Tiket Anda
Not Interested

7 Cara Cepat Terbebas Dari Stress

29 Juli 2019
#LiveWell

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The American Medical Association, stres dapat memicu banyak penyakit, padahal stres sudah jadi hal umum yang dirasakan masyarakat. Nyatanya, hidup bahagia yang bebas stres bukan hal mustahil, lho! Simak 7 cara cepat bebas dari stres berikut ini.

1. Mulai hari dengan produktif

Sesaat setelah membuka mata dari tidur, kamu pasti langsung meraih handphone untuk melihat akun media sosial. Tak terasa kamu sudah menghabiskan 45 menit di atas tempat tidur. Sudah pasti ini bukan cara terbaik untuk bangun pagi. Pikir lagi, apa yang bisa membuat pagimu lebih bahagia? Mungkin hanya perlu 10 menit untuk membuat kopi atau bahkan 2-3 jam untuk olahraga. Apapun itu, segera lakukan sesaat setelah bangun.

2. Nikmati hidup tanpa diburu waktu

Salah satu pemicu stres adalah ketergesa-gesaan. Perasaan diburu waktu hanya akan membuatmu terpuruk. Coba hal ini: berkendara lebih lambat (tapi tetap awas), berjalan lebih lambat (jangan lari kecuali kamu lagi olahraga), mengunyah lebih lambat. Percayalah, kamu masih bisa bergerak lebih lambat dan tetap menyelesaikan semua tanggung jawab.

3. Meluangkan waktu

Kalau kamu selalu merasa dikejar tanggung jawab, kamu enggak akan bisa menikmati kehidupan yang bahagia. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk bersantai, kamu akan terpukau pada kehebatan dunia. Berjalanlah di pasir tanpa alas kaki, bermain dengan hewan peliharaan, menyaksikan matahari terbenam, berada dekat dengan alam, atau sekadar duduk di bangku taman.

4. Belajar bersyukur

Gunakan beberapa menit untuk memikirkan, apa yang membuatmu bangga? Apa yang membuatmu tersenyum baru-baru ini? Apakah ada seseorang atau peristiwa yang membuat hidupmu terasa lebih kaya (bukan secara materi)? Saat kamu mulai bersyukur, emosi negatif tak akan betah lama tinggal dalam hati.

5. Buat daftar kebahagiaan

Ada banyak hal yang bisa membuat kita tersenyum, terinspirasi, dan bahagia. Hal-hal ini bisa berupa lagu spesial, film, video, buku, olahraga baru, atau sekadar waktu yang dihabiskan bersama orang spesial. Gunakan 10 menit untuk mencatat hal-hal ini dalam jurnalmu. Simpan daftar tersebut dan baca saat kamu membutuhkan semangat baru.

6. Tersenyum

Mungkin ini hal simpel untuk bebas dari stres, tapi kekuatannya sangat kuat karena senyuman bisa menular! Penelitian bahkan menunjukkan bahwa aksi fisik seperti tersenyum dapat mendorong zat dalam otak untuk menciptakan rasa bahagia. So, smile your stress away!

7. Berada di tengah orang terkasih

Mungkin kamu justru malas berada di keramaian saat merasa sedih. Tapi, berada di tengah orang-orang yang mendukungmu justru bisa menciptakan semangat positif secara instan. Ketahui siapa saja yang membuat kamu bahagia dan utamakan mereka.

Pada akhirnya, kamu berhak untuk merasa bahagia. Jangan paksa diri untuk mengorbankan pikiran dengan harapan bisa mendapatkan kebahagiaan lebih pada masa depan. Kamu cukup memilih opsi untuk bahagia. Jadi, sudah siapkah kamu untuk bebas dari stres?

Sumber:

https://doktersehat.com/awas-stres-picu-berbagai-penyakit/

https://www.liputan6.com/health/read/2115213/5-manfaat-hebat-tersenyum?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F