Tiket Anda
Not Interested

Tips Cara Menggunakan Komputer Agar Mata Tetap Sehat Meski Berlama-lama Menatap Layar.

27 November 2018
#LiveWell

Apakah kamu sering berlama-lama di depan laptop, di depan komputer, atau di depan smartphone entah untuk alasan pekerjaan, alasan tugas sekolah atau kuliah, dan juga alasan lain seperti untuk hiburan? Jika iya, artikel soal materi kesehatan mata dan cara menggunakan komputer ini penting sekali untuk kamu baca sampai selesai.

Memandang layar dalam waktu lama bisa menyebabkan beberapa masalah pada mata,  mulai dari mata merah, mata lelah, dan kadang-kadang bahkan berair. Masalah pada mata ini tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa tapi juga bisa berdampak pada kesehatan mata anak. Jangan diabaikan ya.

Mata lelah yang dibiarkan begitu saja bisa mengganggu kualitas hidup dan aktivitasmu. Umumnya mata lelah akan membaik sendiri setelah beristirahat. Agar matamu tidak sakit atau parahnya mengalami gangguan penglihatan, yuk cek tips kesehatan mata dari DBS ini!

Memandang layar dalam waktu lama bisa menyebabkan beberapa masalah pada mata,  mulai dari mata merah, mata lelah, dan kadang-kadang bahkan berair.

1. Atur Cahaya dan Posisi Layar

Tips pertama ini cukup mudah dilakukan. Setiap komputer/laptop/smartphone sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengatur pencahayaan pada layarnya. Sesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan lingkungan di sekitarmu. Sebaiknya cahaya yang terpancar tidak terlalu terang hingga membuat mata sakit atau malah terlalu gelap sehingga mata butuh usaha keras untuk melihat. Pilih tingkat kecerahan yang paling nyaman untuk mata.

Untuk posisi layar dari mata, disarankan sekitar 50-60 cm. Jika menggunakan komputer pada meja, lengkapi dengan kursi yang dapat diatur posisinya agar lebih mudah untuk maju/mundur dari layar.

2. Kedipkan Mata Berkala

Saat sedang serius bekerja, frekuensi kedipan pada mata jadi berkurang dan mata jadi gampang kering serta lelah. Untuk mengantisipasinya, mulai sekarang yuk praktekkan tips kesehatan mata ini:

  • Kedipkan mata minimal 5 kali setiap 10 menit menatap layar.
  • Cabut pandangan dari layar selama 20 detik setiap bekerja selama 20 menit.
  • Olahragakan mata saat istirahat. Caranya dengan melihat objek yang jauh beberapa detik, lalu melihat objek yang dekat posisinya beberapa detik. Lakukan beberapa kali.
  • Putar bola mata dengan melihat sekitarmu. Mulai dari atas, ke kanan, ke bawah, ke kiri, lalu ke atas lagi. Ulangi beberapa kali.
  • Jika matamu terasa sangat kering dan mengedip-ngedipkan mata tidak membantu banyak, obet tetes mata dapat menjadi solusi.

3. Ambil Jeda Untuk Meregangkan Tubuh

Ketika bekerja, kemungkinan untuk lupa waktu sangatlah besar. Untuk itu disarankan menyetel alarm setiap tiga jam sekali untuk meregangkan tubuh di depan komputer dan memijat area di sekitar mata juga agar aliran darah menjadi lancar. Memijat mata dipercaya punya manfaat menjaga kesehatan mata dan agar mata menjadi segar kembali.

Jika bisa, sebaiknya berjalanlah ke luar ruangan, dan beri kesempatan pada mata untuk melihat rimbun pepohonan. Kalau lokasimu tidak memungkinkan untuk memandang pohon, mungkin ini saatnya untukmu menanam tumbuhan berdaun hijau dalam pot.

Menatap warna-warna kehijauan selama beberapa menit dipercaya tidak hanya dapat membuat mata nyaman, namun dapat juga membuat perasaan lebih tenang. Pemanasan sedikit ditambah pemandangan indah sedikit semoga dapat membuatmu bersemangat kembali melanjutkan aktivitas.

Bagaimana tips kesehatan mata dari DBS ini? Cukup mudah dipraktekkan bukan? Semoga tujuan menjaga kesehatan mata tercapai ya. Sebarkan info cara menggunakan komputer ini agar semakin banyak temanmu yang terbantu ya.