Berkreasi

Memercikkan Kebahagiaan Melalui Dekorasi

Mengawali karir menjadi seorang creative designer di sebuah agency iklan, Disyon Ezer Kharisma membangun lebih dari 11 tahun pengalaman mulai dari industri kreatif, usaha ritel hingga toko furnitur dan memenuhi kebutuhan klien untuk beragam program promosi, desain, dan materi kreatif.

Dengan bermodalkan latar belakang ilmu komunikasi periklanan, Disyon melangkah pasti dalam menjejaki karir sebagai creative designer. Ia menyebutkan, profesi tersebut tidaklah terbatas pada desain grafis untuk membuat poster, flyer, ataupun undangan; tetapi juga dalam mendalami keinginan klien dan menciptakan konsep program komunikasi dan promosi. Di tahun 2012, Disyon berkarir sebagai creative director di sebuah toko furnitur asal Jerman dan bertanggung jawab untuk segala urusan promosi, komunikasi pemasaran, dan visual merchandising. Awalnya memang Disyon belajar banyak tentang komunikasi pemasaran maupun promosi. Yang tidak ia antisipasi adalah penemuannya atas kegemarannya dalam menata dan mendekor keuangan.

Kisah SPARK Disyon sebagai tastemaker dan dekorator pun dimulai

Akhirnya, di tahun 2014, Disyon bersama mitranya memutuskan mendirikan bisnis jasa konsultan komunikasi pemasaran. Ternyata, bisnis tersebut membawa Disyon ke peluang yang lebih besar. Dirinya ditantang menyediakan konsep dan dekorasi untuk beberapa private events. Ia pun mulai terbenam dalam kegiatan merangkai bunga, table setting, pengaturan centerpiece serta mendekor ruangan pesta dan pertemuan dengan elemen-elemen standar mulai dari lilin, pita dan balon.

Ia tak sadar keahlian barunya tersebut mengundang lebih banyak klien hasil rekomendasi klien-klien sebelumnya. Ia lalu meyakini bahwa keahlian dalam mendekor ruangan dan acara merupakan true passion-nya.

Tanpa banyak keraguan, sejenak setelah menyadari SPARK barunya ini, ia langsung memberanikan diri mendirikan bisnis di bawah bendera brand namanya sendiri, MAHADISYON, yang memanfaatkan keahliannya sebagai tastemaker dan dekorator.

Menjadi dekorator lebih dari sekedar florist. Masih banyak yang mengira bahwa saya adalah seorang florist yang menyediakan dan merangkai bunga. Pekerjaan saya lebih dari itu. Saya menciptakan konsep, tema, lalu mengatur ruangan dan atmosfir agar sejalan dengan tema pesta atau pertemuan tersebut,

tutur Disyon.

Ia menambahkan, “Saya menciptakan gaya. Saya memastikan bahwa setiap tamu paham dan meresapi tema dan konsep yang diusung sang tuan rumah.”

Mulai dari acara pertemuan, arisan, ulang tahun, syukuran, hingga acara korporasi kini ia tangani. Menurutnya, MAHADISYON menyediakan konsep dekorasi yang bold, beautiful, maximalist, dan eclectic. Pada saat membuka usahanya di tahun 2014, Disyon mendapatkan bantuan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank DBS Indonesia sehingga ia pun sanggup membiayai permodalan utamanya dalam promosi dan operasional – hal yang seringkali menjadi tantangan bagi pemula bisnis.”Selain akses yang mudah dan proses yang cepat, fasilitas KTA yang saya peroleh dari Bank DBS Indonesia memberikan saya keleluasaan dalam cicilan, terutama dengan adanya bunga yang bersaing. Hal inilah yang membuat pemain bisnis pemula seperti saya merasa nyaman dengan menjadikan Bank DBS Indonesia sebagi pilihan.”

Disyon kian mantap dengan pilihan bisnis yang menjadi SPARK nya ini. Kini MAHADISYON telah menjadi salah satu pilihan jasa dekorasi untuk urban private event di Ibukota. Ia berharap, brand ini dapat menjadi besar dan semakin banyak orang yang terinspirasi untuk selalu memberikan konsep terbaik dalam menyelenggarakan acara, sehingga value yang diinginkan oleh tamu pun terwujud.

Bagi Disyon, selama mendirikan usaha ini, tantangan terbesar adalah menemukan tim yang sesuai dengan idealisme dan selera MAHADISYON. Semua itu tidak mudah; dibutuhkan pengalaman dan keberanian dalam mencoba merealisasikan tiap konsep yang sesuai kebutuhan klien. Namun Disyon percaya, SPARK dalam menjadi tastemaker dan dekorator ini mampu menempuh kesuksesan yang lebih besar lagi dengan bermodalkan kualitas gaya, selera, serta tidak berhenti untuk menawarkan sesuatu yang berbeda.

SEBARKAN SPARK DI SEKITAR KITA