Tiket Anda
Not Interested

19 Cara Menjadi Traveller Yang Bertanggungjawab

21 Maret 2019
#LiveKind

Karena traveling bukan cuma menghasilkan kenang-kenangan selfie atau IG story

Seorang pelancong adalah pendatang di sebuah daerah. Bayangkan seorang tamu datang ke rumah kita yang indah tapi ia hanya datang untuk foto-foto semata dan seenaknya membuang sampah sembarangan. Rasanya pengin mengusir mereka kan? Biar bagaimanapun kita harus menghormati tempat yang didatangi. Menjadi traveller yang bertanggungjawab berarti berusaha membantu menjaga kelestarian tempat wisata yang didatangi sekaligus perekonomian lokal. Kesadaran melakukan hal-hal yang bertanggung jawab bukan berarti kita jadi tidak menikmati kegiatan liburan. Malah justru membuat liburan lebih bermakna. Berikut 19 cara menjadi traveller yang bertanggung jawab:

1. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Di sekitar tempat tinggal kita pasti berusaha menjaga kebersihan, maka lakukan hal yang sama di negara atau kota lain, dong.

2. Menuruti Larangan Berfoto

Masih banyak hal lain yang bisa difoto, kok. Dan foto bukan cuma satu-satunya hal yang menandakan kita sudah berkunjung ke suatu tempat.

3. Tidak Melakukan Vandalisme

Analoginya ketika ada tamu yang tanpa izin mengukir namanya di tembok kita. Pasti bikin sakit hati.

4. Makan di Restoran Lokal

Dukung kesinambungan perekonomian lokal dengan makan di restoran yang dimiliki penduduk setempat.

5. Belanja di Pasar Lokal

Ini juga merupakan cara berkenalan lebih dalam dengan budaya lokal. Karena di pasar ini kita bisa berinteraksi serta membeli hasil bumi yang khas.

6. Hati-hati Dengan Wisata Yang Melibatkan Binatang

Menaiki gajah keliling kebun binatang memang nampak menyenangkan. Tapi pikirkan dampaknya bagi binatang tersebut. Beberapa aktivitas lain dengan binatang yang perlu kita hindari adalah atraksi lumba-lumba di kolam renang, memegang ikan saat snorkeling dan selfie dengan binatang. Lebih baik nikmati binatang di habitat aslinya tanpa harus terlibat lebih dekat.

7. Jangan Sembarangan Memberi Makan Binatang

Maksudnya baik, tapi efeknya bisa membahayakan si binatang. Beri makan binatang hanya bila makanan itu disediakan oleh ranger atau kebun binatang yang didatangi.

8. Reusable bag

Gunakan tas yang bisa dipakai ulang untuk berbelanja.

9. Bawa Botol Minuman

Isi botol minuman dengan air minum yang tersedia di penginapan sebelum bepergian. Kurangi kebiasaan membeli air mineral yang menghasilkan sampah botol plastik.

10. Hindari Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik merupakan sampah plastik sekali pakai yang sangat mengganggu lingkungan. Budayakan minum langsung dari gelas atau bawa sedotan ramah lingkungan.

11. Patuhi Norma Setempat

Selalu ingat bahwa kita hanyalah pendatang. Artinya kita wajib mematuhi aturan berbusana dan bersikap agar perjalanan kita aman dan nyaman.

12. Cari Pengalaman Kultural

Mengunjungi bukit Warinding dan pantai Mandorak di Sumba pastinya asyik banget. Tapi lengkapi pengalaman kita dengan memahami kebudayaan khasnya di kampung adat Ratenggaro atau Praijing.
Pengalaman wisata kita niscaya akan semakin kaya bila dilengkapi pengetahuan baru tentang adat tempat yang dikunjungi.

13. Minta Izin Sebelum Mengambil Foto

Mengambil foto candid ekspresi seseorang dari suku tertentu yang sedang mengenakan busana khas daerahnya memang akan menghasilkan foto yang bagus. Tapi hormati keberadaan mereka dengan meminta izin terlebih dahulu. Karena kita pun tentu keberatan bila ada orang asing tiba-tiba memotret, apalagi lalu menaruhnya di sosial media.

14. Pelajari Bahasa Lokal

Saat di Bali, memanggil pria lokal dengan sebutan, “Bli,” dan “Geg,”untuk perempuan, akan membuat kita berusaha menghormati asal usul mereka.

15. Menawar Harga Secara Wajar

Kain tenun yang diberi pewarna alami tersebut dibuat selama sebulan lebih. Maka hargai kerja keras penenunnya.

16. Jangan Sembarangan Memberikan Sumbangan

Uang yang kita berikan pada pengemis pinggir jalan hanya akan membuat mereka semakin malas dan bergantung pada belas kasihan turis. Lebih baik donasikan uang tersebut kepada lembaga sosial yang ada di daerah tersebut.

17. Kurangi Polusi Udara

Cara mudahnya adalah berjalan kaki, naik transportasi lokal atau naik sepeda.

18. Mengerti Berita atau Acara di Daerah Yang Kita Datangi

Blue fire yang ada di kawah Ijen di Banyuwangi ternyata semakin hari semakin kecil akibat konflik antara penambang dan perusahaan tambang setempat. Semakin banyak penambang yang beralih profesi sebagai guide mengurangi pendapatan perusahaan. Bekal informasi semacam ini bisa jadi pertimbangan saat hendak mengunjungi suatu tempat supaya perjalanan menjadi efisien.

19. Be Kind

Bagikan senyum dengan murah hati. Hormati orang lain. Berwisata berarti menghadapi ketidakpastian yang seringkali di luar kendali. Nikmati dan anggap sebagai pelajaran yang berharga.

Sebelum liburan tengah tahun mulai ramai, pesan dari sekarang tiket dan hotel yang kita inginkan di Booking.com. Ada Cashback hingga 10% melalui laman INI. Lihat juga promo Online Travel Fair Kartu Kredit digibank di SINI!

Apply Kartu Kredit