Tiket Anda
Not Interested

Ini 7 Stadion Terbesar di Dunia! Salah Satunya dari Indonesia.

11 Januari 2019
#LiveSmart

Stadion yang besar dan megah kerap diasosiasikan dengan prestasi atletnya yang mumpuni. Fasilitas yang disiapkan Pemerintah, salah satunya stadion pastinya akan berpengaruh pada rasa bangga dan percaya diri atletnya ya.

Menonton pertandingan sepak bola secara langsung juga akan membuahkan kepuasan tersendiri untuk pendukung klub sepak bola. Saat hadir di pertandingan langsung, tidak hanya prestasi atlet yang diperbincangkan tapi juga fasilitas dan stadion tempat laga terjadi.

Beberapa stadion dalam artikel ini menjadi penting karena kapasitasnya yang luar biasa besar. Stadion-stadion terbesar di dunia ini dapat menampung puluhan hingga ratusan ribu penonton sekaligus. Apakah kamu pernah berkunjung ke salah satu stadion ini?

Stadion-stadion terbesar di dunia ini dapat  menampung puluhan hingga ratusan ribu penonton sekaligus.

1. RUNGRADO MAY STADIUM, PYONGYANG.

Stadion Rungrado May adalah stadion sepakbola terbesar di dunia. Stadion ini ada di Pyongyang, Korea Utara. Kapasitas Rungrado May mencapai 114.000 penonton. Pembangunan kapasitas stadion terbesar di dunia ini selesai pada tahun 1989. Peruntukan stadionnya kebanyakan untuk pertandingan sepak bola, beberapa acara atletik, dan event kenegaraan.

2. CAMP NOU, BARCELONA

Camp Nou, Barcelona, Spanyol, adalah stadion sepakbola terbesar nomor dua di dunia. Sejak tahun 1957, stadion ini telah diperuntukkan menjadi rumah klub sepak bola Barcelona. Salah satu stadion terbesar di dunia ini memiliki kapasitas tempat duduk 99.354. Camp Nou juga merupakan stadion sepak bola terbesar di Eropa. Camp Nou telah menjadi tuan rumah banyak olahraga populer seperti Olimpiade 1992, dan final Liga Champion UEFA.

3. FNB SOCCER CITY, JOHANNESBURG

First Nasional Bank (FNB) Soccer City adalah stadion yang berada di Johannesburg, Afrika Selatan. Stadion sepak bola terbesar di Afrika ini memiliki kapasitas tempat duduk untuk 94.736 penonton. Salah satu stadion terbesar di dunia ini pernah menjadi tuan rumah Final Piala Dunia FIFA 2010 antara Belanda dan Spanyol. Stadion ini juga menjadi penting karena di sinilah, pada upacara penutupan Piala Dunia 2010 Nelson Mandela tampil di depan publik terakhir kalinya. Dan di tempat yang sama, pada tahun 1990, Nelson Mandela berpidato pertama kali segera setelah dia dibebaskan dari penjara.

4. ROSE BOWL, PASADENA

Rose Bowl adalah sebuah salah satu stadion terbesar di dunia yang berada di Pasadena, California, Amerika Serikat. Stadion ini pernah menjadi tempat penyelenggara acara Olimpiade Musim Panas 1932 dan 1984. Rose Bowl juga merupakan tempat untuk Final Piala Dunia FIFA 1994 dan Final Piala Dunia Wanita FIFA 1999. Stadion ini bisa menampung sebanyak 92,542 penonton.

5. WEMBLEY, LONDON

Stadion Wembley adalah markas tim sepak bola nasional Inggris dan sekaligus juga menjadi rumah bagi klub Tottenham Hotspur hingga 2018 ini. Stadion berkapasitas 90,310 penonton ini punya 2.618 toilet! Selain menjadi tuan rumah laga final Piala FA, stadion ini juga menjadi tuan rumah laga Community Shield, babak final Piala Liga Inggris, dan tuan rumah babak final play-off Football League Championship, Final Liga Champions UEFA 2011, Piala Wembley, dan NFL International Series. Stadion ini juga pernah menjadi tempat konser artis-artis ternama, seperti Green Day, Muse, Oasis, Take That, Metallica, U2, dan Madonna serta menjadi host Konser untuk Diana dan Konser Live Earth.

6. BUKIT JALIL NATIONAL, KUALA LUMPUR

Stadion Bukit Jalil National di Kuala Lumpur ini dapat menampung hingga 89,411 penonton. Salah satu kapasitas stadion terbesar di dunia ini awalnya dibangun untuk pertandingan 1998 Commonwealth Games. Pembangunannya sendiri dimulai pada 1 Januari 1995 dan selesai tepat 3 tahun kemudian, yaitu pada 1 Januari 1998. Usai 1998 Commonwealth Games, Bukit Jalil National Stadium resmi menjadi markas bagi tim nasional Malaysia.

7. GELORA BUNG KARNO, JAKARTA

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah satu-satunya stadion berstandar internasional yang ada di Indonesia. Stadion ini berada di dalam kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Pernah diubah namanya menjadi Stadion Olahraga Senayan pada 1984, tapi kemudian dikembalikan lagi ke nama awalnya pada tahun 2001. Kapasitas awal stadion adalah 110.000. Setelah beberapa kali renovasi, kapasitas Gelora Bung Karno menjadi 88.083 kursi. Final Piala Asia AFC 2007, Asian Games 2018, dan 2018 Asian Para Games berlangsung di stadion ini.

Bagaimana, apakah kamu pernah berkunjung ke salah satunya? Jika belum, mungkin kamu bisa merencanakan perjalanan menuju salah satu stadion terbesar di dunia itu dengan Digibank Travel Credit Card.  Kamu bisa mengumpulkan mileage sebanyak-banyaknya dengan hanya bertransaksi mulai dari Rp 10.000 saja lho. Jangan lupa untuk menukarkan mileage-mu dengan tiket pesawat atau hotel. Traveling jadi mudah dengan Digibank Travel Credit Card!