Tiket Anda
Not Interested

Atasi Penyakit Musiman, Aromaterapi Jadi Alternatif Jaga Kesehatan

06 Maret 2020
#LiveWell

Pada awal tahun, kita dihadapkan dengan cuaca hujan yang cukup ekstrem. Hal ini yang akhirnya membuat penyakit musiman seperti batuk, flu, dan diare kembali bermunculan. Tentu penggunaan obat jadi solusi agar cepat sembuh. Namun, kamu juga bisa menggunakan aromaterapi atau minyak esensial sebagai alternatif dalam menjaga kesehatan. Apa saja? Baca di sini.

Lemongrass
Jenis minyak esensial ini termasuk yang paling banyak dicari. Memiliki bahan dasar ekstrak lemon, sebenarnya lemongrass atau serai ini sudah sering digunakan sejak dulu. Lemongrass bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala akibat migrain hingga membantu masalah pencernaan.

Oregano
Mungkin kamu sering mendengar Oregano sebagai bumbu masak. Ternyata, Oregano juga bisa jadi minyak esensial bermanfaat karena mengandung kadar antioksidan tinggi yang bisa menangani masalah pernapasan, termasuk melindungi tubuh dari virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Sangat bagus untuk dihirup bagi kamu yang batuk atau pilek.

Peppermint
Aromanya yang menyegarkan bisa membuat pernapasanmu yang terhambat terasa lebih nyaman. Diolah dari ekstrak daun peppermint, minyak esensial ini bisa meredakan sakit tenggorokan dan flu. Namun, senyawa di dalamnya juga bisa menenangkan otot pencernaan yang membantu membuang gas dalam perut. Coba oleskan minyak ini di kala kamu mual, diare, atau kram perut.

Eucalyptus
Juga dikenal dengan sebutan minyak kayu putih, Eucalyptus memiliki efek anti-mikroba dan kemampuan untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Cocok banget untuk jadi alat pencegahan di tengah cuaca ekstrem saat ini. Minyak esensial ini juga memberikan dampak baik pada demam atau masalah pernapasan lainnya. Kombinasikan dengan Peppermint untuk meredakan gejala sinus.

Lavender
Saat sakit, mungkin kamu akan kesulitan tidur. Inilah waktunya menggunakan minyak esensial Lavender. Aromanya yang menenangkan mampu membuat pencernaan, pernapasan, dan tubuh yang bermasalah seketika terasa lebih nyaman. Dengan begitu, kamu bisa beristirahat dengan lebih baik. Ingat, salah satu obat mujarab untuk segala jenis penyakit musiman adalah kualitas tidur yang baik.

Itulah jenis-jenis minyak esensial atau aromaterapi yang bisa jadi alternatif obat untuk menjaga kesehatan di kala cuaca ekstrem. Selamat mencoba!

Tapi mencegah lebih baik daripada mengobati atau kamu bisa menyiapkan asuransi kesehatan dari DBS dari sekarang, karena penyakit selalu datang tanpa permisi. Untuk informasi asuransi lebih lanjut, kunjungi https://go.dbs.com/DBSmanulife

Referensi artikel:

https://www.cekaja.com/info/mengenal-varian-dan-kegunaan-essential-oil-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-kulit/

https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/1/2019/15317/7-essential-oil-yang-ampuh-redakan-pilek-dan-flu