Tiket Anda
Not Interested

6 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

26 Februari 2019
#LiveWell

Ginjal adalah satu organ dalam tubuh yang penting untuk dijaga kondisinya. Ginjal punya fungsi menyaring darah; menyaring dan membuang limbah seperti racun, garam berlebih, dan urea; memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh; mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah; mengatur sel darah merah; mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah; menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit; serta menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D.

Apa saja yang harus diperhatikan saat  menjaga kesehatan ginjal?

Agar fungsi ginjal berjalan baik, tentu saja organ ini harus dirawat. Cara menjaga kesehatan ginjal cukup mudah. Yuk baca selengkapnya di bawah ini:

1. MINUM AIR PUTIH YANG CUKUP

Mencukupi kebutuhan cairan penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Dikutip dari buku berjudul Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI), kebutuhan cairan bisa dihitung dengan rumusan kebutuhan kalori atau dengan berat badan.

Kebutuhan kalori: Setiap 1 kkal kebutuhan energi, dibutuhkan 1 ml air. Artinya jika kebutuhan rata-rata kalori adalah 2.000 kkal, kita membutuhkan 2,0 liter air.

Berat badan: Setiap 10 kilogram pertama berat badan, butuh 1 liter air. Lalu untuk 10 kilogram kedua, butuh 500 mililiter air. Sisanya, untuk setiap kilogram berat badan membutuhkan 20 mililiter air. Jika berat badan 50 kilogram, maka kebutuhannya adalah 1 liter (10 kilogram pertama) + 500 ml (10 kilogram kedua) + 600 ml (sisa 30 kilogram x 20 ml) = 2,1 liter per harinya.

2. KONSUMSI MAKANAN SEHAT

Mengawasi asupan makanan yang masuk juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Hindari makanan yang mengandung zat pewarna sintetik dan zat pengawet. Mengonsumsi minuman berwarna seperti teh atau kopi boleh saja. Tapi pastikan kamu menyeimbangkannya dengan minum banyak air putih.

3. OLAHRAGA RUTIN

Olahraga membawa banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan ginjal. Ketimbang melakukan olahraga terus-terusan dalam satu waktu, lebih baik berolahraga sekitar 15-30 menit secara rutin seminggu 3 kali. Aktivitas fisik akan membantu tubuh menjadi lebih bugar, mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, dan menjaga berat badan tetap stabil. 

4. TIDAK MENGKONSUMSI OBAT SEMBARANGAN

Saat kondisi tidak terlalu fit, kamu bisa jadi mengonsumsi suplemen, vitamin, atau obat herbal secara spontan. Pastikan tidak terlalu berlebihan mengkonsumsinya ya. Konsumsi obat yang tidak pasti dosisnya dapat membahayakan kerja ginjal. Jika dirasa butuh obat, konsultasikanlah masalahnya lebih dulu ke dokter. Tidak mengkonsumsi obat sembarangan adalah salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

5. JAGA KADAR GULA DARAH

Bagi pasien diabetes, pastikan mematuhi anjuran dokter agar kadar gula darah terkendali. Diabetes adalah salah satu masalah terbesar bagi kesehatan ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal. Setiap 24 jam, 143 orang dengan diabetes memulai pengobatan untuk gagal ginjal. Perhatikan pola konsumsi yang kamu jalani untuk menjaga kesehatan ginjal.

6. TIDAK MEROKOK

Rokok telah lama dikenal sebagai pemicu dan faktor risiko berbagai penyakit berat, termasuk penyakit ginjal. Merokok secara terus menerus dapat merusak pembuluh darah yang juga bisa mengurangi aliran darah di ginjal. Ketika ginjal tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, fungsinya menjadi tidak optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal. Hindari merokok untuk menjaga kesehatan ginjal kamu ya.

***

Ginjal adalah organ yang sangat penting untuk tubuh. Mari kita menjaga kesehatan ginjal mulai dari sekarang. Sembari memproteksi tubuh dari dalam, tambahkan proteksi dari luar dengan memilih produk asuransi kesehatan yang tepat, salah satunya MiWealth Protection atau Manulife Lifestyle Protector. Selain memberikan jaminan perlindungan biaya pengobatan, kita juga akan mendapatkan manfaat berupa nilai investasi yang terus bertambah.