Tiket Anda
Not Interested

Bingung Mau Melanjutkan Kuliah Ke Mana? Kuliah di Luar Negeri Aja Yuk

23 Agustus 2018
#LiveSmart

Sudah selesai S1 lalu langsung ingin melanjutkan kuliah lagi? Atau mungkin saat ini kamu sudah bekerja sekian tahun tapi ingin kembali sekolah lagi? Kenapa gak coba untuk kuliah di luar negeri saja? Selain dari segi kualitas yang telah teruji, ternyata ide melanjutkan kuliah di luar negeri punya banyak kelebihan lain. Apa saja sih kelebihan melanjutkan kuliah di luar negeri? Simak alasan berikut ini!

Kuliah di luar negeri punya kelebihannya tersendiri

3 Alasan Kuat Untuk Kuliah di Luar Negeri:

1. Punya teman dari berbagai belahan dunia

Tergantung jurusan kuliah di luar negeri yang kamu pilih, apabila negara yang kamu pilih seperti Jepang, Cina, Eropa, dan negara lain yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, kelas internasional yang berbahasa Inggris umumnya memiliki kesempatan mengenal lebih banyak teman dari berbagai belahan dunia. Tapi kalau kamu memilih kuliah di negara seperti Amerika atau Inggris yang multikultural, teman yang kamu punya juga akan memiliki latar belakang yang cukup beragam.

Kuliah di luar negeri, otomatis lingkungan yang kamu masuki akan jauh berbeda dengan lingkungan di negara asalmu. Perbedaan budaya dalam dunia pergaulan baru kamu, akan membuat wawasan kamu lebih luas karena kamu akan mengenal orang-orang yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa berbeda. Selain wawasan kamu menjadi lebih terbuka, dengan memiliki pengalaman kuliah di luar negeri, nantinya kamu akan jauh lebih bertoleransi dan menghargai perbedaan.

2. Belajar untuk bertahan hidup

Apakah kuliah di luar negeri ini merupakan pertama kalinya kamu memasuki dunia baru, jauh dari rumah dan orang tua? Kalau ya, dengan berada di dunia yang asing dan jauh dari rumah, kamu akan belajar untuk bertahan hidup dan jadi lebih mandiri. Homesick juga dapat menjadi tantangan tersendiri untuk kamu. Belum lagi ditambah dengan kendala komunikasi apabila kamu tidak menguasai bahasa setempat. Semua hambatan ketika kuliah di luar negeri tersebut akan memberikan pengalaman baru dan membuat kamu menjadi lebih dewasa dalam hidup.

3. Kemampuan bahasa asing yang akan meningkat

Universitas yang kamu pilih untuk kuliah di dalam juga sebenarnya tidak kalah dengan universitas untuk kuliah di luar negeri. Bedanya? Kalau kamu kuliah di dalam negeri, dalam berkomunikasi sehari-hari kamu tetap saja akan menggunakan bahasa kamu sendiri. Dalam hal ini adalah bahasa Indonesia. Dengan kuliah di luar negeri, kemampuan bahasa asing kamu, minimal bahasa inggris, akan meningkat jauh.

Syarat kuliah di luar negeri salah satunya memang kamu harus memiliki sertifikat bahasa dengan minimal nilai sesuai persyaratan universitas atau jurusan yang kamu tuju. Selain itu, mau bagaimana dong? Untuk memesan makanan saja kamu diharuskan menggunakan bahasa inggris atau bahasa lokal negara pilihan kamu. Mau tidak mau harus belajar berkomunikasi dong ya? Kalau gak, gimana kamu akan bertahan hidup ketika kuliah di luar negeri?


Memilih kuliah di luar negeri tentunya memerlukan persiapan yang matang. Lagi cari cara kuliah di luar negeri gratis? Banyak kok informasinya tersebar di internet. Apabila nilai kamu di atas rata-rata, kamu bisa mencoba mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri. Tapi kalau nilai kamu tidak cukup untuk mengajukan beasiswa? Gak perlu malu untuk mengajukan proposal kepada orang tua kamu sendiri. Dengan alasan yang tepat, kamu bisa bersama-sama membuat perencanaan dan memilih jurusan kuliah di luar negeri dengan orang tua kamu. Untuk memiliki rasa aman dan nyaman, segera siapkan langkah besar untuk masa depanmu bersama Manulife.