Tiket Anda
Not Interested

Mulai Kurangi Sampah Plastik Dengan 7 Cara Ini

29 Juli 2019
#LiveAwesome

Plastik memiliki sifat yang tahan air, awet, dan praktis, membuatnya jadi benda penting dengan segudang manfaat sebagai kemasan, wadah, pelindung. Akhirnya, kita pun jadi bergantung pada plastik. Padahal, meski punya fungsi yang baik, plastik memicu dampak yang sangat berbahaya.

Indonesia sendiri adalah negara kedua yang paling banyak menghasilkan sampah plastik, setelah China. Lalu, apa yang bisa kita lakukan demi menjaga kualitas kesehatan bumi? Jika pemerintah masih berupaya untuk memangkas habis penggunaan plastik secara nasional, kamu juga bisa melakukannya dengan mudah di rumah. Yuk, mulai kurangi sampah plastik dengan cara ini.

1. Bawa kantung belanja sendiri

Tolak tawaran penggunaan kantung plastik sekali pakai saat berbelanja. Usahakan untuk selalu membawa kantung belanja atau reusable bag sendiri. Kini, sudah banyak reusable bag dalam bentuk unik dan bisa digantung di tas untuk memudahkanmu.

(Link foto: https://www.instagram.com/p/BvgyYO_HlwO/?igshid=19veoqoho50sb / @aarde.co)

2. Gunakan tumbler untuk minum

Botol minum yang kamu gunakan bisa mengurangi timbunan botol plastik minuman. Bahkan saat memesan kopi di kedai kopi favorit, kamu juga bisa meminta mereka untuk langsung mengisinya di tumbler-mu. Tak jarang kedai kopi akan memberikan diskon spesial bagi pelanggan yang melakukan ini.

3. Bawa kotak makan

Sebaiknya kamu mulai menghindari penggunaan Styrofoam untuk membungkus makanan. Bawalah kotak bekal dari rumah atau menggunakan kain pembungkus yang menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.

(Link foto: https://www.instagram.com/p/BzSGZU1FBDP/?igshid=1att65ganhlo1 / @chicanddarling)

4. Tidak menggunakan sedotan sekali pakai

Salah satu benda yang berkontribusi paling banyak dalam meningkatnya sampah plastik adalah sedotan. Siasati hal ini dengan menolak sedotan plastik yang ditawarkan oleh restoran atau gunakan sedotan reusable yang sudah tersedia di berbagai toko online dan offline.

(Link foto: https://www.instagram.com/p/BuaH_4-Bpp6/?igshid=1oto41b42lfn5 / @sedot.tan)

5. Kaca sebagai wadah penyimpanan

Manfaatkan botol atau jar yang terbuat dari kaca untuk menyimpan produk rumah tangga seperti bumbu masakan, tepung, beras, minyak, hingga produk perawatan seperti sabun dan sampo.

(Link foto: https://www.pexels.com/photo/aroma-aromatic-assortment-bottles-531446/ / pexels.com)

6. Menggunakan produk kecantikan organik

Para pemerhati kecantikan rasanya wajib lebih berhati-hati. Pasalnya, produk kecantikan seperti scrub wajah, pasta gigi, dan sabun mandi banyak mengandung microbeads yakni partikel kecil yang terbuat dari plastik. Ukurannya yang kecil memudahkan partikel ini terselip di saluran air dan terbawa ke laut sehingga jadi makanan makhluk hidup di sana. Kamu bisa menghindarinya dengan mulai menggunakan produk berbahan organik.

7. Edukasi dan sosialiasi

Hal terpenting dalam menyiasati darurat sampah plastik adalah dengan edukasi dan sosialiasi pada masyarakat sekitar, dalam hal ini bisa dimulai dengan anggota keluarga dan teman terdekatmu. Pastikan bahwa mereka tahu bahayanya dari timbunan plastik yang terus bertambah setiap harinya.

****

Nah, itulah 7 cara mengurangi sampah plastik yang bisa dilakukan di rumah. Ingat, kalau kita tidak bisa jadi bagian dari solusi, berarti kita adalah bagian dari masalah.

Sumber:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4626442/jokowi-geram-masalah-sampah-plastik-ri-tak-ada-kemajuan

https://wow.tribunnews.com/2019/02/25/10-cara-menjaga-lingkungan-dengan-mengurangi-sampah-plastik?page=2