Tiket Anda
Not Interested

Ini 14 Event & Festival Penting Yang Wajib Didatangi Selama 2019!

20 Februari 2019
#LiveAwesome

Photo by Yu Kato on Unsplash

Tidak peduli sudah berapa kali pun ke Jepang – mencicipi makanan khas yang enak, mendaki Gunung Fuji, atau menjelajah kuil-kuil di Kyoto tetap terasa seru. Tapi, tempat-tempat itu selalu ada sepanjang tahun. Mumpung masih awal 2019, yuk lihat berbagai macam acara dan festival khas Jepang di berbagai kota yang hanya ada pada waktu tertentu di tahun ini. Jangan sampai kelewatan!

1. Tokyo Marathon – Tokyo

Foto: runsociety.com

Tokyo Marathon adalah acara tahunan yang merupakan salah satu dari enam Marathon Utama Dunia. Dan hanya pelari terpilih yang bisa ikut Tokyo Marathon. Tertarik daftar?

2. Omitzuri Festival – Nara

Maret

Foto: wikipedia

Omizutori, atau festival menggambar-air-suci tahunan, adalah festival Buddha Jepang yang berlangsung di Nigatsu-do Tōdai-ji, Nara, Jepang. Festival ini adalah upacara terakhir untuk menghormati upacara Shuni-e yang berlangsung selama dua minggu. Setelah Omizutori selesai, bunga sakura sudah mulai mekar dan musim semi telah tiba.

3. Sakura Season – Berbagai Daerah

Maret – April

Photo by Joel Neff on Unsplash

Musim Sakura adalah waktu favorit para turis dan semua orang di Jepang. Tanggal pasti mekar sakura bervariasi sebanyak 10 hari dari satu tahun ke tahun berikutnya karena cuaca. Musim sakura juga bervariasi menurut kota dan bahkan oleh taman karena ada puluhan varietas pohon sakura yang mekar dalam kondisi yang berbeda. Harus pintar memilih tanggal dan tempat ya, khusus pengalaman yang satu ini.

4. Kanamara Matsuki – Kawasaki

April

Foto: Wikipedia

Kanamara Matsuri adalah festival yang menarik banyak orang karena mempertontonkan lingga yang membentuk alat kelamin pria. Dalam beberapa tahun terakhir, festival ini telah menerima banyak liputan pers di negara-negara barat dan semakin memiliki atmosfer internasional.

5. Sanja Matsuri – Tokyo

Mei

Foto: Tokyocheapo.com

Sanja Matsuri adalah festival terbesar di Tokyo. Festival ini memiliki reputasi ‘liar’ yang berlangsung tiga hari dan menarik 2 juta pengunjung. Ada sekitar 100 mikoshi (tandu Jepang) di parade festival ini.

6. Kanda Matsuri – Tokyo

Mei

Foto: japan-guide.com

Kanda Matsuri adalah festival mikoshi yang luar biasa besar. Sekitar 200 tim mikoshi membawa dewa-dewa melalui jalan-jalan Kanda di Tokyo. Mikoshi-mikoshi tersebut umumnya memiliki berat lebih dari 1000 kilogram.

7. Gion Matsuri – Kyoto

Juli

Foto: Wikipedia

Gion Matsuri adalah festival panjang dan rumit di Kyoto yang hadir di sepanjang Juli. Puncaknya adalah Yamaboko Junko (parade perahu) pada 17 Juli dan 24 Juli. Perahu-perahu tersebut bisa berat lebih dari 12.000 kilogram. Sungguh pemandangan menakjubkan.

8. Hakata Gion Yamakasa Festival – Fukuoka

Juli

Foto: ohmatsuri.com

Haka Gion Yamakasa adalah festival musim panas di Fukuoka yang melibatkan balap 1 ton pelampung yang tidak memiliki roda di jalanan kota pada pagi hari. Pemandangan ini yang menarik sekitar 1 juta penonton.

9. Tenjin Festival – Osaka

Juli

Foto: jpninfo.com

Festival musim panas terbesar di Osaka menampilkan kembang api, mikoshi, geisha, api unggun, perahu sungai, dan parade 3000 orang dengan kostum istana kerajaan abad ke-8.

10. Sapporo Summer Festival – Sapporo

Juli – Agustus

Foto: jpninfo.com

Berbagai acara musim panas di Sapporo yang dikemas dalam satu festival yang berlangsung selama sebulan atau lebih. Acara termasuk tarian Obon, perburuan kunang-kunang, kembang api dan Festival Tanabata setempat. Pusat festival adalah taman bir besar di Taman Odori.

11. World Music & Dance Festival – Hakodate

Agustus

Festival musik dan tari internasional tahunan yang dimulai pada 2008 yang telah menampilkan lebih dari 1400 pemain dari 42 negara selama bertahun-tahun. Festival ini diadakan bersamaan dengan festival makanan gourmet yang dikenal sebagai Mogu Mogu Festival yang memastikan berbagai makanan dan minuman yang menarik dari seluruh dunia.

12. Hiroshima Lantern Ceremony – Hiroshima

Agustus

Foto: visithiroshima.net

Setiap tahun, Hiroshima mengadakan peringatan tradisional bagi mereka yang tewas dalam pemboman tahun 1945. Upacara, yang dikenal sebagai Toro Nagashi adalah aktivitas melepaskan lentera yang mengambang di Sungai Motoyasu di hulu sebagai Peringatan Perdamaian Hiroshima. Menurut penduduk, lentera apung melambangkan perjalanan menuju akhirat.

13. Nagasaki Kunchi Festival – Nagasaki

Oktober

Foto: japan-guide.com

Nagasaki Kunchi adalah festival yang telah diadakan setiap tahun sejak 1634. Festival ini ada di seluruh penjuru kota yang menarik partisipasi dari 59 wilayah di Nagasaki. Setiap wilayah memiliki tarian unik yang ditampilkan di festival setiap 7 tahun sekali.

14. Chichibu Night Festival – Saitama

Desember

Chichibu Yomatsuri adalah festival malam yang menampilkan kendaraan hias Jepang, mikoshi, dan pertunjukan kembang api musim dingin yang langka. Puncak Chichibu Yomatsuri adalah pada malam 3 Desember di sebuah bukit yang dikenal sebagai Dangozaka. Perahu besar dan mikoshi diseret ke atas bukit dengan nyanyian kegembiraan Horyai!

Jangan khawatir jika ingin menjelajahi kota-kota di Jepang.  ANA terbang ke lebih dari 40 kota di Jepang, jadi jangan takut bosan jika anda adalah frequent traveller ke Jepang. Nikmati juga kenyamanan dan fleksibilitas dengan 3 penerbangan setiap hari dari Jakarta menuju Tokyo.

Untuk deal terbaik terbang bersama ANA ke Tokyo, kamu bisa menukarkan mileage digibank Travel Card kamu atau menggunakan digibank Live Fresh dengan berbagai promo menarik termasuk cicilan 0%. Cari tiket pesawat ke Jepang di SINI.