Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Makan Telur Tanpa Sisa Dengan Memanfaatkan Kulitnya!

By Admin, 1 Desember 2021 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Setelah baca artikel ini, kulit telur tak akan berakhir di tempat sampah lagi. Soalnya, bisa melembutkan kulit sampai mengatasi nyeri sendi.

Semua mungkin setuju kalau telur adalah salah satu sumber protein yang bergizi. Harganya terjangkau dan cara mendapatkannya pun mudah. Tak heran kalau telur dianggap sebagai bahan pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Telur tidak hanya menjadi hidangan utama, telur juga ditambahkan dalam adonan kue, makanan olahan, dan masih banyak lagi.

Masalahnya, tingginya jumlah konsumsi telur tersebut berbanding lurus dengan banyaknya sampah kulit telur. Menurut penelitian, terdapat hampir 170 ribu ton limbah kulit telur yang dihasilkan tiap tahunnya di Indonesia. Jumlah limbah cangkang telur yang banyak ini tentu saja dapat menjadi polusi bagi lingkungan.

Kebaikan kulit telur
Memanfaatkan kulit telur adalah cara terbaik untuk mengurangi sampah dapur kita dan membiasakan makan tanpa sisa, dan ternyata, limbah ini memiliki berbagai kebaikan lainnya. Mulai dari menyuburkan taman sampai mencerahkan kulit.

  1. Menyuburkan tanaman
    DBS Live More Society
    Lepaskan selaput bagian dalam kulit telur yang bening, lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan. Simpan kulit telur yang sudah kering ini dalam wadah besar, kemudian hancurkan hingga halus dan seperti menjadi bubuk. Setelahnya, kita bisa langsung menaburkan bubuk kulit tersebut pada tanah di tanaman atau kebun kita.

  2. Meremineralisasi gigi
    DBS Live More Society
    Karena bubuk cangkang telur sangat kaya akan kalsium, maka dapat digunakan untuk membantu proses remineralisasi gigi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015, sampel gigi pertama kali didemineralisasi dan kemudian direndam dalam larutan bubuk kulit telur selama tujuh hari. Dibandingkan dengan sampel gigi yang tidak dirawat, kulit telur meningkatkan remineralisasi dan meningkatkan tingkat pH untuk menetralkan asam yang memakan email (lapisan paling luar pada gigi yang melindungi bagian-bagian lain dari gigi) gigi.

    Baca Juga: Jangan Kaget, Bonggol Nanas Ternyata Bisa Membantu Diet

  3. Membersihkan termos atau teko
    DBS Live More Society
    Bagian leher termos atau teko kopi yang sempit dan sulit dibersihkan, dan kadang jadi meninggalkan kerak yang membuat termos atau teko menjadi bau. Nah, bisa dibersihkan pakai kulit telur, lho. Taburkan sedikit baking soda di bagian dalam termos atau teko, tambahkan setetes sabun cuci piring cair dan segenggam kulit telur yang dihancurkan, lalu isi setengahnya dengan air hangat. Kocok kuat-kuat, lalu buang dan bilas hingga bersih.

  4. Menyembuhkan nyeri sendi
    DBS Live More Society
    Membran cangkang telur adalah lapisan transparan tipis namun kuat yang terletak di antara cangkang dan putih telur. Terdiri dari keratin, kolagen, glukosamin, dan beberapa senyawa lain yang terbukti menyembuhkan radang sendi. Studi tahun 2009 yang dilakukan oleh Kevin J. Ruff, Ph.D, MBA, dan rekan-rekannya, mengevaluasi efek dari memberikan 500 mg membran kulit telur pada orang yang menderita nyeri sendi. Setelah tujuh hari perawatan, nyeri sendi berkurang secara signifikan sementara fleksibilitas dan rentang gerak meningkat pesat.

    Mau mencoba? Masukkan kulit telur ke dalam stoples kaca, lalu tambahkan cuka sari apel dan tutup stoples dengan rapat. Diamkan sampai potongan kulit telur larut (sekitar 2 hari). Larutan tersebut dapat digosokkan ke area tubuh yang sedang nyeri sendir. Nah, sisanya bisa disimpan selama berbulan-bulan di dalam stoples.

  5. Menghilangkan kutikula yang kering dan mengelupas
    DBS Live More Society
    Apakah kulit di sekitar kuku sedang kering dan mengelupas? Kulit telur bisa jadi obatnya! Pecahkan beberapa kulit telur dengan selaput/membran yang menempel, kemudian rekatkan cangkang, sisi membran ke bawah, menempel pada area yang bermasalah sampai cangkang mulai terasa kering. Selaput kulit telur mengandung nutrisi penyembuhan seperti hyaluronan, sehingga kutikula (lapisan kulit yang berada tepat di pangkal kuku) kita yang kasar dan terkelupas akan sehat serta lembut keesokan harinya.

  6. Melembutkan kulit dalam hitungan detik
    DBS Live More Society
    Segarkan kulit dengan masker murah-meriah ini. Caranya, hancurkan satu atau dua kulit telur, kocok dengan satu putih telur, dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan kering, lalu bilas dengan air hangat. Cangkang telur akan mengikis kulit kering dan mati yang menyembunyikan wajah glowing kita. Plus, kalsium kulit telur akan mendorong regenerasi sel dan membantu meratakan warna kulit kita. Hasilnya, kulit lembut dan bercahaya setelah sekali pakai.

Melihat banyaknya limbah atau sampah di planet kesayangan kita ini, memang seharusnya menjadi pertanda bahwa kita harus segera beraksi menjaga lingkungan dan mulai anti-food waste. Belum punya cukup wawasan untuk melakukan hal tersebut? Yuk, cari tahu artikel lainnya acara di sini.

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more