Tiket Anda
Not Interested

Menyulap Sampah Jadi Kerajinan Plastik. Layak Dicoba!

27 November 2018
#LiveSmart

Mengapa kita harus repot-repot mengolah sampah jadi produk kerajinan dari plastik? Jadi begini, setiap orang itu punya potensi menghasilkan sampah sekitar 800 gram setiap harinya. Kelihatannya kecil, tapi bayangkan berapa banyak sampah yang kita hasilkan kalau dikali 365 hari alias 1 tahun? Jumlahnya 292 kg! Banyak sekali bukan?

Soal sampah ini sudah jadi darurat nasional. Situs Forbes bahkan pernah merilis berita yang isinya Indonesia merupakan salah satu dari 5 negara di Asia yang membuang sampah plastik ke laut terbanyak dibandingkan dengan gabungan negara-negara lain di seluruh dunia. Miris sekali ya. Sampah bukan hanya masalah di Asia saja. Faktanya, negara sebesar Amerika Serikat yang menghasilkan sampah plastik sebanyak 33.6 juta ton dan hanya 9.5% saja yang didaur ulang.

Mengelola sampah pribadi adalah bentuk sumbangsih untuk kelestarian lingkungan. Ini memang kerja berat, tapi ketimbang berpikir jauh lebih baik memulainya dari diri sendiri dengan melakukan beberapa cara, misalnya berbelanja dengan kantong belanja sendiri, menukar sedotan plastik dengan sedotan stainless/bambu, dan membawa selalu kotak makan dan botol minum.

Meski sudah mencoba mengurangi sampah, kadang-kadang karena satu dan lain hal kita terpaksa membeli minuman dalam kemasan. Jika hal itu terjadi, jangan buang sampahmu di luar, tetapi bawa pulang ke rumah untuk dijadikan kreasi dari plastik. Berikut beberapa ide kerajinan dari plastik yang bisa kamu coba di rumah.

1. Sulap Botol Plastik Jadi Pot Tanaman

Manfaatkan botol plastik bekasmu untuk dijadikan pot tanaman. Caranya mudah, hanya dengan memotong sebagian bagian badan botol plastik untuk memasukkan tanah dan tanaman. Jangan lupa membolongi bagian bawah pot tanaman agar air yang berlebih bisa turun dengan mudah. Bikin ceria pot tanamanmu dengan memberi warna dan gambar pada botol dengan cat.

Taraa, tidak hanya kamu sudah berhasil mengurangi sampah tetapi juga sekaligus memperindah rumah, lho.

Menyulap botol plastik menjadi pot tanaman.

2. Pembatas Lemari Unik dari Botol Plastik

Ini juga cara mudah untuk membuat kerajinan dari plastik. Kamu hanya perlu memotong bagian tengah botol, lem masing-masing botolnya menjadi satu, dan letakkan di lemari. Pembatas lemari unik kreasi dari plastik ini akan memudahkan kamu mencari pakaian, aksesoris, dan lainnya.

Memanfaatkan botol atau gelas plastik sebagai pembatas di dalam lemari.

3. Ubah Sampah Jadi EcoBrick Serbaguna

Sudah pernah membuat ecobrick dari sampah plastik? Ecobrick ini sangat mudah dibuat dan bahannya seratus persen sampah! Membuat ecobrick butuh waktu cukup panjang, tetapi sampah yang diserap sangat banyak.

Berikut cara membuatnya:

  • Kumpulkan botol minuman kemasan, pisahkan sesuai tinggi dan bentuk botol.
  • Kumpulkan sampah plastik di rumah, bersihkan sampah, lalu potong kecil-kecil.
  • Isi potongan sampah plastik ke dalam botol minuman. Pastikan mengisinya dengan padat agar ecobrick kuat dan kokoh.
  • Jika sudah banyak ecobrick yang penuh, jadikan satu dengan lem atau tali dan gunakan sesuai keperluan. Gabungan Ecobrick bisa jadi kursi, meja, bahkan dinding!

Membuat ecobrick dari sampah plastik

Sudah siap untuk berubah demi bumi yang lebih bersih? Yuk buat kerajinan dari plastik sekarang juga! Mari bertanggung jawab, mulai dari diri sendiri.