Tiket Anda
Not Interested

Trend 5 Strategi Marketing Untuk Startup Yang Wajib Kamu Tahu

11 Januari 2019
#LiveSmart

Besarnya pengguna internet di Indonesia, membuat para pemilik startup memasarkan produk mereka melalui media online. Mulai dengan membuat website, blog atau akun di facebook twitter dan Instagram. Faktanya, cara tersebut belum cukup ampuh untuk meraih kesuksesan dalam memasarkan produk. Dibutuhkan strategi marketing online yang ampuh dan berbeda untuk dapat menjangkau serta meraih perhatian konsumen.

Jika tidak mengetahui tren strategi yang cocok digunakan di media online, maka kompetitor akan jauh meninggalkan. Berikut ini 7 strategi marketing online ampuh yang bisa diterapkan oleh bisnis startup.

Perlunya strategi marketing online yang ampuh dan berbeda  untuk dapat menjangkau serta meraih perhatian konsumen.

1. Content Marketing dengan Cara yang Berbeda

Banyak pakar strategi marketing yang mengatakan bahwa Content Marketing dapat bekerja secara efektif jika dilakukan dengan benar. Namun beberapa brand sepertinya terjebak dengan konten yang selalu sama dari masa ke masa. Content Marketing akan terus berkembang. Berikan hal berbeda pada konten yang Kamu tampilkan.

Sebagai contoh jangan menuliskan detail produk tapi ceritakan testimonial atau pengalaman konsumen ketika menggunakan produk Kamu.

2. Memanfaatkan Buzzword untuk Menciptakan Efek Viral

Buzzword adalah sebuah isu atau topik yang sedang hangat untuk diperbincangkan oleh masyarakat. Dalam hal strategi marketing online, buzzword bisa memberikan efek yang positif atau negatif untuk bisnis Kamu.

Sebagai contoh yaitu tahu bulat yang begitu populer dibicarakan masyarakat. Hal ini mendorong Own Games, studio game asal Bandung untuk membuat sebuah game Android berjudul Tahu Bulat. Hasil ternyata di luar dugaan, game Tahu Bulat berhasil mengalahkan Clash of Clans yang selalu menduduki posisi pertama.

3. Konsumen Lebih Menyukai Konten Visual

Konsumen tidak memiliki cukup waktu untuk membaca sebuah tulisan yang panjang. Mereka lebih menyukai konten dengan gambar yang lebih banyak. Bahkan sosial media pun lebih banyak menampilkan gambar dan sudah jarang pula ditemui blog dengan artikel tanpa gambar.

Fakta pun menyebutkan bahwa otak manusia 60 ribu kali lebih cepat dalam memproses tampilan visual. Karena itu Kamu sebaiknya merubah strategi marketing online dengan cara menyajikan konten visual. Beberapa orang mengatakan bahwa setiap 300 kata tulisan harus disertai dengan satu gambar. Namun tetap perhatikan juga relevansi antara gambar dan tulisan.

4. Menciptakan Konten yang Bersambung

Strategi marketing online yang keempat adalah konten yang bersambung akan menimbulkan rasa penasaran dan keingintahuan yang lebih bagi para audience. Jika dibandingkan dengan konten biasa, maka konten bersambung juga akan memberikan efek jangka panjang terhadap ingatan konsumen.

Sebagai contoh, video di YouTube yang berformat web series akan membuat penonton untuk menunggu-nunggu episode selanjutnya. Dibandingkan dengan video ads tentu dampaknya akan lebih besar konten yang bersambung.

5. Sosial Media Sebagai Media Distribusi Marketing Online

Social Media Marketing menjadi tren marketing yang populer di kalangan startup. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan mendistribusikan konten yang menarik melalui sosial media. Perlu kamu ketahui, Facebook telah memiliki 1.4 miliar pengguna dan Twitter memiliki 302 juta pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu Kamu perlu mempertimbangkan sosial media sebagai media distribusi pemasaran online yang efektif.

Sebagus apapun strategi marketing online yang kamu terapkan, tetap penting untuk terus mengembangkan jaringan bisnis seluas-luasnya. Kembangkan jaringan bisnis kamu dan terhubung dengan pakar bisnis di Asia dengan aplikasi DBS BusinessClass, gerbang kamu untuk terhubung dengan komunitas bisnis dalam genggaman kamu.