Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Jangan Dibuang, Ini 6 Trik Memanfaatkan Air Buangan AC

By Admin, 3 Januari 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Tak hanya dapat mendinginkan ruangan, AC menghasilkan air limbah yang juga memiliki segudang manfaat. -

Di hari yang panas dan lembap, AC (air conditioner) atau penyejuk ruangan bisa menjadi ‘pahlawan’ untuk mendinginkan ruangan. Kita tahu bahwa AC yang berfungsi dengan normal akan mengeluarkan air melalui pipa pembuangannya, tapi apakah sudah tahu kalau air limbah tersebut bisa bermanfaat? Kita paham bahwa untuk menghemat air, kita perlu menemukan cara inovatif untuk menggunakan kembali air, dengan cara yang aman dan higienis. Ya salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan air buangan AC, yang biasa disebut greywater.

Greywater adalah air buangan dari peralatan elektronik rumah tangga dan dianggap sebagai air limbah. Semisal, air buangan AC, mesin cuci, air dari baththub, dan semacamnya. Diperkirakan lebih dari setengah air rumah tangga yang digunakan dapat didaur ulang sebagai greywater, sehingga berpotensi menghemat ratusan liter air per hari. Lalu, apa saja kebaikan dari air buangan AC? Ini dia manfaatnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Ramah Lingkungan Yang Dijamin Bikin Hemat

#1 Menyiram tanaman
DBS Live More Society
Air buangan AC memiliki kandungan yang berbeda dengan air tanah atau air PAM. Perbedaannya ada pada tidak adanya kandungan mineral dalam air buangan AC. Air tanpa kandungan mineral ini bisa digunakan kembali untuk menyiram tanaman, seperti tanaman karnivora atau tanaman pemangsa daging serangga. Tanaman karnivora biasanya akan bereaksi buruk pada klorin yang sering ditemukan dalam air selain air buangan AC. Beberapa tanaman karnivora yang bisa disiram dengan air sisa buangan AC ini diantaranya tanaman laba laba (Chlorophytum comosum), Marantas (Maranta Spp), dan Dracaenas (Dracaena Spp).

#2 Sebagai air radiator mobil
DBS Live More Society
Air buangan AC ini tidak mengandung mineral, sehingga saat mendidih dia tidak akan menghasilkan kerak seperti air hasil rebusan atau air mineral. Menurut para pemilik bengkel spesialis radiator, ketika air buangan AC digunakan, hampir tidak ada kerak yang tertinggal atau tersisa di dalam radiator yang dalam kondisi parah dapat menciptakan karat sehingga bisa membuat pipa menjadi tersumbat. Air buangan AC juga diyakini dapat membua radiator semakin dingin dan juga berpengaruh terhadap udara dari AC mobil yang juga akan terasa dingin.

#3 Sistem irigasi
DBS Live More Society
Salah satu bentuk penggunaan air unit AC adalah dengan irigasi. Air dapat digunakan untuk mengairi pepohonan, perkebun, atau persawahan di luar ruangan. Air AC merupakan air bersih dan jernih karena tidak mengandung klorin atau bahan tambahan lain yang dapat membahayakan kehidupan tanaman.

#4 Membersihkan barang
DBS Live More Society
Karena air dari AC adalah air segar, kita dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan rumah tangga termasuk membersihkan barang. Kita dapat menggunakan air untuk mencuci jendela di luar ruangan atau untuk membersihkan furnitur teras luar ruangan. Bahkan kalau air buangan AC yang dikumpulkan tersedia dalam jumlah banyak, bisa dipakai untuk membersihkan kendaraan kita, lho. Misalnya untuk cuci motor atau sepeda. Apa pun yang kita miliki di luar ruangan yang mungkin perlu dibersihkan dapat dilakukan dengan menggunakan air buangan AC.

#5 Untuk air flush toilet
DBS Live More Society
Kalau biasanya air untuk flush kloset kita diambil dari air keran secara otomatis, kenapa nggak menggunakan air buangan AC saja? Selain menghemat air keran, banyak orang mengatakan kalau air buangan AC efektif menghilangkan noda kuning pada kloset atau ubin kamar mandi. Wah, bisa digunakan ketika lagi menyikat kamar mandi juga, nih.

#6 Mengilapkan cincin
DBS Live More Society
Cincin dan perhiasan lain dapat terlihat lebih mengkilap bila dibersihkan menggunakan air buangan AC. Caranya, dengan merendam perhiasan selama 1 jam dengan air AC, lalu dibersihkan dengan lap kering.

Kalau sudah rutin menggunakan air buangan AC untuk keperluan rumah tangga dan berhasil menghemat biaya tagihan air atau listrik, ini berarti hasil penghematan itu bisa dipakai untuk dana liburan atau jalan-jalan. Pas banget, Trip.com juga lagi ada promo hemat 6% dengan kartu kredit dan debit digibank by DBS untuk hotel-hotel di Indonesia. Asyik, kan? Cek informasi lengkapnya di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more