Tiket Anda
Not Interested

Sering Kembung? Yuk Mulai Menjaga Kesehatan Lambung

29 April 2019
#LiveWell

Lambung menjadi pusat pencernaan makanan di dalam tubuh. Sejak makanan masuk, lambung sudah mengambil peran untuk menyimpan. Lama penyimpanan makanan bisa berbeda tergantung pada jenisnya. Karbohidrat umumnya hanya bertahan dalam waktu singkat di dalam lambung. Sumber energi lain seperti protein dan lemak akan bertahan lebih lama.

Makanan sudah melalui proses pencernaan tahap pertama di mulut. Proses ini kemudian dilanjutkan di dalam lambung. Otot-otot yang bergerak secara peristaltik pada dinding lambung membantu menghancurkan makanan. Selain diproses dengan gerak mekanis otot, makanan juga diproses secara kimiawi dengan bantuan enzim-enzim pada lambung.

Enzim yang dihasilkan lambung ada beberapa macam, yaitu pepsin yang memecah protein menjadi pepton, lipase yang memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol, asam klorida (HCI) yang mengubah pepsinogen menjadi pepsin dan membunuh mikroorganisme patogen, serta renin yang berfungsi untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein.

Hasil kerja enzim adalah molekul yang selanjutnya diserap usus dan dialirkan ke seluruh tubuh sebagai energi.

Seperti organ lain dalam tubuh, ada risiko penurunan fungsi jika kamu tidak menjaga kesehatan lambung dengan optimal. Kamu bisa mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), Gastritis, atau Dispepsia. GERD umumnya menimbulkan gejala sulit menelan, asam di rongga mulut, nyeri dada dan tengggorokan, cegukan, sendawa, dan batuk kering. GERD adalah penyakit yang muncul saat asam lambung naik dan menimbulkan iritasi dinding kerongkongan.

Gastritis adalah gangguan fungsi karena radang dinding lambung karena asam lambung. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan pendarahan dan tukak lambung. Sedangkan Dispepsia  meliputi banyak gejala tidak nyaman di perut atas, seperti mudah kenyang, mual, kembung, perut panas, dan nyeri ulu hati. Dispepsia timbul ketika dinding saluran pencernaan terlalu sensitif terhadap asam lambung, atau karena ada peregangan berlebihan di dinding saluran cerna akibat makan terlalu banyak.

Yuk menjaga kesehatan lambung!

Mengingat fungsinya yang sangat penting itu, menjaga kesehatan lambung sangat penting. Yuk lakukan tiga langkah ini agar lambung berfungsi maksimal:

1. MAKAN SECARA TERATUR

Makan secara teratur adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan lambung. Rumusnya adalah, makan sebelum lapar dan berhentilah sebelum kekenyangan. Untuk makan, sebaiknya atur jadwal tetap setiap hari. Misalnya sarapan antara pukul 06.00 hingga 08.00 pagi. Makan siang antara pukul 12.00 13.00, dan makan malam antara 18.00-20.00.

Makan secara teratur membuat lambung tidak bekerja berlebihan dan memiliki waktu istirahat yang tetap. Oh iya, saat makan upayakan tidak terburu-buru agar lambung tidak mendapatkan beban kerja berlebihan dan proses pencernaannya dapat berlangsung optimal.

2. PILIH NUTRISI YANG TEPAT

Langkah kedua untuk menjaga kesehatan lambung adalah memilih sumber nutrisi yang tepat untuk tubuh. Upayakan mengonsumsi makanan yang sehat dan higienis. Untuk porsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan energi harian tubuh. Sebaknya tidak makan berlebihan atau malah kekurangan.

Makan berlebihan secara terus-menerus membuat lambung bekerja lembur dan dapat menyebabkan kegemukan. Sedangkan kekurangan energi karena tidak cukup makan hanya akan membuat tubuh lemah dan akhirnya kamu tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik.

3. KELOLA STRES

Tahukah kamu kalau stres berlebihan itu berakibat buruk untuk tubuh? Pada lambung, stres dapat membuat lapisan pelindung mukosa lambung jadi lebih rentan. Mukosa yang rentan akan mudah membuat dinding lambung gampang iritasi saat bertemu asam lambung berlebihan.

Stres bisa muncul akibat banyak hal dan aktivitas. Stres tidak dapat ditolak sepenuhnya, tapi kamu bisa belajar untuk mengelolanya. Jika stres muncul akibat tanggung jawab berlebih, upayakan distribusi pekerjaan. Jika stres muncul karena pikiran negatif yang terus muncul, upayakan mengambil waktu untuk menganalisis masalah dan pikirkan hanya yang benar-benar penting saja.

Stres yang tidak dikelola dapat memicu banyak gangguan seperti kembung, nyeri perut, sembelit, diare, hingga menurunkan nafsu makan.

 

 

 ***

Lambung yang sehat akan bekerja optimal dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Menjaga kesehatan lambung bukan soal remeh. Lakukan dari sekarang agar tidak terlambat kemudian.