Tiket Anda
Not Interested

Sudah Menerapkan Pola Makan Sehat Agar Awet Muda? Yuk Mulai Sekarang!

26 Februari 2019
#LiveAwesome

Saat usia semakin bertambah, kondisi kesehatan biasanya menurun dan penampilan fisik pun berubah. Menjadi tua memang proses yang alami, namun tidak serta merta kita harus menerima kondisi yang sakit-sakitan atau pasrah dengan penampilan yang apa-adanya.

Banyak orang yang mengelola usia dengan melakukan perawatan di rumah atau di klinik. Tapi tidak semua melakukannya, karena perawatan di klinik kecantikan tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit ya. Cara terbaik untuk memelihara kondisi tubuh saat usia terus bertambah adalah dengan berolahraga secara teratur, mengelola stress,  dan menerapkan pola makan sehat agar awet muda.

Pola makan sehat agar awet muda ini mudah dipraktikkan dan tidak menguras biaya yang banyak. Kuncinya adalah konsisten. Berikut beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi agar awet muda!

Kunci pola  makan sehat agar awet muda adalah selalu konsisten.

1. TOMAT

Mengkonsumsi tomat setiap hari memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Tomat   adalah salah satu sumber nutrisi untuk kamu yang sedang menerapkan pola makan sehat agar awet muda. Buah ini menjadi sumber antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas. Selain itu, tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam tomat juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Vitamin C dalam tomat  yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen, yang membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas, dan menyembuhkan luka bakar.

2. LEMON

Jeruk lemon adalah sumber vitamin C yang tak terbantahkan dan baik dikonsumsi untuk pola makan sehat agar awet muda. Seperempat gelas air lemon menghasilkan 23,6 mg vitamin C, sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan seperempat untuk pria.  Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel, melawan radikal bebas, dan mempercepat penyembuhan luka.

3. UBI JALAR

Ubi jalar sarat dengan beta karoten. Beta karoten ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Sebanyak 80 gram ubi jalar setiap hari memberikan 63 persen dari kebutuhan vitamin A harian. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk menciptakan kolagen yang bisa membuat seseorang tampak awet muda. Kolagen ini adalah komponen penting dari jaringan ikat yang membuat struktur kulit jadi lebih baik. Jadi, jangan lupa lengkapi pola makan sehat agar awet muda kamu dengan ubi jalar, ya!

4. ALPUKAT

Ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya? Jika iya, maka buah berwarna hijau yang satu ini wajib dikonsumsi untuk melengkapi pola makan sehat agar awet muda yang sedang kamu jalani. Alpukat sangat kaya vitamin E yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Jangan takut pada kandungan lemaknya, karena merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk tubuh. Oh iya, selain dikonsumsi langsung, alpukat juga bisa digunakan sebagai masker wajah dan rambut, lho!

5. WORTEL

Kalau bicara wortel, biasanya orang-orang langsung mengasosiasikan dengan kesehatan mata. Padahal, kandungan vitamin A yang ada pada wortel juga efektif mengatasi jerawat, keriput, pigmentasi, dan warna kulit tidak rata. Serat yang terkandung pada wortel juga bagus untuk pencernaan. Wortel bisa kamu konsumsi mentah, dibuat jus, dijadikan campuran salad, atau dimasak. Yuk, sertakan wortel dalam pola makan sehat agar awet muda kamu!

***

Semua sumber nutrisi pola makan sehat agar awet muda ini bisa kamu dapatkan di pasar atau supermarket. Harganya juga relatif murah dan bisa didapatkan setiap waktu. Selain mengonsumsi bahan makanan yang baik untuk tubuh, imbangi juga dengan aktivitas fisik secara rutin dan istirahat yang cukup. Karena tua itu pasti, sehat itu pilihan.