Tiket Anda
Not Interested

Menyandang Status 'Unicorn', Tokopedia Mengaku Belum Puas

3 Februari 2020
#LiveAwesome

Siapa sih yang sekarang belum mengenal Tokopedia? Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia ini sukses mengantongi gelar “Unicorn”, usai mendapat pendaan dari investor besar seperti East Venture, CyberAgent Ventures, dan Softbank. Tokopedia memang dirasa berhasil membantu masyarakat dalam proses jual-beli segala keperluan via online.

Kesuksesan ini tentu tak lepas dari peran para pendirinya, yaitu Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya. Dalam wawancara singkatnya dengan DBS dan Katadata, Leontinus beberkan kisah di balik layar kesuksesan Tokopedia.

Salah satunya adalah pengalaman pribadi keduanya saat masih tinggal di kota kecil di Pontianak dan Pematang Siantar di mana kesempatan untuk sukses dirasa tidak banyak, sehingga kebanyakan masyarakat di sana hidup dengan membuka warung atau toko kelontong. Masalah lain pun muncul karena pilihan barang yang tersedia di kota kecil sangatlah terbatas dan harganya mahal. Dua hal ini kemudian menginspirasi Leontinus dan William untuk mendirikan Tokopedia.

Meski sudah mengantongi banyak apresiasi, Leontinus merasa masih banyak hal yang harus dicapai di Indonesia, salah satunya adalah dengan fokus membantu perekonomian tanah air. Sesuai visinya yakni untuk membuka akses produk bagi seluruh lapisan masyarakat, Tokopedia tengah mengusahakan strategi pemerataan ekonomi secara digital. Salah satunya dengan fitur-fitur yang memudahkan para pelaku UKM lokal.

 

Masih penasaran dengan strategi Tokopedia untuk 10 tahun ke depan serta gaya kepemimpinan Leontinus yang dipraktikkan di tempat kerja? Mulai tonton aja dulu kelanjutan videonya di sini ya.