Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Kakeibo: Jurus Cepat Kaya Ala Orang Jepang

By Admin, 9 Maret 2023 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Kakeibo: Jurus Cepat Kaya Ala Orang Jepang

Langsung otw kaya, nih. -

Apa kamu lagi berjuang untuk menghemat uang? Sering belanja cuma karena lagi bosan atau stres? Atau, pingin mengatur finansialmu yang lagi berantakan? Kalau kamu menjawab 'ya' setidaknya satu dari pertanyaan itu atau kepingin tabungan tambah banyak plus cepat kaya, kakeibo dijamin cocok buatmu. Asyiknya lagi, jurus ini cuma butuh pulpen dan kertas aja. Kakeibo benar-benar gratis.


Sudah Berumur Ratusan Tahun


DBS Live More Society

Kakeibo, yang dibaca kah-keh-boh, ditemukan di tahun 1904 oleh jurnalis bernama Motoko Hani, seorang emansipatoris pada jamannya. Ia menulis tentang metode tersebut di majalah wanita Jepang tahun 1904. Ketika penulis Fumiko Chiba merilis  buku “Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money” pada tahun 2018, tren tersebut berkembang pesat di Barat. Menurut Chiba dan ahli lainnya, kakeibo mencerminkan kepercayaan budaya Jepang tentang pentingnya menabung.

Intinya, kakeibo adalah tentang mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu sehingga kamu paham banget di mana kamu menghabiskan uang yang nggak penting-penting amat, dan biar bisa memperbaikinya. Bisa dibilang, kakeibo adalah gabungan antara pembukuan dan praktik kesadaran finansial. Yup, penting banget praktik ini dilakukan. Bukan cuma baik untuk kesehatan keuanganmu, tapi juga bisa jadi salah satu cara untuk menjalankan gaya hidup berkelanjutan karena ini merupakan jenis konsumsi yang bertanggung jawab.

Itulah mengapa kakeibo dianggap lebih dari sekadar metode pengelolaan uang. Soalnya, ini adalah filosofi keuangan yang tujuan utamanya pada pembelanjaan dan penghematan yang hati-hati serta disadari sepenuhnya.

Baca Juga: Strategi Atur Keuangan di Tahun Kelinci Air, Supaya Tetap Cuan


Dibagi Jadi Empat Kategori

DBS Live More Society

Setiap awal bulan, buat catatan pemasukan dan pengeluaran tetap kamu serta tujuan kamu menabung. Catatannya harus ditulis tangan ya, karena ini adalah bagian penting dari praktik kakeibo. Dilansir dari Tirto.id, kalau dihubungkan dengan dampak menulis tangan sama diri kita, penelitian menunjukkan, menulis dengan tangan dapat meningkatkan proses memahami informasi dan pembelajaran dibandingkan dengan mengetik di laptop atau gawai digital lainnya.

Selanjutnya, mulailah dengan membagi pengeluaran kamu menjadi empat kolom dengan kategori:

  • Survival: ini adalah kebutuhan utama kamu, seperti biaya sewa rumah/apartemen, transportasi, makan, dan hal-hal lain yang kamu nggak bisa hidup tanpanya.
  • Optional: ini adalah pembelian yang menyenangkan, tapi enggak sepenuhnya diperlukan, misalnya hobi, hiburan, jalan-jalan, makan di luar rumah, pakaian baru, dan sebagainya.
  • Culture: pengeluaran apa pun untuk kegiatan budaya — buku, nonton di bioskop, tiket museum, tiket konser, layanan streaming, dan lainnya.
  • Extra: pengeluaran yang tak terduga atau hal-hal yang nggak perlu kamu bayar secara rutin. Contohnya perbaikan rumah/mobil/motor, tiba-tiba harus membelikan seseorang hadiah ulang tahun, medical bills, dan semacamnya.

Catat semua pembelianmu di bawah “kategori” yang sesuai dan sertakan jumlah total pembeliannya. Saat kamu harus menyortir sesuatu ke dalam masing-masing kategori, kamu akan memikirkan dan mempertimbangkan pengeluaran kamu lebih dari biasanya. Memisahkan kebutuhan dari keinginan mungkin juga akan lebih sulit dari dugaanmu.


Buat Pertanyaan dan Tulis Jawabannya

DBS Live More Society

Setelah itu, setiap hari, minggu, atau bulan — sesering kamu bisa, tuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Berapa banyak uang yang aku miliki?
  • Berapa banyak uang yang ingin aku simpan?
  • Berapa banyak yang sebenarnya aku belanjakan?
  • Bagaimana aku bisa memperbaiki itu?

Kamu sekarang akan memiliki 'data' lengkap soal kebiasaan finansialmu dan harus memikirkan dengan benar ke mana tepatnya uangmu pergi. Ini mungkin sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Pertanyaan terakhir akan mendorongmu untuk lebih merenungkan jawabannya supaya dapat solusi yang paling cocok dengan keadaan finansialmu.

Kamu mungkin akan menemukan cara untuk memangkas salah satu pengeluaranmu dari empat kategori di atas. Bisa juga kamu memutuskan untuk membelanjakan lebih banyak untuk apa yang benar-benar kamu sukai (atau menabung lebih banyak untuk sesuatu yang kamu nantikan), dan mengeluarkan uang lebih sedikit untuk pembelian yang nggak terlalu kamu sukai atau penting buatmu.


Memberi Kebahagiaan Sejati


DBS Live More Society

Kakeibo menjaga goal tabungan kamu. Pendekatan kakeibo membantumu menghemat uang sedikit demi sedikit dengan cara yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Menetapkan jumlah tabungan yang kamu tahu bisa kamu capai juga bikin jadi semangat, kan.

Dan, kakeibo dirancang untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Keempat pertanyaan itu mengharuskan kamu buat memikirkan tujuan masa depanmu. Dengan kata lain, kakeibo membantumu mempersiapkan masa depan tanpa merasa kehilangan atau was-was di masa sekarang. Mungkin di awal kamu akan merasa nggak nyaman atau pusing sendiri, tapi kalau konsisten dilakukan, kakeibo bukan hanya akan bikin kamu OTW (on the way) kaya, lho. Kakeibo juga akan membantu kamu buat mengatasi pengeluaran yang didasari sama emosi untuk hal-hal yang nggak memberi kamu kebahagiaan yang sesungguhnya.

Nah, kalau kamu sudah berhasil menjalankan kakeibo, uang tabungan kamu bisa kamu simpan di Bank DBS, terus pakai aplikasi digibank, deh. Digibank bakal membantumu untuk lebih pintar mengelola dan mengembangkan keuangan dalam satu aplikasi saja. Sudah fiturnya banyak, promonya juga macam-macam. Yuk, kenalan lebih dekat sama digibank di sini.-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more