Tiket Anda
Not Interested

Mudah Dibuat, 3 Menu Makan Siang Sehat ini Cocok untuk Pekerja Kantoran!

7 Januari 2019
#LiveWell

Menjaga asupan gizi dan nutrisi yang baik penting dilakukan agar tubuh tetap sehat. Membawa bekal makanan buatan sendiri di kantor akan membuat kamu lebih mudah mengatur jenis nutrisi, jumlah nutrisi, dan rasa makanannya.

Menu makanan dapat dikatakan bergizi seimbang jika sudah mengandung karbohidrat kompleks, protein, sayuran, buah, dan lemak baik.

Berikut beberapa contoh menu makan siang sehat di kantor untuk kamu. Menu ini mudah dibuat dan pastinya kaya gizi. Selamat mencoba:

1. Sandwich

Sandwich alias roti isi bisa jadi salah satu pilihan menu makan siang sehat dan praktis. Sandwich dapat dikreasikan dengan berbagai bahan makanan. Kamu bisa mengisi roti dengan selai kacang dan potongan buah-buahan, atau mengisinya dengan pilihan protein seperti daging sapi, daging ayam fillet, telur, ikan, atau keju. Sandwich juga bisa diisi dengan buah seperti alpukat atau sayuran rebus dengan tambahan sumber protein, baik hewani maupun nabati.

Saat mengisi roti, pastikan tidak terlalu banyak menggunakan saos mayonaise dan mentega karena dua bahan tersebut mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh.

Menu makan siang sehat seperti ini cocok dikonsumsi oleh pekerja kantoran yang tak terlalu banyak  beraktifitas fisik di kantor. Sandwich juga sering dipakai sebagai menu makan siang sehat untuk diet. 

Kamu bisa mengisi sandwich dengan selai kacang dan potongan buah-buahan, atau mengisinya dengan pilihan protein seperti daging sapi, daging ayam fillet, telur, ikan, atau keju.

2. Salad Sayuran

Salad sebagai menu makan siang? Benar! Jika dikreasikan dengan resep makan siang yang pas, salad bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu, lho!

Salad adalah sumber makanan tinggi serat. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu mencuci bersih sayuran hijau, dan memotongnya kecil-kecil saat akan berangkat ke kantor. Agar nutrisinya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, padukan salad bikinanmu dengan sumber karbohidrat seperti kentang bakar atau kentang rebus, dan sumber protein seperti potongan daging ayam tanpa kulit. Sama seperti sandwich, pastikan tidak terlalu banyak menggunakan saus mayonaise karena mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh.

Padukan salad dengan sumber karbohidrat seperti kentang bakar atau kentang rebus, dan sumber protein seperti potongan daging ayam tanpa kulit.

3. Nasi + Sayuran + Protein

Apakah kamu merasa ada yang kurang kalau belum makan nasi? Sebenarnya hal itu wajar saja karena sejak kecil nasi sudah dikenalkan sebagai makanan pokok. Nasi aman dikonsumsi setiap hari jika kamu bisa mengatur porsinya dengan tepat. Jika ingin membuat menu makan siang untuk diet, kamu bisa mengganti nasi dari beras putih ke beras merah.

Kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan membuat perut kenyang lebih lama dan menyehatkan pencernaan. Sebagai pelengkap nasinya, masaklah sayuran tumis atau rebus dan lengkapi menu makan siang yang enak ini dengan sumber protein seperti ayam panggang, daging tumis, atau ikan rebus.

Menu makan siang sehat yang enak sesungguhnya mudah didapatkan dan biayanya cukup murah jika disiapkan dari rumah. Kombinasikan menu makan siang sehat itu dengan berbagai macam sayuran yang ada disekitar. Tidak harus sayuran impor lho, sayuran lokal seperti bayam, wortel, bunga kol, dan brokoli sudah sangat baik dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisimu.

Menu makan siang sehat yang enak sesungguhnya mudah didapatkan dan biayanya cukup murah jika disiapkan dari rumah