Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveAwesome

6 Kiat Jadi Pembicara Webinar Jagoan

By Admin, 19 Mei 2021 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Meski kelihatannya lebih mudah, jadi pembicara webinar butuh tips khusus supaya kita terlihat PD dan enggak gaptek. Tahun 2020 ditandai dengan semakin menggilanya acara-acara webinar. Setelah pandemi, acara webinar diprediksi tetap akan memiliki audiens yang kuat. Karena orang sudah terbiasa mengakses acara online. Menghadiri acara online pun jauh lebih praktis daripada harus datang langsung ke venue. Berikut hal-hal khusus yang harus dikuasai pembicara webinar agar semakin jago presentasi di depan netizen.-

  1. Pelajari gaya pembicara webinar lain


    Banyak acara webinar yang dapat diakses meski sudah berlalu. Coba klik acara-acara tersebut. Pelajari gaya pembicara dalam mempresentasikan bahan-bahannya atau moderator dalam memandu acara. Sebagai contoh, ada pembicara yang gemar menggerakkan tangannya untuk terlihat lebih ‘hidup.’
    Enggak cuma dalam gaya berbicara, tapi juga cara berpakaian. Seperti ada yang lebih suka memakai atasan berwarna gelap karena akan membuat audiens lebih fokus pada hal-hal yang sedang disampaikan.

  2. Latihan webinar


    Biasanya sebelum hari H akan ada gladi resik bersama panitia persiapan webinar. Namun umumnya gladi resik ini hanya membahas mengenai koordinasi alur acara, teknis dan sekilas tentang poin-poin pembicaraan yang harus disiapkan. Gladi resik tidak membahas mengenai apakah kita terlihat oke atauenggak. Jadi kalau kita butuh persiapan lebih, jangan sungkan mengadakan latihan webinar. Undang keluarga, teman atau rekan kerja yang cukup dekat untuk mengevaluasi presentasi yang kita lakukan secara online. Ini akan membantu kita lebih PD sekaligus sarana mendapatkan opini jujur dari orang-orang terdekat.

  3. Semakin banyak tahu = semakin PD


    Kita akan semakin PD saat webinar ketika sangat menguasai topik yang disampaikan. Jadi perbanyak membaca atau menonton berbagai topik yang relevan dengan webinar yang akan kita lakukan. Kita juga bisa diskusi dulu dengan rekan-rekan yang akan satu ‘panggung’ saat webinar. Cari tahu apa yang akan mereka presentasikan supaya tidak ada kesamaan yang membuat penonton jadi bosan.
    Jangan lupa untuk menulis berbagai daftar pertanyaan yang mungkin muncul dari presentasi yang akan kita lakukan. Siapkan jawaban-jawabannya supaya kita enggak cemas. Sebaliknya, kita juga bisa menyiapkan pertanyaan pemantik diskusi yang bisa dilemparkan kepada penonton.

  4. Gunakan webinar slide


    Bila memang diizinkan, gunakan slide presentasi saat webinar. Ini akan membantu kita tetap fokus dengan topik diskusi. Selain itu slide presentasi akan membuat penonton lebih tertarik memandang layar gadget dan mengikuti diskusi. Lebih baik lagi kalau kita meemberikan video singkat. Tapi kita juga harus memperhatikan durasi yang diberikan untuk menunjukkan presentasi. Pastikan isi slide presentasi padat, singkat dan jelas. Jangan terlalu banyak memasukkan kata-kata. Gunakan gambar-gambar yang memancing reaksi penonton.

  5. Persiapan Teknis dan Visual yang Rapi


    Sebelum hari H, ada beberapa hal yang harus disiapkan:
    • Ruangan yang memadai untuk untuk melakukan acara webinar. Akan lebih baik bila ruangan tersebut tertutup sehingga orang-orang rumah tidak bebas lalu lalang dan jauh dari kebisingan. Latar belakang ruangan yang sering digunakan pembicara online adalah rak buku. Kita boleh ikuti hal tersebut. Tapi kalau enggak ada, gunakan dinding polos yang bisa mudah dipasang filter virtual. Pastikan juga enggak ada ornamen-ornamen di latar belakang yang mengganggu pandangan audiens.
    • Pastikan koneksi wifi kita cukup kencang. Gunakan dua wifi point. Satu wifi point yang memang ada di kamar atau rumah, yang kedua adalah tethering dari handphone sebagai cadangan.
    • Cek angle kamera dan pencahayaan ruangan.
    • Gunakan headset atau microphone agar volume terdengar jelas oleh audiens.

  6. Perhatikan body language


    Rasa gugup bisa tetap terlihat meskipun saat webinar yang terlihat hanya bagian dada ke atas. Gerakan seperti menggoyang-goyangkan tempat duduk, terengah-engah, dan pandangan mata yang banyak melihat ke arah lain menujukkan bahwa kita gugup. Kalaupun kita gugup, ringankan suasana dengan berkata, “Maaf ya teman-teman kalau saya gugup, maklum belum biasa jadi pembicara.” Audiens akan tetap memaafkan karena pada dasarnya kita bukan entertainer, kok.-

Cek juga 5 Trik Ampun Bikin Introvert Jadi Jago Public Speaking

Kunci berbicara di depan audiens adalah latihan, latihan dan latihan. Asah kemampuan bicara di depan umum dengan mengikuti kursus singkat online bertema Learn How To Become Public Speaker, MC and Moderator. Pengajarnya MC kondang, Dave Hendrik dari Talkinc. Kursus singkat ini akan dilaksanakan tanggal tanggal 25 Mei pukul 19.00 WIB. Daftar langsung di sini.  Supaya perlengkapan gadget selama webinar semakin canggih, manfaatkan Amazying Deals yang bikin kita berhemat hingga Rp750.000 dan cicilan 0% hingga 12 bulan. Promo ini berlaku di berbagai toko elektronik seperti Eraspace, iBox, Erafone, Mi Store dan Nasa. Klik di sini untuk info lebih lanjut. Selamat latihan jadi pembicara yang berdampak sosial!

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more