Tiket Anda
Not Interested

Dibuang Sayang, Yuk Intip 6 Ide Recycle Botol Kaca Ini!

26 Februari 2019
#LiveKind

Pernah melihat botol kaca yang tercecer di pinggir pantai atau teronggok tidak digunakan di tempat pembuangan akhir? Botol-botol itu selamanya tidak akan pernah terurai sampai jutaan tahun sekaligus. Kaca sebenarnya cukup aman dan baik untuk lingkungan karena dapat digunakan berulang kali, dan dapat pula dengan mudah dilebur menjadi produk baru. Sayangnya tidak semua botol kaca mendapatkan perlakuan yang sama. Banyak juga botol yang tidak didaur ulang dan menjadi sampah.

Untuk botol-botol yang tidak didaur ulang ini, sebenarnya bisa kamu manfaatkan lho. Berikut beberapa ide recycle botol kaca yang bisa kamu praktikan di rumah:

1. Recycle Botol Kaca Menjadi Tempat Lilin

Ada dua cara untuk recycle botol kaca jadi tempat lilin.

Pilihan pertama: ambil botol kaca transparan, isi dalamnya dengan bebatuan, pasir, dan tanaman kering. Sisakan sebagian ruang di bagian atas botol untuk meletakkan lilin.

Pilihan kedua: ambil botol kaca transparan dan potong bagian bawahnya. Saat dibutuhkan, kamu tinggal menghidupkan lilin dan menutupnya dari bagian bawah. Jangan khawatir, lilin akan tetap menyala karena ada ruang udara terbuka di bagian atas. Oh iya, untuk tampilan yang lebih cantik, kamu bisa mengecat dan menghias botol dengan tali, atau stiker.

2. Recycle Botol Kaca Menjadi Wadah Barang Mungil

Ketimbang dibuang, yuk recycle botol kaca yang ada di rumah menjadi wadah barang-barang mungil. Kamu bisa menyimpan aneka peralatan seperti jarum, benang, kancing, dan klip kertas. Botol kaca bekas selai misalnya, juga bisa digunakan untuk menyimpan rempah-rempah seperti lada, ketumbar, dan cengkih.

3. Recycle Botol Kaca Menjadi Dinding Pemisah

Ide recycle botol kaca yang ini bisa kamu praktikkan kalau di rumah ada stok botol yang cukup banyak dalam ukuran yang kurang lebih sama. Cara membuatnya: Satukan botol kaca dengan lem atau tali. Lakukan satu persatu dan pastikan bagian dinding luar botol kaca sudah menempel satu sama lain. Teruskan kegiatan ini hingga tercapai sesuai lebar partisi yang diinginkan.

Tidak ingin repot menyatukan botol? Kamu bisa membuat partisi dengan menyusun kaca di lemari kayu bersekat.

Recycle botol kaca menjadi dinding pemisah.

4. Recycle Botol Kaca Menjadi Kemasan Kado

Ingin mengirimkan hadiah yang berkesan? Yuk coba recycle botol kaca yang ada di rumah jadi kemasan kado. Jika bagian atas botol terlalu kecil, kamu bisa memotongnya dulu. Gunakan bagian tengah botol (yang biasanya lebih lebar) untuk menyimpan hadiah. Ikat kemasan kado dari hasil recycle botol kaca itu dengan pita atau hiasan lainnya agar lebih cantik.

5. Recycle Botol Kaca Menjadi Wadah Bekal

Sering membeli selai dalam wadah kaca? Setelah isinya habis, kamu bisa menggunakannya kembali menjadi wadah bekal lho. Pertama bersihkan dulu bagian luar botol hingga stiker dan cap merek produknya hilang. Setelah itu, kamu bisa mengecat bagian luar botol dengan warna-warna kesukaan. Botol selai itu dapat kamu gunakan untuk menyimpan lauk, nasi, dan sayur.

6. Recycle Botol Kaca Menjadi Vas Bunga

Ini ide recycle botol kaca yang paling sering kita lihat. Caranya sangat mudah, tinggal diisi air secukupnya dan letakkan bunga dari bagian atas botol. Agar penampilan vas bunganya lebih cantik, kamu bisa menghias, mengecat, atau membelit badan botol dengan aneka tali.

Recycle botol kaca menjadi vas bunga

****

Bagaimana, pasti setelah ini sudah banyak rencana untuk recycle botol kaca di rumah jadi barang-barang bermanfaat nan cantik, kan? Recycle botol kaca adalah salah satu bentuk pertanggung jawaban kita pada sampah pribadi. Mulai sekarang yuk!