Tiket Anda
Not Interested

Ampas Kopi Menumpuk Jadi Limbah, Segera Lakukan Ini

22 November 2019
#LiveKind

Hampir setiap hari kita mengonsumsi kopi, padahal ampas kopi yang menumpuk bisa jadi limbah yang membahayakan lingkungan. Kebayang enggak kalau hal ini dibiarkan, ada berapa banyak lagi limbah yang harus dibersihkan sampai bumi kita benar-benar sehat?

Menyadari fenomena ini, dua entrepreneur muda bernama Leanne dan Jake menemukan cara untuk mengurangi limbah ampas kopi melalui wirusaha sosialnya, X-Grounds. Keduanya berusaha untuk mengubah ampas kopi menjadi sabun batang. Gerakan mengubah sampah harian menjadi produk yang bisa digunakan sehari-hari diharapkan bisa membantu pengurangan limbah sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya konsep daur ulang dan upcycling. Mereka pun membuka layanan pengangkutan ampas kopi demi mengumpulkan ampas yang hendak didaur ulang.

Meski memiliki ide cemerlang yang inovatif, Leanne dan Jake harus menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah kesulitan mencari pemasok kopi yang ingin bekerja sama. Keduanya sadar bahwa mereka tak hanya mengubah kebiasaan masyarakat untuk mendaur ulang tapi juga pola pikir akan sampah itu sendiri.

Berusaha menemukan solusi baru, ide menarik pun muncul, yakni untuk menciptakan sebuah gerakan sosial zero-waste. Lalu, apakah ide ini berhasil menggaet pemasok kopi besar untuk turut bergabung dan menerima tawaran layanan pengangkutan ampas kopi? Tonton kelanjutan kisahnya di sini.