Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Masa Depanmu Bakal Penuh Cuan Kalau Bisa Coding, Buruan!

By Admin, 9 Maret 2023 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Masa Depanmu Bakal Penuh Cuan Kalau Bisa <em>Coding</em>, Buruan!

Trik buat mengasah skill coding ada di sini. Baca sampai selesai.-


Pernah dengar nggak, kalau coding jadi salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan dunia dalam beberapa tahun terakhir? Yup, itu benar. The US Bureau of Labor Statistics memperkirakan, pertumbuhan pekerjaan untuk web developer menjadi 23% antara 2021-2031, jauh lebih cepat dari rata-rata. Di situs pencari kerja di Amerika Serikat, Indeed.com, memunculkan lebih dari 170.000 lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan web developer.

DBS Live More Society

Bagaimana di Indonesia? Tanah air kita ini juga membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang komputer, teknologi informasi dan bidang-bidang digital lainnya. Kompas.com menuliskan di salah satu artikelnya, bahwa setidaknya Indonesia butuh lebih dari 7.000 ahli teknologi informatika (IT). Nah, kamu bisa jadi salah satu dari ribuan orang itu!

Baca Juga: Jangan Buka Bisnis Franchise, Sebelum Baca 7 Hal ini


Trik Asah Skill Coding


DBS Live More Society

Coding
adalah proses menggunakan bahasa pemrograman untuk memberikan instruksi ke komputer. Petunjuk ini mendukung website, software, dan aplikasi yang digunakan orang setiap hari. Selain pemrogram software dan aplikasi, banyak pekerjaan lain yang juga membutuhkan keterampilan coding. Beberapa di antaranya, seperti analis bisnis, seniman grafis, data scientists, dan masih banyak lagi. Nggak berhenti sampai situ. Karena data saat ini adalah sesuatu yang berharga dan pelanggaran data menjadi ancaman yang makin banyak kita temui, jumlah kebutuhan pekerja keamanan cyber pun meningkat.

Dilansir dari Kompas.com, survey Michael Page Indonesia (perusahaan konsultan perekrutan tenaga kerja profesional), dalam periode Maret 2016-April 2017, memaparkan terjadinya lonjakan 60% kebutuhan tenaga atau lowongan pekerjaan di industri teknologi dan digital di Indonesia. Lonjakan kebutuhan ini diperkirakan bakal terus ada karena hampir semua pengusaha melihat industri teknologi dan digital adalah masa depan yang penuh cuan. Siapkah kamu menyambut era itu? Kalau siap, ini waktunya kamu mengasah skill coding. Baca artikel ini sampai habis untuk tahu triknya.


#1 Mengerjakan 'real project'


DBS Live More Society

Keterampilan coding kamu nggak akan terasah secepat yang kamu inginkan kalau kamu belum aktif mengerjakan real project. Jadi, bagaimana kamu menemukan proyek-proyek ini? Nah, kamu bisa melihat website penyedia informasi lowongan pekerjaan freelance dan mempromosikan keahlian kamu ke bisnis-bisnis yang masih kecil atau baru berkembang. Misalnya dengan memberikan penawaran lewat email ke bisnis sosial di Indonesia. Ada beberapa pilihan website freelance di Indonesia yang bisa kamu ikuti, seperti Sribu, Freelancer Indonesia, Sribulancer, dan Fastwork. Ketika kamu berhasil menyelesaikan sebuah proyek, keterampilanmu akan naik satu level. Makin banyak, bakal makin terasah, deh.


#2 Konsisten


DBS Live More Society

Programmer
belum tentu bisa menghasilkan kode yang benar dalam sekali percobaan. Bagi programmer, penting banget buat konsisten melakukan percobaan. Kalau kata banyak pakar coding, usaha pertama biasanya membantu kamu memahaminya. Usaha kedua akan membantu kamu membuatnya berhasil, dan kamu dapat mengerjakannya dengan tepat setelah beberapa kali mencoba. Inilah kenapa, buat mengasah skill coding, kamu harus konsisten dan nggak gampang nyerah.


