Tiket Anda
Not Interested

3 Cara Menuju Berat Badan Ideal Tanpa Turun dari Tempat Tidur

27 November 2018
#LiveWell

Ingin menurunkan berat badan tetapi merasa kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga? Banyaknya aktivitas yang dilakukan sehari-hari seperti bekerja, bersosialisasi dengan rekan kerja dan teman lama, hingga pekerjaan rutin mengurus rumah tangga, membuat kita bisa jadi tidak sempat menyisihkan waktu khusus untuk olahraga. Padahal, olahraga adalah kegiatan yang seharusnya dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan juga jadi cara cepat untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Kebanyakan orang menganggap pagi hari adalah waktu yang tepat, dan itu tidak salah. Pada pagi hari, udara di luar rumah masih segar, cocok sekali untuk kamu yang senang berolahraga di luar rumah. Olahraga pada pagi hari juga membantu otak melepaskan hormon endorfin yang membuat perasaan bahagia.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari olahraga di pagi hari adalah metabolisme tubuh akan meningkat dan membantu pembakaran kalori sepanjang hari. Proses pembakaran kalori ini membantumu mencapai berat badan ideal. Meski demikian, jangan batasi waktu berolahraga ya, karena sampai saat ini tidak ada bukti penelitian yang menjelaskan tentang waktu yang paling tepat untuk olahraga. Perhatikan saja ritme tubuhmu dan pilih waktu di mana kamu merasa paling siap untuk berolahraga.

Kalau tadi bicara waktu untuk olahraga, sekarang saatnya bicara lokasi olahraganya. Beberapa orang memilih berolahraga di pusat kebugaran, beberapa lagi memilih olahraga di lapangan, dan sisanya mungkin lebih senang berolahraga di rumah. Untuk kamu yang memilih berolahraga di dalam rumah, lokasi olahraganya juga bisa bervariasi, lho. Kamu bisa memilih olahraga di ruangan, di teras, atau di kasur!

Berikut gerakan olahraga di kasur yang DBS rekomendasikan sebagai cara menguruskan berat badan dan juga jadi cara mengecilkan perut:

LEG LIFTS

Leg Lifts

Ikuti panduan berikut ini untuk melakukan gerakan leg lifts:

  • Berbaringlah telentang lebih dulu, dengan kedua kaki terentang lurus di depan.
  • Kemudian, tekuk lutut dan angkat kedua kaki.
  • Berikutnya, luruskan kaki sampai ujung kaki mengarah ke langit-langit.
  • Jika kaki sudah tegak lurus, turunkan kaki ke posisi awal dengan perlahan.
  • Ulangi langkah ini sebanyak 20 kali.

Leg lifts banyak menggunakan otot perut. Jika dilakukan secara rutin, bisa membantumu mengecilkan perut.

TOE TOUCHES

Toe Touches

Gerakan toe touches ini apabila dilakukan sambil tiduran, bisa bantu mengecilkan perut dan membuat otot perut lebih kencang. Selain otot perut, toe touches juga membuat otot paha ikut terlatih.

Cara melakukannya:

  • Berbaringlah telentang lebih dulu, dengan kedua kaki terentang lurus di depan.
  • Angkat kedua kaki ke atas dan rapatkan sehingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh.
  • Berikutnya, angkat salah satu atau sekaligus kedua tangan ke atas hingga sejajar lurus dengan dada.
  • Pegang ujung jari pada kaki dengan ujung jari tangan.
  • Usahakan jari-jari saling menyentuh dengan mengangkat kepala dan punggung bagian atas.
  • Ulangi langkah ini sebanyak sebanyak 20 kali.

HALF BRIDGE

Half Bridges

Gerakan half bridge ini berguna untuk mengencangkan otot perut dan mengecilkan perut, serta dapat mengencangkan otot bokong agar terlihat lebih kencang.

Cara melakukannya:

  • Berbaringlah terlentang lebih dulu, dan tempatkan kaki di tempat tidur dengan lutut ditekuk dan kaki dibuka selebar bahu.
  • Angkat tulang ekor dan dorong hingga bahu, pinggul, dan lutut berada dalam satu garis, jangan lupa untuk menarik napas dalam-dalam.
  • Berikutnya, bertahanlah di posisi ini selama 5 putaran napas panjang, lalu kembali lagi ke posisi awal dengan menurunkan pinggul perlahan-lahan sambil tetap mengunci otot perut dan bokong
  • Ulangi langkah ini sebanyak sebanyak 20 kali.

Bagaimana? Mudah bukan. Lakukan setiap hari secara rutin hingga berat badan idealmu tercapai ya. Menurunkan berat badan dari tempat tidur? Tentu saja bisa!