Tiket Anda
Not Interested

5 Jajanan Tradisional Indonesia yang Akan Bikin Kamu Ketagihan

3 Agustus 2018
#LiveAwesome

Sudah tahu dong kalau sebagai surga kuliner, makanan Indonesia sangat beragam. Walaupun sudah banyak masuk kuliner dari negara luar, jajanan tradisional Indonesia tetap melekat di hati. Biasanya juga nih, orang Indonesia yang merantau ke luar negeri akan senang sekali ketika bertemu dengan kue tradisional Indonesia.

Berikut adalah lima jajanan pasar Indonesia yang tetap dicari:

1. Kerak telor

Jajanan tradisional yang satu ini berasal dari Jakarta. Sempat ada masanya penjual kerak telor hanya dapat ditemukan di tempat tertentu dan pada periode Pekan Raya Jakarta. Namun saat ini, kerak telor sudah mulai mudah ditemui di mana-mana di Jakarta, bahkan sampai di kota-kota lain di luar Jakarta.

Jajanan tradisional Betawi ini terbuat dari bahan utama beras ketan dan telor bebek. Biasanya ada pilihan berapa telur bebek yang kamu inginkan, bisa satu bisa lebih. Kerak telor ini dimasak sampai agak mengeras seperti layaknya makanan yang berkerak di wajan. Disajikan bersama ebi, bawang goreng, dan serundeng kerak telor ini dapat menjadi camilan tradisional yang cukup mengenyangkan.

Kerak telor, jajanan tradisional Betawi.

2. Kue cucur

Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu, dan gula merah cair. Bentuknya seperti kue dadar atau panekuk dan berwarna cokelat. Apabila kue cucur ini baru matang, aroma gula merahnya pasti akan menguar mengundang selera. Sangat nikmat dimakan selagi matang bersama minuman kesukaan kamu.

Kue cucur terbuat dari tepung beras, tepung terigu, dan gula merah cair.

3. Serabi

Serabi atau surabi merupakan jajanan tradisional sejenis kue dadar mirip kue cucur yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut. Sebagian besar dari kamu mungkin hanya tahu jenis kue serabi tradisional yang manis, padahal ada versi asinnya juga lho. Biasanya kue serabi ini menjadi oleh-oleh khas kota Solo atau kota Bandung.

Saat ini di beberapa kota juga sudah banyak yang membuka gerai seperti kedai atau warung yang hanya menjual serabi sebagai hidangan utamanya. Biasanya untuk tempat nongkrong bersama teman atau keluarga. Dengan adanya kedai-kedai serabi, kesan serabi sebagai jajanan tradisional yang kuno menjadi semakin berkurang di mata anak muda.

Kue serabi ini menjadi oleh-oleh khas kota Solo atau kota Bandung.

4. Onde-Onde

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia. Mudah ditemukan di pasar atau di pinggir jalan bersama gerobak gorengan. Onde-onde berbentuk bulat dengan taburan wijen putih di atasnya. Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau ketan yang diisi pasta kacang hijau lalu digoreng. Ukurannya juga bervariasi, dari yang cukup besar sampai yang mini langsung hap.

Onde-onde mudah ditemukan di pasar atau di pinggir jalan bersama gerobak gorengan.

5. Klepon

Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Klepon berbentuk bulat seperti onde-onde, bedanya pada tekstur dan isi. Camilan tradisional ini dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola-bola kecil, diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Setelah matang, klepon ini dibalurkan dengan kelapa parut.

Tips untuk kamu yang belum pernah makan klepon, masukkan seluruh kue ke dalam mulut agar gula cairnya meleleh di dalam mulut. Sungguh nikmat bukan?

Tips makan klepon, masukkan seluruh kue ke dalam mulut agar gula cairnya meleleh di dalam mulut.

Selain menjadi teman minum teh atau kopi di sore hari, jajanan tradisional di atas juga bisa untuk memperkenalkan kekayaan budaya kuliner Indonesia kepada orang asing lho. Kalau kamu punya teman datang dari luar negeri, jangan lupa ajak mereka untuk menikmati jajanan pasar atau jajanan tradisional Indonesia.