Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

4 Trik Hemat Saat Liburan Meski Resesi 2023

By Admin, 4 Januari 2023 #LiveSmarter

DBS Live More Society - 4 Trik Hemat Saat Liburan Meski Resesi 2023

Sebelum booking buat traveling tahun depan, contek dulu strategi jaga saldo tabungan tetap terisi setelah liburan.

Para pakar sudah meramal bahwa tahun depan kita akan menghadapi resesi ekonomi. Tapi bukan berarti kita jadi sama sekali enggak bisa liburan, dong. Kuncinya adalah mengelola keuangan dengan jagoan. Begini, nih caranya:

#1 Sesegera mungkin mulai budgeting
DBS Live More Society
Bahkan kalau kamu nggak berencana untuk bepergian selama akhir tahun 2022 dan mungkin punya rencana liburan di pertengahan tahun 2023, kamu mulai tetap mulai sekarang. Semakin cepat kamu mulai merencanakan dan mempersiapkan liburanmu, akan semakin baik.

Beberapa bulan ekstra ini dapat dengan mudah memberi kamu sekian banyak rupiah untuk budget liburan nanti. Sangat mudah untuk menemukan cara-cara kecil untuk berhemat ketika kamu melihat kebiasaan belanjamu di masa menabung yang cukup panjang. Kamu bisa menuliskannya di file Excel atau jurnal kecil, semua pembelian mingguan kamu. Kemudian, putuskan apakah ada yang terlalu boros/berlebihan sehingga bisa kamu stop, atau temukan alternatif yang lebih murah. Keputusannya ada di tangan kamu.

Baca Juga: Ratusan Juta Sampah Plastik Berubah Jadi Cuan di Tangan Tridi Oasis

#2  Pilih waktu yang 'sepi'
DBS Live More Society
Mengunjungi kota atau negara lain di luar musim liburan selalu menjadi cara utama untuk berhemat. Mengunjungi daerah destinasi liburan seperti Perancis, Jepang, Yogyakarta dan bali, pada musim liburan utama di pertengahan tahun serta akhir tahun akan lebih mahal daripada mengunjunginya di bulan-bulan lainnya. Mulai dari harga tiket pesawatnya, biaya menginap, sampai harga tiket masuk ke destinasi wisata.

Menghindari musim puncak untuk bepergian bisa memberi kamu liburan yang hemat dan ramah buat dompet. Karena itu, ke mana pun kamu tertarik untuk berkunjung, bandingkan harga di dalam dan di luar high season. Bahkan mungkin lebih menguntungkan untuk keluar dari musim liburan, karena seringkali kota/negara tujuan berliburmu jadi lebih sepi karena ada lebih sedikit turis di sekitarnya.

#3 Perbanyak opsi yang budget-friendly
DBS Live More Society
Pilih akomodasi yang budget friendly, seperti hostel. Selain itu pilih penerbangan low-cost carrier. Penerbangan jenis ini menawarkan harga yang lebih murah, tapi memberikan sedikit fasilitas di dalam pesawat. Ini cocok buat kamu yang nggak masalah dengan keterbatasan fasilitas itu dan lebih mementingkan harga yang lebih murah.

Kalau memiliki kerabat atau teman yang tinggal di daerah tempatmu bepergian, coba aja tanyakan apakah mereka  bisa menampung kamu selama kamu di sana. Pelajarannya di sini adalah bahwa hotel tidak harus menjadi satu-satunya pilihan tempat menginap. Bawa juga alat makan dan minum pribadi supaya bisa diisi dengan bekal makanan dan minuman yang disediakan penginapan. Atau bisa juga beli di minimarket sebelah hotel yang harganya terjangkau. Dengan begini, kamu nggak perlu makanan/minuman di tempat wisata tujuanmu yang biasanya lebih mahal. Kerennya lagi, lebih ramah lingkungan dan bahkan bisa bikin nol limbah.

#4 Book now!
DBS Live More Society
Bisa dibilang, harga saat ini masih bisa dibilang terjangkau karena kita masih berada di masa kehati-hatian setelah pandemi berlangsung lebih dari 2 tahun. Karena alasan ini, kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk 'mengunci' reservasi kamu pada harga yang belum tinggi-tinggi amat pada masa sekarang untuk bepergian nanti. Semakin cepat kamu dapat memesan penerbangan atau tempat untuk menginap, akan semakin hemat. Pastikan kamu memesan jauh-jauh hari karena harga dapat berubah seiring waktu.

Kamu bisa memakai uang tabungan yang sekarang kamu punya untuk booking tiket pesawat atau hotel, terus nabung lagi, deh, buat biaya liburanmu yang lain. Saldo rekeningmu pasti akan berterima kasih padamu kalau kamu melakukan ini. Dia bakal lebih senang lagi kalau kamu pakai aplikasi digibank by DBS buat menabung. Dijamin cuanmu bakal makin bertambah dalam 1 aplikasi saja, soalnya ada segudang promo travel, dining, online shopping, dan lainnya dari digibank. Cek di sini untuk tau informasi lengkapnya
Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more