Newsroom

DBS FOUNDATION BERIKAN DANA HIBAH 1,3 JUTA DOLAR SINGAPURA KEPADA SEMBILAN WIRAUSAHA SOSIAL DI SELURUH ASIA


***

DBS Foundation Social Enterprise Grant Programme 2019 berhasil mencatat rekor 600 pendaftar wirausaha sosial di China, Hongkong, India, Indonesia, Taiwan dan Singapore

INDONESIA,25 November 2019 -

DBS Foundation, yayasan pertama di Singapura yang didekasikan untuk memajukan wirausaha sosial, hari ini mengumumkan telah memberikan 1,3 juta dolar Singapura kepada sembilan wirausaha sosial sebagai bagian dari DBS Foundation Social Enterprise Grant Programme 2019. Dana hibah ini diberikan sebagai dukungan kepada wirausaha sosial yang tahun ini berasal dari Singapura, Cina, Hongkong, India, Indonesia, dan Taiwan untuk melebarkan inovasi sosial di berbagai sektor seperti, kesehatan, nutrisi, kesempatan kerja, peningkatan pendapatan, edukasi, energi, perlindungan lingkungan dan pengelolaan sampah.
 
Tahun ini, DBS Foundation Social Enterprise Grant Programme mencapai rekor 600 pendaftaran dari wirausaha sosial di seluruh Asia. Sembilan wirausaha sosial yang berhasil sampai final telah diseleksi berdasarkan kriteria yang ketat termasuk kemampuan untuk mengatasi masalah sosial, inovasi, serta keberlangsungan dan skalabilitas dari model bisnis mereka. Mereka juga diwajibkan untuk mendemonstrasikan cara dalam meraih inti bisnis dan dampak sosial.
 
Penerima dana hibah DBS Foundation Social Enterprise Grant Programme 2019 (Silakan lihat lampiran untuk daftar lengkap penerima dana hibah) antara lain:
  • Agape, Connecting People (Agape) sebuah perusahaan layanan contact centre yang didukung oleh ventura dengan misi sosial untuk memberdayakan mereka yang kurang beruntung dan terpinggirkan seperti narapidana, mantan narapidana, para janda, dan disabilitas dengan pekerjaan dan peluang penghasilan. Agape menyediakan serangkaian layanan contact centre dan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan seperti telemarketing, livechat, pemeliharaan database, pengelolaan email. Dana hibah DBS Foundation akan digunakan untuk membangun fasilitas pelatihan baru, mengembangkan Singapore Workforce Skills Qualifications (WSQ) serta mensubsidi biaya kursus untuk kaum marjinal.
  • NamZ merupakan perusahaan ilmu pangan yang berkomitmen untuk menciptakan planet yang lebih sehat dengan makanan yang bernutrisi yang juga ramah lingkungan. Dengan teknologi produksi eksklusif yang dimiliki, NamZ menciptakan produk mie instan revolusioner yang lezat, terjangkau, dan kaya protein dan serat dan tanpa lemak. Kandungan lemak mie instan ini 300% di bawah produk mie instan yang banyak di pasaran. NamZ mendukung petani kecil dengan kesempatan penghasilan yang lebih baik, selain itu penggunaan Future Fits Crop mengurangi ketergantungan pada tanaman komoditas. Dana hibah DBS foundation akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi sehingga mie instan yang bernutrisi lebih mudah didapatkan dan tersedia.
  • reach52 (sebelumnya Allied World Healthcare) didedikasikan untuk memberikan layanan kesehatan dasar dalam komunitas yang tidak terlayani dan memperkuat sistem kesehatan lokal. Mereka melatih dan memberdayakan anggota komunitas untuk menggunakan aplikasi offline pertama yang menghubungkan mereka dan komunitas lokal dengan dukungan fasilitas dari pemerintah bersama layanan dari sektor swasta yang terjangkau. Sumber akses layanan kesehatan reach52 dikelola dan dijalankan secara lokal, sehingga menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan. Dana hibah DBS Foundation akan membantu tim manajemen mitra yang menjangkau reach52 dan meningkatkan dampak sosial dalam pasar baru di Asia yang menghadapi kesenjangan yang serius dalam layanan kesehatan.
 
