Tiket Anda
Not Interested

Apa itu biji lerak?

21 Juni 2019
#LiveKind

Untuk kamu yang sudah lama mengikuti Cleanomic tentunya sudah tahu mengenai buah lerak yang bisa menjadi alternatif dalam mencuci baju. Yuk, kita mengenal lebih dalam mengenai buah ini.

Apa itu biji lerak?

Biji lerak ditemukan di belahan timur dan barat, tetapi berasal dari India dan Nepal. Biji lerak secara tradisional telah digunakan sebagai ekspektoran, dan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk eksim dan psoriasis. Mereka adalah sekam, atau cangkang, dari buah yang dipanen dari sapindus mukorossi, pohon asli dari iklim hangat, hujan seperti yang ditemukan di Asia selatan.

Biji lerak atau dikenal juga sebagai rerek atau lamuran adalah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional yang zero waste. Dianjurkan juga jika kamu mencuci batik, buah lerak merupakan deterjen tradisional yang paling sesuai untuk menjaga warna batik kamu.

Biji lerak mengandung saponin, suatu alkaloid beracun yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci. Saponin bekerja sebagai surfaktan yang bisa mengangkat noda, minyak dan kotoran dari kain atau pakaian kamu saat di dalam air. Jadi, jangan kawatir noda di bajumu tidak terangkat ya. Walaupun biji lerak tidak menghasilkan buih busa yang biasa dilakukan oleh deterjen berbahan kimia, namun, biji lerak merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mencuci pakaianmu!

Bagaimana cara pemakaian biji lerak untuk mencuci pakaian?

Mudah banget! Setiap mencuci pakaian kamu hanya butuh 4 sampai 6 biji lerak yang dibungkus dalam kain kasa atau kain bekasmu, untuk setiap 1kg pakaian yang akan kamu cuci. Setelah kamu memasukkan pakaian mu dan rendam dalam air, lalu masukan biji lerak yang sudah dibungkus dan diikat ya jangan lupa sehingga biji lerak kamu tidak bertebaran ke dalam pakaianmu. Mudah kan?

Setiap biji lerak bisa kamu pakai hingga 10 kali pemakaian yah! Dikarenakan biji lerak ini merupakan deterjen tradisional tanpa bahan kimia, sebaiknya kamu bisa menambahkan essential oil sebagai pewangi pakaianmu. Beberapa essential oil yang menurut Cleanomic cocok adalah lavender atau citrus. Selamat mencoba! Jangan lupa share ceritamu ke social media Cleanomic yah!