Tiket Anda
Not Interested

Live More Society Travel Series – Eksotisme India Gak Sampe 10jt All In!

21 Maret 2019
#LiveAwesome

Kamu pasti sadar kan, tujuan liburan paling instagrammable yang sering kelihatan di media sosial? Ya, sepertinya tahun lalu banyak sekali orang Indonesia yang liburan ke India. Mulai dari geng selebgram hits Agatha Suci, Fotografer juri Live More Society Photo Competition Nicoline Patricia Malina, sampai bulan madunya pasangan Hamish Daud - Raisa

Foto: Instagram @agatha_suci, @hamishdw @npmalina

Tapi, mungkin banyak yang tidak tahu. Untuk bisa liburan penuh budaya, historis, spiritual, dan pastinya bisa mengambil konten-konten cantik itu relative murah dibanding traveling ke negara-negara Asia Selatan atau Timur Tengah favorit lainnya seperti Uni Emirat Arab atau Jordania? Kontributor DBS Live More Society bisa melakukan traveling ke negara Bollywood ini selama 10 hari (hari efektif, di luar waktu perjalanan), di 5 Kota, dengan budget hanya dengan budget 10jt!

Pilihan Pesawat

Photo by Suhyeon Choi on Unsplash

Semua perjalanan nyaman dimulai dari bandara. Surprisingly, dengan budget 10jt, kita bisa terbang bukan dengan pesawat budget. Yang kita harus perhatikan adalah waktu memesan tiket. Tidak harus satu tahun lebih awal, untuk pergi pada akhir Maret 2018, kontributor LMS membeli tiket roundtrip pesawat full service dari Malaysia Airlines pada Januari 2018 dengan harga hanya IDR 3,9jt untuk rute Jakarta - Delhi - Jakarta. Kita bisa memesan tiket dengan digibank Travel Card dengan promo menarik, termasuk konversi transaksi kita jadi cicilan tanpa ribet langsung lewat aplikasi digibank. Kalau memang punya maskapai favorit lainnya seperti Singapore Airlines, bisa tukar mileage digibank Travel Card kamu biar harga tetap miring.

Memilih Rute Perjalanan

Photo by CRayban on Unsplash

India itu kurang lebih sama dengan Indonesia - Negara besar dengan penduduk padat. Sebagai salah satu peradaban tertua di Dunia, ini berarti akan selalu ada hal menarik di setiap tempat yang dikunjungi.

Rute yang paling umum dan ramah turis untuk perjalanan kurang lebih 1 minggu ke India biasanya:

  1. Segitiga Emas: Delhi - Agra - Jaipur
  2. Rute Himalaya: Leh & Ladakh, provinsi Jammu dan Kashmir
  3. Daerah Pantai: Goa & Kerala

Salah satu tujuan paling favorit pastinya Taj Mahal yang ada di Agra. Jadi untuk kita yang baru pertama kali ke India, rekomendasi rute terbaik adalah Delhi - Agra - Jaipur, dan jika masih ada waktu cukup lanjut ke Jodhpur (Tempat pernikahan Nick Jonas dan Priyanka Chopra) dan Udaipur (Tempat syuting filmnya Nicole Kidman). Jarak dari kota-kota ini sekitar 3 - 6 jam antara satu dan yang lain, dan semuanya bisa dilalui dengan kereta dengan banyak sekali jadwal,

Memilih Teman Perjalanan

Ke manapun kita pergi, pasti teman perjalanan adalah salah satu penentu suksesnya liburan kita. Selain bisa bersama-sama menciptakan memori perjalanan yang indah atau malah akhirnya benci satu sama lain karena ketahuan sifat aslinya, teman perjalanan di India dibutuhkan untuk keamanan dan support system, dan pastinya akan memperhemat biaya penginapan dan transportasi dalam kota.