#3 Bikin projek sendiri


DBS Live More Society

Nggak berhasil dapat klien buat ngerjain real project? Nggak masalah. Kamu bisa membangun dan meluncurkan sesuatu milikmu sendiri. Ini juga berlaku ketika kamu belum cukup pede untuk mengajukan proyek nyata ke klien yang potensial, atau  saat kamu belum memiliki portofolio. Jangan biarkan itu menghentikanmu, ayo menyingsingkan lengan baju dan mulai membuat sesuatu. Sebagian besar developer berpengalaman mengerjakannya projek sendiri hanya untuk membuktikan kemampuan mereka. Membangun website atau aplikasi sendiri membantu skill kamu makin jago dan bisa buat portofolio kamu.


#4 Mainkan game coding


DBS Live More Society

Kalau semua yang kamu lakukan hanyalah membaca tentang coding, lalu bikin kamu jadi bosan atau bingung, kamu bisa kehilangan rasa cintamu sama dunia coding dengan cepat. Nah, untuk itu, kamu perlu cara lain buat belajar, yang akan memberi kesenangan ke dalam prosesnya, yaitu bermain game coding. Pembelajaran gamified memungkinkan kamu mengasah keterampilan coding-mu dan meningkatkan kepercayaan diri saat kamu memecahkan teka-teki dan naik level. Ini adalah beberapa game yang bisa kamu coba: CodeGym, CodeCombat. dan Robocode.


#5 Follow pakar coding di socmed


DBS Live More Society

Kalau kamu tahu siapa yang membuat website yang kamu sukai atau aplikasi favoritmu, temukan mereka dan ikuti mereka di social media. Ini adalah kesempatan lain bagi kamu untuk mengajukan pertanyaan, dan kamu akan mendapatkan jawaban langsung dari pakarnya. Selain itu, kamu juga bisa membangun networking yang tentu akan membantumu berkembang menjadi coder profesional. Dari para pakar itu, kamu bisa mendapat inspirasi dan meningkatkan pengetahuan seputar coding supaya keep up dengan perkembangan terbaru, tren, serta keterampilan lain yang diperlukan agar mampu dan terbiasa mengatasi masalah tipikal. Beberapa top coder yang bisa kamu Follow adalah @coding.beast, @samanthaming, @yumasoerianto, @fushar, @coder.journey, dan @theindiandev.


#6 Ikut pelatihan coding


DBS Live More Society

Belajar coding nggak lagi harus di bangku sekolah/kuliah. Saat ini, ada ribuan pelatihan online programming yang mencakup semuanya, mulai dari HTML dasar, struktur data hingga algoritma kompleks. Bahkan, sekarang ada beasiswa untuk mengikuti program pelatihan coding. Namanya DBS Foundation Coding Camp, program pelatihan coding secara online. Program ini merupakan bagian dari DBS Foundation, yayasan milik bank DBS yang berfokus untuk menciptakan dampak dan meningkatkan taraf kehidupan melalui kewirausahaan sosial dan mempersiapkan masyarakat untuk masa depan.

Nah, DBS Foundation Coding Camp 2023 memberikan beasiswa pelatihan coding online pada alur belajar Back-End Developer dan DevOps Engineer. Tingkatannya mulai dari level dasar (basic), pemula (beginner), menengah (intermediate), hingga mahir (expert). Asyiknya lagi, program beasiswa ini terbuka untuk seluruh warga Indonesia dan diprioritaskan untuk kalangan menengah ke bawah yang terbagi menjadi tiga kategori: Tenaga didik (educators), pelajar (students), dan masyarakat umum (public).

Kamu bisa memilih salah satu dari dua alur belajar yang tersedia, yaitu Back-End Developer atau DevOps Engineer. Kedua bidang ini dipilih DBS Foundation Coding Camp 2023 karena DevOps Engineer dan Back-End Developer termasuk ke dalam top 10 emerging jobs yang dibutuhkan oleh industri di Indonesia berdasarkan LinkedIn 2020 Emerging Jobs Report Indonesia. Wah, penting nih untuk mencapai masa depan penuh cuan. Proses registrasinya dimulai dari akhir Januari lalu hingga Mei nanti. Buruan daftar, yuk. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa cari tahu di sini.-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more