Fund Your Way to the Top

Berkat bantuan DBS Indonesia, Wujudkan kini bisa membekali para artis dan creator bahkan masyarakat umum dengan wawasan mengenai penggalangan dana yang tepat untuk proyek mereka.

Wujudkan.com didirikan karena kami menyadari bahwa para penggiat seni kerap mempunyai ide-ide brilian, tapi kadang tidak mampu membiayai proyek mereka. Kami ingin menunjukkan kemasyarakat bahwa ada cara untuk merealisasikan mimpi mereka tanpa harus mengorbankan kualitas seni. Karena itu kami mendirikan platform crowdfunding yang khusus dibuat untuk para artis dan kreator

– Alderina Gracia, Marketing Manager.

Wujudkan.com merupakan wadah bagi para artis dan creator untuk menggalangkan dana untuk proyek inspirasional mereka. Karena itu, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan impian Wujudkan dengan cara membantu menyebarkan pengetahuan mengenai platform crowdfunding dan cara membuat rencana bisnis untuk kelangsungan proyek para penggiat seni.

Saat ini, Wujudkan.com telah menjadi sebuah komunitas untuk berkumpul bagi pekerja dan pencipta industri kreatif, dan telah banyak memiliki proyek inspirasi lainnya dibawah nama Wujudkan.com.

Mandy Marahimin mengembangkan ide Wujudkan.com setelah menyadari bahwa pekerja industri kreatif terkadang menemukan kesusahan dalam mencari dana untuk proyek mereka. Sebagai pemimpin di industri ini, Mandy menyaksikan beberapa proyek inspirasional yang tidak berhasil karena beberapa karya tidak sesuai dengan ekspektasi investor. Setelah berdiri pada tahun 2012, Wujudkan.com berperan sebagai platform untuk memenuhi materi inspirasi secara mandiri tanpa harus bergantung kepada beberapa investor. Dengan cara ini, semua orang mempunyai kesempatan untuk berkontribusi dalam mewujudkan idenya.

Akan tetapi, Wujudkan masih menghadapi tantangan dalam mewujudkan proyek-proyek mereka. Alderina, Manager Marketing dari Wujudkan.com mengatakan, “Semenjak berdiri di tahun 2012, kami telah menerima lebih dari 1000 proposal proyek, dan diluar dari ide yang sangat kreatif, banyakproyek yang tidak mempunyai strategi bisnis yang memadai untuk mendukung ini. Terkadang, kami harus mempertimbangkan kembali proposal mereka karena tampaknya tidak dapat berkelanjutan.”

Wujudkan percaya bahwa sebuah ide kreatif harus didukung oleh strategi bisnis dan kampanye yang baik. Proyek yang direncanakan dengan mindset bisnis yang baik serta kemampuan dalam menciptakan proyek kedepannya akan mempunyai kesempatan yang tinggi untuk diwujudkan.


Wujudkan.com berdiri sebagai sebuah media untuk mewujudkan mimpi dari pekerja industri kreatif. Untuk mewujudkan hal tersebut, pentingnya pengetahuan tentang fundamental-fundamental dasar Crowdfunding platform bagi pekerja industri kreatif, termasuk bagaimana membuat kampanye dan strategi bisnis yang tepat.

Mandy dan Alderina menyadari bahwa untuk mencegah dan mengurangi hal ini, dibutuhkan sebuah sosialisasi kampanye dan strategi bisnis kepada calon pekerja seni dan yang ingin memulai start-up bisnis.

Bekerjasama dengan DBS Indonesia, Wujudkan.com mengadakan Wujudkan Crowdfunding School, sebuah workshop yang dilaksanakan di Bandung dan Jakarta bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang berkampanye dan strategi bisnis sebagai bekal untuk keberlangsungan proyek mereka. Selain memperkenalkan sistim Crowdfunding dan Wujudkan.com, Perwakilan Wujudkan juga berbagi tentang strategi kampanye yang akan membantu tujuan pekerja kreatif industri.

Selain melaksanakan workshop, bank DBS Indonesia juga mengundang Dewi Meisari untuk berbagi pengetahuannya tentang bagaimana merencanakan bisnis mereka dengan tepat. Sebagai Ketua dari SME Center di Universitas Indonesia, Dewi juga memberikan beberapa tips yang akan mendukung proyek mereka kedepannya, dimulai dari bagaimana membuat sebuah pernyataan misi yang baik serta bagaimana membuat perencanaan dana yang tepat untuk bisnis start-up.

Total peserta yang hadir di keduakotaadalah 70 peserta, yang telah dibekali dengan kehausan akan pengetahuan dan pertanyaan tentang campaign dan strategi bisnis.

Berkat dari workshop tersebut, DBS telah membantu dalam mewujudkan dan komunitas pekerja industri kreatif. Melalui Wujudkan Crowdfunding School, DBS dan Wujudkan telah membantu dalam memberdayakan pekerja industri kreatif Indonesia dalam menciptakan sebuah perubahan melalui kreativitas dan artistic.

Pekerja industri kreatif sekarang mempunyai kesempatan dalam melanjutkan pro royek seni dan melanjutkan karir mereka dalam industri kreatif. Melalui workshop ini, pekerja industri kreatif juga menambah pengetahuan tentang bagaimana meng-optimalisasi sosial media mereka dalam mengkampanye proyek mereka, serta beberapa tips tentang bagaimana berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan ide mereka dan menyusun dalam bahasa bisnis.

Workshop ini telah berjalan secara lancer bagi peserta. Semenjak workshop dilaksanakan, kami telah mendapat beberapa proposal yang berkualitas tinggi dari peserta yang kemudian membuktikan bahwa mereka telah dibekali dengan kemampuan dan pengetahuan yang tepat untuk membuah proyek seni yang baik

– Alderina Gracia

SEBARKAN SPARK DI SEKITAR KITA