Tiket Anda
Not Interested

Cara Hidup Sehat dan Hemat ini Tidak Sulit, Cukup Lakukan 4 Hal Ini!

26 Februari 2019
#LiveSmart

Sering kebingungan lihat saldo tabungan di akhir bulan? Sudah mulai merasa besar pasak daripada tiang? Kalau begitu, artikel cara hidup sehat dan hemat ini pas sekali untuk kamu.

Gaya hidup sehat, jika dilakukan terus menerus akan membawa dampak yang baik untuk tubuh. Tidak hanya risiko penyakit jadi menjauh, tetapi urusan dompet juga jadi aman tenteram. Bagaimana prakteknya? Yuk baca 4 tips dari DBS berikut ini!

Jalan kaki adalah salah satu cara untuk  hidup sehat dan hemat.

1. JALAN KAKI UNTUK MENEMPUH LOKASI JARAK PENDEK

Apakah kamu tahu kalau kurang bergerak adalah salah satu penyebab buruknya kondisi kesehatan? Teknologi sangat memudahkan kita akhir-akhir ini. Membeli makanan bisa pesan online, berpindah dari satu tempat ke tempat lain bisa dengan taksi/ojek online, mengantar barang bisa pakai jasa kurir online. Di satu sisi memang menyenangkan dan menghemat waktu, tapi di sisi lain terlalu banyak menggunakan jasa mereka bisa membuat kita jadi malas.

Jalan kaki untuk menempuh lokasi dengan jarak pendek menjadi solusi cara hidup sehat dan hemat yang pertama. Jika cuaca, kondisi, dan waktu memungkinkan, cobalah berjalan kaki untuk bepergian di sekitar kantor atau sekadar membeli makan siang. Pada awalnya memang akan berat dan terkesan merepotkan, namun lama-kelamaan berjalan kaki akan memberikan dampak baik bagi tubuhmu. Selain lebih sehat karena lebih banyak bergerak, kamu juga bisa menghemat pengeluaran lho!

2. MASAK SENDIRI DAN MEMBAWA BEKAL DARI RUMAH

Pernah coba masak sendiri di rumah dan membawa hasil masakannya untuk bekal makan siang di kampus atau kantor? Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapat dengan memasak makananmu sendiri. Misalnya, kamu bisa menentukan menu sesuai selera, bisa memastikan jumlah nutrisi bahan masakan, dan sudah pasti lebih higienis.

Makanan sehat tidak selalu mahal lho. Jika kamu sudah berpikir demikian berarti iklan terkait gaya hidup sehat sudah membuatmu berpikir salah. Banyak sekali bahan makanan sehat yang bisa dibeli dengan harga murah, pun tersedia melimpah di pasar/supermarket.

Ketimbang masak salad dengan campuran sayuran impor, alih-alih kamu bisa merebus bayam atau buncis untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin.

Untuk kebutuhan protein juga begitu. Sesekali makan salmon tentu boleh saja, tetapi untuk jangka panjang, salmon bisa diganti dengan tuna atau tongkol. Jika bosan makan ikan, kamu bisa pilih protein dari tempe atau tahu yang harganya bahkan jauh lebih murah. Lakukan cara hidup sehat dan hemat ini mulai besok dan kamu akan terkejut melihat berapa banyak uang yang kamu sisihkan untuk tabungan bulan depan.

3. KURANGI JAJAN

Suka jajan di luar? Mulai sekarang yuk coba mengerem hasrat jajan kamu dengan membawa camilan sendiri dari rumah. Kadang-kadang kita jajan di mal bukan karena tubuh butuh makanan, tapi lebih ke tuntutan gaya hidup.

Ada kedai kopi kekinian baru buka, langsung nongkrong sepulangnya dari kantor. Ada warung jus dengan label sehat yang baru buka, langsung beli dua botol. Jika ingin kopi, tentu lebih murah menyeduhnya sendiri di rumah. Jika ingin minum jus, kamu bisa beli buah musiman dan menyimpannya di kulkas untuk diolah sewaktu-waktu.

Mengurangi jajan adalah hal penting menuju cara hidup sehat dan hemat. Ingat, hidup sehat tidak harus mahal. Gengsilah yang menaikkan tarif hidup sehat tersebut.

4. HINDARI AKTIVITAS/MEMBELI HAL YANG TIDAK PERLU

Berkumpul bersama teman-teman sepulang kantor pasti menyenangkan dan penting dilakukan sesekali sebagai cara bersantai dan bersosialisasi. Ketika berkumpul, usahakan cara hidup sehat dan hemat tetap kamu jalani ya. Sebaiknya tidak mengeluarkan biaya untuk membeli hal yang tidak perlu, misalnya rokok dan minuman beralkohol.

Merokok kelihatannya memang kecil, hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 20an ribu untuk satu kotaknya. Tapi bayangkan pengeluaran yang bisa kamu hemat jika kamu harus mengalikan jumlah itu dengan 30 hari. Sedangkan minuman beralkohol, tentu harganya cukup mahal, apalagi jika kamu tidak cukup minum satu kali.

Saat berkumpul dengan teman-teman, berlatihlah untuk memilih makanan/minuman yang tidak membuat efek buruk untuk tubuhmu dan tetap ramah di kantongmu.

***

Bagaimana, terlihat mudah bukan? Cara hidup sehat dan hemat bisa kamu lakukan mulai hari ini. Sembari memproteksi tubuh dari dalam, tambahkan proteksi dari luar dengan memilih produk asuransi kesehatan yang tepat, salah satunya MiWealth Protection atau Manulife Lifestyle Protector. Selain memberikan jaminan perlindungan biaya pengobatan, kita juga akan mendapatkan manfaat berupa nilai investasi yang terus bertambah