Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveAwesome

Jangan Kaget, Bonggol Nanas Ternyata Bisa Membantu Diet

By Admin, 6 Juli 2021 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Bukan cuma membiasakan makan tanpa sisa, tapi mengonsumsi bonggol nanas juga baik untuk kesehatan kita.

Di benak kita saat membaca judul artikel ini pasti banyak keraguan. Masa, sih, bonggol nanas bisa membantu diet dan bahkan baik untuk kesehatan? Konsultan Ahli Gizi dan Diet, PSRI Hospitals New Delhi, Debjani Banerjee, menjawab keraguan kita tersebut. Menurutnya, nanas dikenal sebagai buah berkalori tinggi, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting dan karenanya dapat dikonsumsi dalam porsi kecil.

Nah, manfaatnya ternyata tidak hanya terdapat pada bagian buah yang biasa kita konsumsi. Bagian tengah nanas ternyata penuh dengan kebaikan, yang membuatnya layak disimpan dan digunakan. Wah, sesuatu yang biasanya jadi makanan sisa tak disangka memiliki berbagai kebaikan, ya! Apa saja manfaatnya? Baca terus artikel ini sampai tak bersisa.

  1. Mampu mengobati peradangan dan penyembuhan luka
    DBS Live More Society
    Makalah penelitian dipublikasikan oleh di Jurnal Biomedis Indonesia pada Februari 2015, menunjukkan bahwa maserasi inti nanas menghasilkan konsentrasi bromelain yang tinggi. Seperti yang dicatat para ilmuwan, enzim ini membantu memecah protein di saluran pencernaan dan memiliki berbagai peran penting dalam berbagai proses dalam tubuh. Di antaranya mampu mengobati peradangan. Bromelain merupakan enzim proteolitik dengan sifat antikoagulan yang membantu pembekuan darah, memiliki sifat anti-inflamasi, dan membantu penyembuhan luka atau memar serta infeksi kulit lainnya.

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    DBS Live More Society
    Seperti buahnya, bonggol nanas juga kaya vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita. Pas banget untuk dikonsumsi di masa pandemi seperti ini, di mana imunitas kita perlu terjaga supaya kuat melawan virus Corona.

  3. Menjaga tubuh terhidrasi
    DBS Live More Society
    Buah tropis ini mengandung 86 persen air, sehingga membantu kita untuk tetap terhidrasi. Begitu pun dengan bonggolnya. Kalau lagi banyak beraktivitas di luar ruangan, boleh sekali bekal jus bonggol nanas. Ditambah madu jadi semakin nikmat dan sehat.

Baca Juga: Contek 8 Resep Lezat Dari Batang Brokoli

  1. Kaya serat
    DBS Live More Society
    Serat makanan sangat penting jika kita ingin menjaga kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Kalau lagi kurang makan sayur-sayuran, coba deh sesekali mengonsumsi bonggol nanas yang dapat menjadi salah satu sumber serat. Supaya tidak terlalu keras, silakan memotongnya tipis, setipis keripik kentang, lalu simpan di kulkas. Makanlah dalam keadaan dingin, ini akan membuat bonggol nanas jadi terasa lebih enak dan tidak terlalu keras.

  2. Mempercepat penurunan berat badan
    DBS Live More Society
    Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology pada Mei 2014, vitamin C juga dapat mempercepat penurunan berat badan. Nutrisi ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk membakar lemak, memanfaatkan glukosa, dan mengurangi akumulasi lemak. Wah, begitu tahu soal ini, yang lagi diet bakal jadi makin semangat makan bonggol nanas, nih!

  3. Membantu mengencerkan lender
    DBS Live More Society
    Bromelain yang terkandung dalam bonggol nanas juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengencerkan lendir dalam kondisi ketika asma sedang kambuh, sehingga dapat lebih mudah bernapas. Coba sesekali merebus bonggol nanas, lalu blender hingga lembut. Puree bonggol nanas ini bisa kita tambahkan pada smoothies atau oatmel.

  4. Melindungi dari penyakit akut dan kronis
    DBS Live More Society
    Inti atau bonggol nanas adalah sumber polifenol yang baik. Antioksidan ini terkandung secara alami dalam buah-buahan, sayuran dan makanan nabati lainnya. Menurut sebuah ulasan pada September 2018 yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition (situs sains terkenal), pola makan yang kaya polifenol dapat melindungi terhadap penyakit akut dan kronis, termasuk diabetes, gangguan neurodegeneratif, kanker, dan obesitas.

Dengan segala kebaikan buah tropis ini, rasanya jadi pilihan yang tepat bila stok nanas serta buah-buah dan sayur-mayur selalu ada di lemari pendingin kita. Senangnya lagi, nanas mudah didapatkan dan hampir selalu eksis sepanjang tahun. Yuk, penuhi kebutuhan bahan pangan, termasuk buah nanas, di rumah kita dengan berbelanja di Superindo. Kabar baiknya, kita bisa mendapatkan potongan langsung senilai Rp25.000 dengan menggunakan kartu kredit Digibank by DBS Visa Contactless yang diterbitkan di Indonesia. Mantap, nih!

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more