Tiket Anda
Not Interested

Eits Jangan Buru-Buru Nikah! Cek Dulu Kita dan Pacar Sudah Punya Delapan Karakteristik Ini Belum?

6 Mei 2019
#LiveWell

Photo by Carly Rae Hobbins on Unsplash

Melihat foto-foto pre-wed teman-teman yang Instagramable memang sangat menggoda kita untuk segera melakukan hal yang sama. Menikah berarti punya seseorang yang akan ada di samping kita di saat susah dan senang. Tamat sudah perjalanan kita jadi pejuang swiper di Tinder. Tapi menikah bukan jaminan hidup happily ever after seperti di film komedi romantis atau kartun Walt Disney. Menikah menjadi gerbang pembuka kehidupan selanjutnya yang jauh lebih menantang daripada film action paling seru. Para pakar psikologi menyimpulkan ada delapan karakteristik yang akan konsisten muncul dalam hubungan yang kuat dan penuh kasih sayang. Sebelum nikah, cek, dulu, kita dan pasangan sudah konsisten mempraktekan ke delapan hal ini belum?

1. Kepedulian

Dari yang sederhana seperti menanyakan kabarnya hari ini hingga memasak makanan favoritnya. Kita dan pasangan tidak boleh ragu menunjukkan kepedulian satu sama lain. Bila pasangan kurang suka rasa manis, beri tahu pelayan di restoran untuk tidak perlu menambah gula pada jus yang dipesannya. Hal-hal kecil yang dilakukan atas nama kasih sayang akan menambah kadar kelekatan antara kita dan pasangan.

2. Komunikasi

Apalah arti sebuah hubungan bila kita tidak bisa saling berkomunikasi dengan baik? Tindakan mendiamkan pasangan ketika terjadi salah paham bisa membahayakan hubungan di kemudian hari. Ini termasuk dalam kategori stone walling yaitu perilaku enggan bekerjasama dan berkomunikasi dengan pasangan. Tindakan lain yang termasuk stone walling adalah mengubah topik, bersikap cuek dan menjauhi pasangan.

3. Menunjukkan rasa cinta

Ada orang yang tidak bisa mengungkapkan rasa cintanya dengan alasan, “Aku tipe orang yang menunjukkan cinta melalui tindakan.” Ketika sudah berhubungan cukup serius, cinta perlu dinyatakan meski tidak harus sering. Perilaku romantis perlu ditunjukkan sekali waktu agar hubungan tetap terasa segar dan memastikan pasangan mengerti kita mencintainya. Jangan ragu booking restoran untuk dinner romantis merayakan anniversary. Kejutkan dia dengan menyelipkan notes berisi kata-kata manis untuknya dalam tas kerjanya.

4. Kompromi

Pasangan pengin nonton film horror, kita memilih film drama. Bagaimana menyelesaikan problem ini? Deretan pilihan dan masalah akan selalu mendera kita dan pasangan sepanjang hidup. Kemampuan berkompromi dan menemukan jalan keluar akan sangat membantu ketahanan hubungan.

5. Rasa Aman

Tidak ada gunanya bertahan dalam hubungan yang dipenuhi rasa curiga dan kecemasan. Kita dan pasangan harus yakin berada dalam hubungan yang kuat. Stop mengancam akan meninggalkan pasangan saat terjadi argumen. Ini cuma menunjukkan ego kita yang ingin mendominasi. Rumus yang baik adalah kita dan pasangan melawan masalah. Bukan kita dan pasangan saling melawan.   

6. Kenyamanan

Dia pintar menganalisis situasi tapi sering teledor. Sebaliknya kita mengutamakan kerapian dan kebersihan, tapi suka bingung memutuskan sesuatu. Setiap orang memiliki sisi positif dan negatif. Rasa nyaman dalam hubungan akan muncul bila kita dan pasangan mampu menerima diri masing-masing apa adanya.

7. Penghargaan

Apresiasi yang sederhana seperti, “Terima kasih, ya, sudah membuatkan aku kopi,” akan membuat pasangan merasa dihargai. Mengetahui bahwa pasangan menilai penting hal yang kita lakukan akan memompa semangat dan menyalakan rasa cinta.

8. Dukungan

Hidup akan terasa jauh lebih mudah bila pasangan memberikan dukungan dan keyakinan bahwa kita mampu meraih hal-hal yang diimpikan. “Aku yakin kamu pasti bisa lulus S2 sambil bekerja. Aku akan membantu kamu sebisa mungkin!” Kita dan pasangan ibarat tim sepak bola yang wajib saling memberi semangat agar berhasil membuat banyak gol dalam hidup.  

Jika kita dan pasangan belum atau masih kurang memiliki delapan karakteristik di atas, mari bekerja lebih keras demi hubungan yang lebih kuat. Cinta adalah komitmen untuk terus berusaha bagi kelangsungan hubungan. Tunjukkan rasa cinta kita dengan mengajak pasangan makan malam di BAE by Socieaty. Gunakan kartu kredit Digibank kita agar mendapatkan diskon hingga Rp 200.000 untuk menu makanan.