Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

5 Trik Ampuh Bikin Introvert Jadi Jago Public Speaking

By Admin, 22 April 2021 #LiveSmarter

DBS Live More Society - 5 Trik Ampuh Bikin Introvert Jadi Jago Public Speaking

Pandemi bikin kemampuan public speaking makin sulit, apalagi buat si introvert.-

Kita yang introvert punya kecenderungan tidak suka jadi pusat perhatian. Jadi begitu ada permintaan untuk bicara depan umum, langsung keringetan dan deg-degan. Wajar, kok, tapi bukan berarti kita langsung menyerah begitu saja. Susan Cain, penulis buku The Power of Introverts In A World That Can’t Stop Talking punya trik ampuh supaya tetap pede bicara di depan umum.

  1. Melayani Audiens
  2. Introvert memiliki kemampuan yang baik dalam hal mendengarkan. Ini membuat kita jadi lebih mudah memahami orang lain. Public speaking pada dasarnya bukan tentang kita. Tapi tentang audiens. Sebagai introvert, kita menggunakan public speaking skill sebagai cara untuk presentasi atau mengajarkan ilmu tertentu. Kita bukan entertainer yang sedang menghibur orang. Jadi singkirkan rasa takut akan diejek kalau kurang menghibur.

  3. Menenangkan tubuh
  4. Saat sedang gugup, tubuh kita akan terasa tidak tenang. Gina Barnett, pelatih public speaking untuk berbagai pembicara di acara TED talk, mengatakan kalau kita merasa cemas sebelum pidato, usahakan untuk menenangkan tubuh. Ketika tubuh rileks, otak kita menjadi lebih tenang. Berikut beberapa caranya:

    • Goyangkan lengan kita berulang-ulang dengan cepat. Ini akan membuat darah mengalir lebih lancer dan ada rasa segar dalam tubuh.
    • Berdiri tegak. Gerakkan tubuh ke depan dan belakang dengan menaruh beban di tumit lalu bagian depan telapak kaki. Di antara gerakan ini, taruh telapak kaki di tempat yang rata dan tekan jari-jari dengan lembut ke lantai. Rasakan sensasi momentum saat melakukan hal ini.
    • Berbicara dengan lidah keluar. Rasanya aneh, tapi ini akan menenangkan suara kita.

  5. Ciptakan persona publik
  6. Malcolm Gladwell dan Lady Gaga memiliki persamaan penting. Yaitu keduanya sama-sama introvert. Setiap kali melakukan performa di depan publik, mereka memakai ‘topeng.’ Gladwell, pembicara kelas dunia, mengaku ia bukan orang yang senang ngobrol saat pesta makan malam. Tapi dia menjadi pencerita hebat di atas panggung. Sementara Lady Gaga mengaku selalu bangun dengan rasa enggak PD, tapi lalu meyakinkan dirinya untuk terlihat kuat.  Bicara di depan umum itu umumnya berarti memakai topeng. Ketika memakai topeng muncul perasaan lebih bebas dan percaya diri. Jadi bayangkan kita sedang memakai topeng atau memiliki kepribadian yang berbeda saat berbicara di depan publik.

  7. Menerima rasa cemas
  8. Bahkan ekstrovert pun merasa gugup saat harus bicara di depan publik. Meski sudah melakukan teknik relaksasi sebelum tampil, wajar banget kalau tiba-tiba kita blank di depan panggung. Kalau memang sedang terjadi, terima perasaan ini. Bahkan kita bisa berterus terang dengan audiens, “Wah maaf saya nge-blank karena gugup, nih.” Sekali lagi, kita bukan entertainer. Jadi audiens pasti mengerti hambatan yang kita rasakan.

  9. Persiapan yang cukup
  10. Daripada sibuk mikirin yang enggak-enggak, mending persiapkan diri kita sebelum harus bicara depan umum. Tuliskan poin-poin penting yang akan diomongin. Bikin contekan, atau gunakan medium seperti video singkat untuk menarik perhatian audiens. Ketika kita sudah melakukan banyak persiapan, rasanya juga jauh lebih PD saat harus tampil.-

Supaya semakin jago berbicara depan umum, ikuti kursus singkat online bertema Learn How To Become Public Speaker, MC and Moderator yang diajar langsung oleh Dave Hendrik dari Talkinc tanggal 6 Mei 2021. Daftar langsung melalui link ini. Sambil ikutan kursus online-nya, kita bisa sambil pesan GrabFood buat buka puasa atau cemilan di sela-sela istirahat. Pas banget ada promo hemat hingga Rp55.000 kalau memesan GrabFood dengan menggunakan kartu kredit digibank. Promo berlaku sampai tanggal 31 April 2021.

Yuk, siapkan diri jadi pembicara handal yang bisa memberikan dampak sosial!

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more