Tiket Anda
Not Interested

Makan Enak Cikini! Liburan Sambil Jelajah Kuliner Legendaris

11 Januari 2019
#LiveAwesome

Bagi penggemar kuliner, mencicipi makanan yang terkenal saat berkunjung ke satu daerah sudah menjadi hal yang wajib. Nah, untuk wilayah Jakarta, salah satu tempat yang direkomendasikan buat penggemar makanan enak adalah Cikini, Jakarta Pusat!

Letak Cikini sangat strategis. Untuk mencapainya kamu bisa naik kereta api (commuter line), bus Trans Jakarta, atau layanan transportasi online. Adalah arsitek asal Belanda saat itu, PAJ Mooijen, yang ditugaskan menata kawasan pemukiman elit di Menteng, termasuk merancang kawasan Cikini sebagai area penyokongnya. Oleh penguasa, Cikini dijadikan area komersial yang menyediakan fasilitas umum untuk kalangan elit.

Saat ini Cikini masih ramai, perkantoran, pertokoan, dan area tinggal bergabung dalam satu lokasi. Bagi wisatawan, daerah ini menyajikan paket lengkap, hiburan juga kuliner. Bagaimana, sudah siap makan enak Cikini?

Pempek Megaria, salah satu andalan kuliner di Cikini Jakarta.

1. PEMPEK MEGARIA

Suka makanan berbahan dasar ikan? Jika iya, kamu wajib mencoba Pempek Megaria yang berada di kawasan Bioskop Metropole, Cikini. Metropol ini adalah gedung bioskop bersejarah yang dibangun pada tahun 1932 dengan nama Bioscoop Metropool. Sejak tahun 1993, Metropole dimasukkan sebagai cagar budaya oleh gubernur Jakarta.

Pempek Megaria sendiri ada di kawasan Metropol sejak tahun 1989. Menawarkan pempek dengan tekstur yang empuk, lembut, dan rasa ikannya sangat terasa tetapi tidak berbau amis, Pempek Megaria masih jadi tujuan kuliner penduduk Jakarta dan sekitarnya saat ini. Makan enak di Cikini tidak lengkap tanpa Pempek Megaria.

2. NASI UDUK GONGDANGDIA

Warung nasi uduk yang berdiri sejak tahun 1993 ini menjual nasi uduk dengan rasa yang tak pernah berubah. Nasi uduknya punya rasa pulen dan gurih. Berbalut daun pisang, wangi nasi uduknya dijamin menggugah seleramu.

Nasi Uduk Gondangdia adalah rekomendasi makan enak di Cikini berikutnya. Kuliner yang satu ini menyediakan aneka lauk sebagai pendamping, antara lain ayam, tahu, tempe, juga jeroan. Nikmati nasi uduk dengan dua pilihan sambal dan lalapan agar lebih nikmat.

3. MIE AYAM GONDANGDIA

Kuliner nomor 3 ini wajib dicoba kalau kamu sedang jalan-jalan sambil makan enak di Cikini. Berdiri sejak 1968, rasa mienya tetap sama setelah sekian lama. Racikan kaldu yang gurih nikmat serta daging ayam yang empuk manis membuat mie ayam ini layak dikunjungi setiap kali berkunjung ke Cikini. Tambahan bakso bikin acara makan kamu lebih nikmat!

Di tempat ini kamu bisa menjajal aneka makanan lain, misalnya kwetiaw, bihun, juga nasi goreng.

4. SOTO BETAWI H. MARUF

Kali ini saatnya menjajal kuliner khas Jakarta saat makan enak di Cikini. Soto Betawi H. Maruf namanya. Dinamakan sesuai dengan nama pemiliknya, saat ini warung makan sudah diasuh oleh generasi ketiga.

H. Maruf mulai menjajakan sotonya sejak 1940-an. Sempat berpindah-pindah, akhirnya sejak 1983 soto menempati tempat permanennya diĀ  Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya Nomor 73. Kamu sudah bisa berkunjung ke warung soto ini sejak pukul 08.00 hingga 20.30 WIB.

5. GADO-GADO BON-BIN

Nama Bon-Bin pada warung makan ini berasal dari singkatan kebon binatang. Dinamakan demikian karena, jalan tempat warung makan ini dulu berada, bernama Jalan Kebon Binatang sebelum berubah menjadi Jalan Cikini IV.

Warung yang wajib dikunjungi untuk makan enak di Cikini ini berdiri sejak tahun 1960. Yang spesial dari Gado-Gado Bon-Bin adalah bumbu siramnya yang terasa sangat lembut dan kental. Oh iya, di warung ini juga tersedia asinan yang tidak kalah enak.