Penginapan

Photo by Helena Lopes on Unsplash

Untuk budget IDR 10jt, memang kita tidak bisa menginap di hotel mewah. Namun, jangan khawatir, banyak hotel budget yang layak dan bagus, posisi terletak di tengah kota. Selain itu, bisa direkomendasikan untuk menginap di Traveler Hostel. Hostel terdiri dari banyak tipe kamar, mulai dari bunkbed sampai kamar pribadi. Karena India adalah salah satu tujuan wisata populer, harga hostel sangat bersaing. Untuk hostel yang bagus di Delhi, kita bisa menyiapkan budget sekitar IDR 150k per malam, namun di kota yang lebih kecil seperti Jodhpur, bahkan hostel semurah IDR 100k per malam juga sudah bagus.

Photo by Nicate Lee on Unsplash

Banyak hostel yang kamarnya menyediakan bunkbed untuk 4 orang. Kalau kita pergi bersama teman 1 geng berjumlah 4 orang, serunya kamar tersebut pas untuk kita. Namun jangan khawatir kalau satu kamar campur dengan traveller lain, kita bisa kenalan dengan teman-teman dari negara lain, bahkan jadi eksplor India bersama-sama.Tiap hostel juga biasanya ada common room di mana kamu bisa internetan, main game, nonton, atau sekedar ngobrol. Hampir semua hostel di India juga instagrammable lohh. Kita bisa cek di hostelworld.com untuk banyak pilihan penginapan di India.

Konsumsi Harian

Photo by Lior Shapira on Unsplash

Makanan di India? Murah! Sama seperti di Indonesia. Untuk sarapan pagi biasanya disiapkan dari hostel. Sedangkan untuk makan siang, sambil eksplor bangunan bersejarah, kamu bisa makan makanan lokal seperti sambosa, tikka massala, biryani, paratha, atau nan. Kalau cuaca sedang panas, juga bisa coba mango lassi yang segar. Jangan lupa juga untuk coba chai tea khas India. Semua itu gampang sekali ditemukan di setiap sudut kota. Kalau kamu memang kurang suka eksplor kuliner, bisa makan makanan waralaba seperti KFC, McDonalds, Burger King dengan harga standar. Untuk makan kenyang dan enak, 1 hari cukup mengeluarkan uang IDR 100rb selama di India.

Transportasi

Kota besar seperti Delhi memiliki sistem MRT yang layak dan tersebar di seluruh kota, dekat dengan situs-situs turisme. Untuk kota-kota yang lebih kecil, uber dan taksi juga bisa dengan mudah ditemukan. Untuk pengalaman seperti lokal, kita bisa mencoba auto (mirip seperti bajaj di Jakarta), tapi harus pintar-pintar menawar.

Photo by Fancycrave on Unsplash

Untuk transportasi antar kota sendiri, rute Delhi - Agra - Jaipur - Jodhpur bisa menggunakan kereta, dan Jodhpur - Udaipur bisa menggunakan sleeping bus dengan harga kurang lebih IDR 100k - IDR200k untuk kelas ekonomi AC. Untuk yang menggunanakan penerbangan kembali ke Indonesia lewat Delhi, jarak Udaipur ke Delhi sekitar 12 jam dengan perjalanan darat. Pesawat lokal dengan harga IDR 400rb merupakan pilihan yang lebih efisien untuk perjalanan ini.

Ringkasan biaya trip India:

Pesawat PP: +IDR 4jt

Penginapan 10 malam @150k: +IDR 1,5jt

Makan 10 hari @100k: +IDR 1jt

Transportasi dalam kota dan antar kota total: +IDR 2jt

Biaya tambahan lainnya: +IDR 1,5jt

Total Biaya Perjalanan India, 10 Hari, 5 Kota: +IDR 10jt saja!

Gimana? Tertarik berpetualang di Negeri eksotis ini bersama teman se-geng?

Dalam seri travel India selanjutnya, LMS akan membahas tempat-tempat yang wajib dikunjungi di masing-masing kota: Delhi, Agra, Jaipur, Jodhpur, Udaipur. Stay tuned!