Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveAwesome

9 Barang Mahal Kunci Kemerdekaan Di Era Pandemi

By Admin, 30 Juli 2020 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Hemat boleh, tapi hidup jangan dibuat susah gara-gara cari yang murah melulu.

Entah berapa juta nasihat keuangan yang menganjurkan kita berhemat di era pandemi. Ya betul, menyimpan uang untuk keperluan mendadak di situasi yang tak menentu memang penting. Tapi jangan sampai ini mengurangi kualitas kehidupan kita secara jangka panjang. Ada barang-barang atau layanan yang tetap worth it kita beli meski harganya mahal. Kenapa? Karena hal-hal ini termasuk kategori investasi yang dapat bertahan lama dan membuat hidup kita lebih merdeka, terutama di saat pandemi. Harga yang lebih mahal pun masih bisa diakali dengan promo 0% cicilan pakai kartu kredit atau rajin-rajin cek diskon brand yang kita incar.-

Pada dasarnya kita enggak bisa cuma melihat sebuah barang atau layanan dari harganya saja. Tapi juga memperkirakan berapa lama dapat bertahan dipakai dan dampaknya untuk kita. Salah satu cara untuk memperkirakan nilai ekonomis sebuah barang menghitung biaya penyusutan yaitu prosedur perhitungan nilai aset selama masa penggunaannya.

Contoh, bila ada dua pilihan membeli kasur seharga Rp 5 juta atau Rp 10 juta, maka yang harus kita pastikan selanjutnya adalah cek waktu garansinya. Kalau kasur seharga Rp 10 juta bisa kasih garansi 20 tahun, sementara kasur Rp 5 juta garansinya hanya 10 tahun, mana yang sebenarnya lebih murah?

Perhitungan biaya penyusutan adalah harga barang : umur ekonomis = penyusutan per tahun

Rp 5 juta : 10 tahun = Rp 500.000 biaya penyusutan per tahun
Rp 10 juta: 20 tahun = Rp 500.000 biaya penyusutan per tahun

Dari perhitungan ini kita bisa simpulkan bahwa kedua kasur tersebut memiliki biaya penyusutan yang sama. Jadi jangan keburu jiper dengan harga Rp 10 juta. Pikirkan ketahanan jangka panjang serta fiturnya juga.

Berikut sembilan barang atau layanan mahal yang wajib kita miliki atau lakukan:

  1. Kasur
    DBS Live More Society
    Setiap hari kita menghabiskan waktu 6-8 jam untuk beristirahat atau tidur di kasur. Ini berarti kasur menjadi penyangga tubuh selama 180-240 jam dalam sebulan! Apalagi kalau kita work from home, kasur lebih dari sekadar tempat tidur. Jadi jangan ragu menghabiskan uang untuk kasur berkualitas terbaik supaya tulang punggung tetap prima dan tidur yang nyenyak.

  2. Bantal
    DBS Live More Society
    Nah ini temannya kasur yang maha penting dijaga kualitasnya. Bantal yang kualitasnya super oke bisa bertahan sampai lebih dari lima tahun. Jangan lupa, bantal adalah penyangga kepala dan leher selama 30 persen waktu hidup kita. Buat kita yang tinggal di kostan dan susah beli kasur, mulai dari beli bantal yang enak dulu, deh. 

  3. Laptop
    DBS Live More Society
    Meskipun kita diberikan laptop oleh kantor, tetap saja bukan punya pribadi yang bisa dipakai semaunya. Tapi memilih laptop murah untuk kepentingan pribadi juga harus dipertimbangkan baik-baik. Daripada beli laptop seharga lima jutaan dengan spek ala kadarnya tapi kemungkinan bakal rusak dua tahun lagi, mending kumpulin uang beli yang lebih mahal tapi kita yakin fitur teknologinya bakal tahan minimal lima tahun lagi.

  4. Medical Check Up
    DBS Live More Society
    Banyak penyakit yang dapat disembuhkan bila dideteksi lebih cepat. Contoh, bila kita sudah tahu tingkat kolesterol tinggi, maka segera rencakan pola makan yang sehat. Bila perusahaan tempat bekerja tidak memberikan fasilitas checkup, sisihkan uang untuk pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh setiap tahun. Dijamin enggak akan rugi.

  5. Pendidikan
    DBS Live More Society
    Semakin tinggi pendidikan, semakin besar kesempatan kita mendapatkan gaji yang lebih besar.  Kita juga bisa ikut kursus hal-hal yang disukai karena memberikan pengaruh positif pada kesehatan mental. Never stop learning!

  6. Earphone / Headphone
    DBS Live More Society
    Terutama dengan fitur bluetooth yang membuat kita lebih leluasa bergerak agar terhindar kejenuhan online meeting.

  7. Sneakers untuk berolahraga
    DBS Live More Society
    Karena memakai sneakers nyaman untuk kegiatan aktif seperti olahraga atau jalan kaki dalam durasi yang lama, adalah kunci raga yang sehat. -
  8. Kulkas
    DBS Live More Society
    Fungsi kulkas menjadi semakin penting karena bisa mengurangi sampah makanan. Kulkas berkualitas mutakhir juga jadi kebutuhan yang krusial kalau kita doyan memasak.

  9. Kacamata
    DBS Live More Society
    Para pemilik mata minus pasti tahu bahwa kacamata itu seperti sudah menjadi bagian tubuh kita. Jadi jangan pelit menyisihkan uang untuk membeli kacamata mahal yang cocok di wajah. Bisa dibilang, kacamata bisa bikin penampilan kita makin keren. 

Intinya bukan sekedar hidup irit, tapi memikirkan baik-baik pembelian yang kita lakukan. Ada hal-hal yang harganya mahal buat kita sekarang, tapi kalau beli versi murahnya bisa justru merugikan di masa depan.  Butuh bunga simpanan uang yang lebih banyak untuk membeli barang-barang mahal yang kita butuhkan? Cobain menabung dalam berbagai mata uang asing di Rekening Valas DBS. Kita bisa menyimpan uang dalam 10 mata uang, yaitu USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY, NZD. Tentu saja nilai tukar dan bunga kompetitif. Buka rekening pun enggak perlu ke cabang bank dan tinggal download aplikasi digibank di sini. Mari mulai nikmati hidup yang lebih berkualitas!

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more