Tiket Anda
Not Interested

7 tips packing efektif agar koper ringan saat traveling

10 Juli 2018
#LiveAwesome

Kegalauan paling utama menjelang traveling secara umum adalah saat harus packing. Gimana caranya supaya semua barang yang dibutuhkan bisa masuk koper. Tanpa overweight dan tertata dengan baik serta rapi. Enggak perlu bawa gembolan tambahan yang malah membuat perjalanan jadi makin repot. Berikut 7 tips packing efektif agar koper ringan saat traveling:

1. Gulung pakaian

Ini dia rahasia para traveler jagoan. Menggulung pakaian serupa botol wine. Menggulung pakaian akan menghemat tempat daripada melipatnya. Pakaian pun akan terhindar dari kusut bila dilipat. Oleh karena itu pilih bahan pakaian yang tidak mudah kusut, seperti dari bahan jeans, jersey, polyester katun.

2. Maksimal 3 sepatu

Aturan dasar packing alas kaki adalah membawa satu sandal kasual, sneakers dan sepatu untuk acara formal atau malam. Tapi ini pun tergantung dari kegiatan yang akan dilakukan selama mudik. Hal paling penting saat berangkat, pakai sepatu yang paling berat dan masukkan dua sepatu lain di koper.

3. Manfaatkan segala ruang

Sepatu yang ada di koper bisa dimanfaatkan menjadi tempat kabel dan kacamata hitam sehingga menghemat tempat dalam koper. Membawa pembalut untuk menstruasi jangan dalam satu kotak, melainkan dilepaskan dari kemasan lalu setiap pembalut diselipkan di antara ruangan yang ada di koper.

4. Atur pakaian yang dibawa

Hindari membawa kebanyakan pakaian dengan melakukan seleksi yang efisien. Cara pertama, pilih pakaian-pakaian yang netral dan serba guna, seperti tshirt putih, jeans dan dress hitam untuk perempuan. Untuk lelaki kita bisa memilih jeans, kemeja putih, celana hitam, polo shirt biru gelap. Lalu untuk padu padan tambahkan warna-warna lain yang diinginkan. Bagi perempuan warna-warna lain tersebut bisa dipilih dalam bentuk blus dan rok. Sementara lelaki dalam bentuk kemeja atau kaos. Pastikan semua pakaian akan dipakai sebanyak minimal dua kali. Kurang dari itu, tinggalkan di rumah!

5. Tak wajib membawa toiletries

Bila kita tinggal di hotel, tak perlu membawa perlengkapan mandi dan gunakan yang disediakan di tempat menginap. Biasanya di tempat saudara menginap pun tersedia sabun dan shampoo yang bisa digunakan. Lagipula kita pun bisa cari toko di tempat tujuan untuk membeli perlengkapan mandi, lho.

6. Vacuum bag untuk pakaian kotor

Seringkali pas berangkat koper rapi, tapi saat pulang amburadul gara-gara pakaian kotor yang terlipat secara berantakan dalam plastik. Gunakan vacuum bag atau plastik kedap udara untuk menaruh semua pakaian kotor. Plastik kedap suara ini bisa mencegah bau menguar sekaligus menghemat space koper hingga 80 persen. Silakan pakai ruang ekstra tersebut untuk bawa oleh-oleh atau belanjaan kita.

7. Anti ribet gadget

Pilih gadget apa yang paling dibutuhkan selama traveling. Apakah benar kita butuh hair dryer? Laptop harus dibawa? Rapikan kabel dengan melipatnya lalu diikat memakai karet. Kita juga bisa membawa organizer yang memiliki kompartemen seperti tas toiletries, untuk menaruh tetek bengek gadget yang dibawa.

Selamat berlibur dan menikmati waktu santai!