Memercikkan Kepercayaan Diri untuk Komunitas

Sejak dulu, saya selalu mempunyai keinginan untuk belajar mengenai berbagai macam hal, terutama dari para ahli. Tapi, pada saat itu belum ada platform yang memadai, apalagi yang harganya terjangkau. Itulah alasan mengapa saya mendirikan Akademi Berbagi - Ainun Chomsun

Kini, Akademi Berbagi kian menjadi sumber pengetahuan dan pendidikan untuk masyarakat diseluruh Indonesia. Karena itu, DBS Bank Indonesia membantu membangun pengembangan komunitas Akademi Berbagi dan relawan-relawannya dengan memberikan sesuatu yang sangat berharga, yaitu kepercayaan diri.

Akademi Berbagi tercetus dari ide bahwa pendidikan bisa menjadi pilar utama dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Komunitas ini sudah memfasilitasikan lebih dari 1000 kelas gratis dan telah bekerjasama dengan lebih dari 200 guru di Indonesia untuk memberikan kelas tentang Social Media, Scriptwriting, Entrepreneurship, Time Management, dan lainnya.

“Para relawan adalah tulang belakang dari komunitas kami, jadi keberdayaan mereka sangat penting untuk Akademi Berbagi. Melalui jiwa dan hasrat mereka, Akademi Berbagi telah berhasil berkembang dan memberikan kesempatan untuk masyarakat agar bisa belajar dan agar terhubung satu sama lain” – Ainun Chomsun

Ainun Chomsun, selaku pendiri Akademi Berbagi, percaya bahwa ketrampilan komunikasi para relawan sangat penting agar mereka bisa mendirikan kelas-kelas yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia. Relawan bertugas untuk mencarikan guru, mengatur kebutuhan logistik, bahkan mengajar kelas untuk daerah lokalitasnya.

Gabungan dari hasrat belajar dan kepercayaan diri yang tinggi akan menjadi factor kuat untuk membuat perubahan. Seiring dengan perkembangan kelas-kelas di Akademi Berbagi, Ainun merasakan bahwa ada kesenjangan antara ketrampilan komunikasi relawan dan tingkat kepercayaan diri mereka.


Menurut saya, cara terpenting untuk pengembangan diri adalah melalui komunikasi, dan hal ini berlaku bagi komunitas juga. Relawan harus mempunyai ketrampilan komunikasi agar bisa menggerakkan perubahan dan berbagi ide-ide mereka – Ainun Chomsun

Bagi para relawan, kepribadian yang kerap gugup dan malu-malu menjadi hambatan untuk kepercayaan diri mereka. Tapi, dengan pelatihan yang memadai, ketrampilan komunikasi bisa menjadi sumber inspirasi untuk para relawan, guru, dan siapapun yang terlibat dalam program Akademi Berbagi.

Dengan bantuan DBS, Akademi Berbagi melaksanakan lokakarya intensif untuk sebagian relawan Akademi Berbagi di Indonesia. DBS dan Akademi Berbagi bekerjasama untuk memperbaiki ketrampilan komunikasi dengan mendiskusikan berbagai topik, termasuk public speaking, mengidentifikasi ciri-ciri komunikasi, dan menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan pesan.

DBS juga membantu mengundang Prabu Revolusi dan Maya Arvini, dua public speakers terkemuka, untuk mengajar di lokakarya tersebut dan berbagi wawasan dan pengalaman mereka dalam dunia komunikasi.

Para relawan yang menghadiri lokakarya tersebut datang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Para relawan dating dari cabang Akademi Berbagi yang berbeda dan memiliki karir professional yang berbeda, seperti guru SD dan bahkan dokter gigi. Satuhal yang menghubungkan para relawan ini adalah keinginan mereka untuk belajar dan kepercayaan mereka akan dampak positif yang bisa diberikan Akademi Berbagi kepada masyarakat dan komunitas sekitar.

Selama lokakarya berlangsung, DBS membantu memercikkan kepercayaan diri para relawan Akademi Berbagi dan membantu mereka dalam membuat perubahan dalam komunitas mereka masing-masing.

Acara ini merupakan momen penting untuk relawan. Dibekali dengan wawasan public speaking, acara ini juga merupakan kesempatan untuk para relawan Akademi Berbagi agar bisa mengerti ciri khas kepribadian mereka; mendalami pemahaman cara berkomunikasi, dan tips-tips untuk menggunakan kepribadian masing-masing untuk berkomunikasi secara efektif.


Lokakarya tersebut sangat inspiratif untuk para relawan. Bukan hanya penting untuk kerjasama mereka dengan komunitas, tapi juga untuk pengembangan pribadi mereka masing - masing. Saya yakin mereka akan bisa membuat perubahan dan dampak positif dalam komunitas Akademi Berbagi – Ainun Chomsun

SEBARKAN SPARK DI SEKITAR KITA