Tiket Anda
Not Interested

Baik untuk Tubuh, Ini 4 Manfaat Jogging yang Harus Kamu Ketahui!

7 Januari 2019
#Livewell

Untuk melakukan jogging, pastikan kondisi tubuh sedang baik. Tidak perlu memaksakan diri jika kondisi badan tidak fit atau sedang kurang tidur karena malah akan bikin olahraga tidak efektif. Oh iya, gunakan sepatu yang nyaman agar kaki/jari-jarimu tidak kesakitan dan lecet saat jogging dilakukan ya.

Jogging bisa dilakukan tidak terbatas waktu. Ada yang melakukan jogging pada pagi hari, siang, sore, atau malam hari. Kebanyakan orang memilih jogging saat pagi saat cuaca belum terlalu panas. Durasi jogging bisa disesuaikan dengan keinginan. Manfaat jogging 30 menit secara teratur setiap hari sangat banyak, yang umum diketahui adalah untuk menjaga kondisi jantung.

Manfaat jogging untuk diet dan manfaat jogging untuk kecantikan juga menjadi alasan orang-orang menekuni olahraga ini. Jika cara jogging yang benar sudah dilakukan, maka segala manfaat yang diinginkan tentu saja bisa tercapai.

Jogging bisa dilakukan tidak terbatas waktu. Pastikan kondisi tubuh sedang baik.

Buat kamu yang ingin menjajal olahraga ini, berikut beberapa manfaat jogging di pagi hari untuk tubuhmu:

1. Bikin Gak Gampang Sakit

Jogging secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu. Hal inilah yang membuat badan kamu lebih kebal terhadap serangan penyakit berbahaya.

2. Menjaga Kondisi Tulang

Ketika tidak berolahraga, banyak risiko yang muncul pada tubuh, salah satunya adalah pengeroposan tulang. Sebagai informasi pengeroposan pada tulang ini tidak hanya terjadi pada lansia ya, kamu yang berusia muda juga punya risiko yang sama. Penuaan memang tidak bisa dicegah, tetapi kita bisa menua sehat dengan menjaga kondisi otot dan tulang tetap kuat dengan melakukan jogging di pagi hari.

3. Menghindari Stress

Jogging dapat melatih kinerja jantung dan paru-paru dan melancarkan aliran darah dan oksigen. Jogging juga dapat meningkatkan mood baik karena saat jogging tubuh menghasilkan hormon endorfin yang bertugas merangsang munculnya rasa bahagia. Saat jogging, otomatis stres yang kamu rasakan akan berkurang.

4. Menurunkan Berat Badan

Jogging banyak dipilih sebagai olahraga pendamping dalam program diet. Jogging membantu membakar lemak berlebih di beberapa bagian tubuh seperti perut, pinggang, dan pinggul. Jika dilakukan teratur, tubuh yang aktif jogging akan menjadi lebih langsing dan padat.

Banyak cara yang dilakukan agar jogging menjadi rutin. Ada yang jogging bersama teman, ada yang jogging sambil mendengarkan musik, ada yang jogging di running track pusat kebugaran/pusat olahraga permukiman. Apapun cara yang kamu lakukan tidak masalah, terpenting lakukan jogging secara teratur agar manfaatnya bisa kamu dapatkan maksimal.