Karen Ngui, Board Member of DBS Foundation dan Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS mengatakan, “DBS Foundation dibentuk lima tahun lalu dan sejak itu, kami telah melihat perkembangan yang begitu pesat dari realisasi suatu bisnis yang dijalankan dengan kebaikan sebagai kekuatannya terlepas dari apapun bentuk dan ukurannya. Rekor jumlah pendaftaran program hibah yang kami terima tahun ini adalah bukti nyata bahwa semakin banyak orang, terutama generasi milenial, yang bersemangat menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi berbagai masalah sosial dan lingkungan yang mendesak. Mulai dari memberdayakan mereka yang kurang beruntung dan terpinggirkan, hingga membuat makanan bergizi yang bermanfaat bagi lingkungan dan petani kecil. Kami senang dapat mendukung mereka yang sangat menginspirasi ini karena mereka berupaya membangun masa depan yang lebih baik untuk semua.”
 
Dukungan luas untuk wirausaha sosial
Selama lima tahun terakhir, DBS telah meningkatkan upaya untuk mengintegrasikan wirausaha sosial ke dalam ekosistem DBS dengan memberikan wirausaha sosial peluang bisnis dan pembelajaran, serta memberikan nasabah dan staf DBS peluang untuk berkontribusi menuju dunia yang lebih baik. Selain dukungan yang diberikan kepada wirausaha sosial selama bertahun-tahun, DBS juga meningkatkan komitmennya dalam menumbuhkan wirausaha sosial dengan mendirikan DBS Foundation senilai 50 juta dolar Singapura pada tahun 2014, untuk memperingati 50 tahun kemerdekaan Singapura. Hingga saat ini, DBS telah menjangkau lebih dari 52.000 orang, mendukung lebih dari 100 wirausaha sosial dengan dana hibah lebih dari 5 juta dolar Singapura, dan membina lebih dari 300 wirausaha sosial melalui bentuk dukungan non-moneter. Di seluruh dunia, wirausaha sosial mendapatkan perhatian publik atas kontribusinya pada bisnis dan dampak sosial - sembilan wirausaha sosial yang didukung DBS Foundation masuk dalam daftar Forbes "30 under 30" pada 2018 dan 2019.
 
Di bawah DBS Social Enterprise Support Programme, penerima dana hibah akan menerima bimbingan dari para bankir DBS SME, serta kursus pelatihan perbankan dan keuangan dalam DBS SME Academy. Mereka juga akan diberikan akses secara virtual ke layanan perbankan melalui DBS Social Enterprise Package yang telah berusia satu dekade, yang dilengkapi dengan saldo minimum nol rupiah untuk pembukaan rekening dan pinjaman tanpa jaminan dengan tingkat preferensi. Untuk meningkatkan kesadaran dan dorongan di luar filantropi tradisional, DBS Private Bank mengadakan rangkaian “Windows on Philanthropy” sebuah acara makan siang triwulanan mengenai dampak investasi dan wirausaha sosial bagi klien bernilai tinggi. Sejalan dengan komitmennya untuk memajukan agenda keberlanjutan sebagai bank yang didorong oleh tujuan, musim kedua dari DBS ‘mini-series Sparks’ yang menerima penghargaan, juga terinspirasi dari kisah nyata wirausaha sosial di seluruh Asia. Hingga saat ini lima episode ditujukan untuk menceritakan beberapa masalah sosial dan lingkungan yang paling mendesak, sambil menyoroti tantangan yang dihadapi oleh wirausaha sosial.
 
Pendaftaran DBS Foundation Social Enterprise Grant 2020
DBS Foundation Social Enterprise Grant sekarang dibuka untuk wirausaha sosial di seluruh Asia yang memiliki produk atau solusi bisnis yang telah divalidasi oleh pasar, dengan menunjukkan komitmen terhadap misi sosial, dan peta jalan yang jelas menuju peningkatan dampak sosial. Pendaftaran yang diterima sebelum 31 Maret 2020, jam 23.59 waktu Singapura, akan dievaluasi dan dianugerahi pada semester pertama 2020. Formulir pendaftaran yang diterima pada 1 April 2020 dan selanjutnya akan dievaluasi dan dianugerahi pada semester kedua 2020. Untuk informasi lebih lanjut tentang program dana hibah, kunjungi go.dbs.com/Grants.

Back to results

Search News

Select Markets
From
To

DBS Annual Report

DBS Annual Report 2018

Click here to read DBS' 2018 Annual Report - Best Bank in the World.

View our previous Annual Reports