang Kulit Jeruk, Olah Jadi 5 Santapan Ini, Yuk!

#1 Membuat makanan spesial
DBS Live More Society
Ajak si dia makan malam dengan menu buatan kita. Inti dari hari valentine bukanlah untuk berbelanja, dan membuat home-cooked meal adalah cara yang baik, tidak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga baik untuk dompet kita. Apa cara yang lebih baik untuk menunjukkan kepada pasangan kita betapa kita menyayanginya selain dengan menghabiskan satu atau dua jam dengan penuh kasih membuat makanan spesial untuknya? Supaya tetap ramah lingkungan, kita bisa memanfaatkan bahan masakan yang ada di kulkas dan memanfaatkannya tanpa sisa. Misalnya, dengan mengolah kulit pisang yang ada di resep ini jadi lima hidangan lezat.

#2 Bingkisan tahan lama
DBS Live More Society
Belilah hadiah tahan lama yang akan disimpan penerima dalam waktu yang panjang, seperti botol minum, mug, karya seni, barang yang sangat dibutuhkan atau bisa juga benda yang digunakan sehari-hari. Ini saatnya kita gunakan keterampilan mendengarkan dan pengamatan kita untuk mengidentifikasi sesuatu yang benar-benar dibutuhkan si penerima kado dan berumur panjang tentunya.

#3 Pijatan kasih sayang
DBS Live More Society
Untuk perayaan Valentine dengan cara berbeda, bersantailah bersama pasangan dengan mengunjungi tempat pijat yang terkenal dengan pijatannya yang enak. Kita bisa booking paket spa untuk dua orang, atau kalau lagi berhemat dan kebetulan kita jago memijat, coba pijat pasangan dengan cara kita sendiri di rumah saja.

#4 Tanaman hias
DBS Live More Society
Tanaman hias atau sukulen akan terus bertumbuh dan hidup (seperti cinta kita dan pasangan, cieee…) bila mendapatkan perawatan yang tepat. Ini artinya, tanaman hias bisa jadi ide kado Valentine yang ramah lingkungan. Sesuatu yang menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Lakukan pengamatan, dan temukan tanaman hidup yang dapat mewakili hubungan kita, perasaan kita untuk si dia.

#5 Mengadopsi mahluk berbulu yang lucu
DBS Live More Society
Bagi pasangan yang juga pecinta binatang, hari Valentine adalah waktu yang tepat untuk memberikan hadiah hewan peliharaan dari shelter. Daripada membelinya, lebih baik mengadopsi hewan peliharaan. Soalnya, bukan cuma lebih hemat daripada beli, tapi dengan begini kita juga menolong hewan yang terlantar. Cek daftar shelter perlindungan anjing dan kucing bisa kita adopsi di sini.

#6 Surat cinta istimewa
DBS Live More Society
Benda DIY atau do it yourself akan lebih istimewa dibandingkan barang buatan toko. Selain cuma ada satu produk, juga dibuat dengan cinta. Uhuy! Saat ingin menunjukkan kepada si kesayangan bagaimana perasaan kita, tulislah dengan kata-kata sendiri dengan tulisan tangan kita sendiri. Kalau mau bertahan lebih lama, buatlah di kertas yang cukup tebal dan tidak mudah robek. Jadi, awet, deh.

#7 Produk yang berkelanjutan dan menerapkan fair-trade
DBS Live More Society
Contohnya, bisa memberikan pakaian dari brand yang menciptakan tekstil dari bahan dari sampah makanan menggunakan biodesign. Perusahaan seperti Adidas dan H&M menetapkan target bahwa perusahaan mereka hanya akan menggunakan material berkelanjutan dalam produk. Selain itu, ada produk fair-trade cokelat yang bisa diberikan saat Valentine. Fair trade atau perdagangan berkeadilan adalah konsep kemitraan dagang yang didasarkan oleh dialog, transparansi, serta kesetaraan untuk memberdayakan produsen kecil dan pekerja di dunia berkembang. Googling saja, pasti ketemu sama produk-produk berkelanjutan ini.

#8 Sabun organik
DBS Live More Society
Di masa pandemi ini, menjaga kebersihan adalah hal yang penting dan wajib dilakukan setiap hari. Supaya penerima kado selalu higienis, kenapa tidak memberikannya sabun organik yang mengandung bahan-bahan alami? Kita bisa membuatnya sendiri (cara membuatnya bertebaran di media sosial) atau membelinya pada pengrajin sabun ramah lingkungan yang saat ini sudah semakin banyak. 

Kalau ide kado di atas belum ada yang cocok, mungkin opsi staycation untuk merayakan Valentine, bisa kita pilih. Digibank by DBS punya penawaran menarik, yaitu hemat hingga Rp1.000.000 untuk kita yang ingin staycation sama pasangan, sahabat, atau keluarga di hari kasih sayang tahun ini. Buruan cek detailnya di sini!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more