Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Simpan Kulit Bawangmu, Lebih Baik Diolah, Enak dan Mudah!

By Admin, 25 Juli 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Simpan Kulit Bawangmu, Lebih Baik Diolah, Enak dan Mudah!

Yang biasanya dibuang dan dianggap nggak guna, ternyata bisa diolah jadi menu bintang lima. -

Trio bawang alias bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay, bisa dibilang jadi bumbu utama tiap kita memasak, terutama dalam masakan Indonesia. Mungkin nggak semuanya dipakai, tapi minimal salah satu jenis bawang itu kita gunakan saat membuat makanan sebagai penyedap masakan.

Tapi, ke mana kulitnya pergi? Yakin, deh, sebagian besar dari kita membuang kulitnya ke tempat sampah. Mulai sekarang, simpan kulitnya, yuk. Stop membuang makanan. Kita perlu sadar kalau faktanya, Perserikatan Bangsa–Bangsa (PBB) memperkirakan, 17% dari produksi makanan terbuang percuma secara global setiap tahun. Angka tersebut sama dengan 1,03 miliyar ton makanan yang terbuang sia-sia. Menurut PBB, sebagian besar limbah makanan atau 61% berasal dari sampah rumah tangga.

Fakta menarik lainnya, kulit bawang punya banyak kebaikan yang bisa kita manfaatkan, lho. Dari meningkatkan rasa masakan hingga membantu menjaga kesehatan. Sebagai contoh, ada banyak vitamin A dan C di kulit bawang putih, serta antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi. Kulit bawang merah juga mengandung anthocyanin tingkat tinggi, yaitu pigmen bermanfaat yang juga anti-inflamasi dan antimikroba, yang bisa bikin kulit glowing.

Memang, sih, kalau dilihat sekejap, kulit bawang bukan bahan makanan yang menggugah selera. Selain karena teksturnya yang seperti kertas tipis, juga sulit dikunyah dan dapat menimbulkan bahaya tersedak karena penuh dengan selulosa, serat yang tidak rusak. Tapiii, kalau diolah dengan baik, kulit bawang bisa jadi menu bintang lima, lho. Baca terus sampai habis, untuk tahu cara mengolah kulit bawang jadi makanan enak.

Baca Juga: Tak Perlu Beli, Bumbu Dapur Sisa Memasak Bisa Ditanam di Dalam Pot Dengan 5 Cara Ini

1. Garlic Chips
DBS Live More Society
Sophia Roe, koki dan pembawa acara acara TV Counter Space, membagikan resep lezat untuk keripik bawang putih di akun Instagram-nya (@sophia_roe) yang kemungkinan bikin ratusan ribu pengikutnya berhenti membuang kulit bawang. Oya, kulit bawang merah dan bombay juga bisa diolah menjadi keripik. Tapi, jangan gunakan lapisan tipis bawang yang paling luar. Pilih kulit yang menempel dengan langsung pada bawang putih/bawang merah/bawang bombay. “Apa pun dengan kotoran atau jamur tidak boleh dimakan,” kata Roe. Ini dia resep Garlic Chips ala Sophia.

  • Cuci bersih kulit, keringkan
  • Letakkan kulit bawang putih ke dalam wadah untuk memanggang
  • Tambahkan olive oil secukupnya
  • Taburkan sedikit garam atau sesuai selera, aduk rata
  • Panggang selama 10 menit pada suhu 200 derajat Celcius, sampai berubah menjadi keripik yang renyah dan garing. Cek secara berkala karena kulit bawang mudah hangus.
  • Tadaaa, keripiknya bisa langsung disantap. Atau, jadi topping salad, sup, dan pasta.

2. Teh Bawang
DBS Live More Society
Tenang, jangan buru-buru membayangkan yang buruk akan minuman ini. Kulit bawang kaya akan berbagai vitamin seperti E dan C, ditambah asam amino yang disebut triptofan dan antioksidan quercetin yang membantu melawan peradangan dan radikal bebas. Dua hal ini bisa mengurangi kemunculan garis-garis halus, dan perkembangan tekstur kulit kusam. Quercetin juga dapat melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar matahari. Ada dua cara membuat teh bawang.

Pertama, masukkan kulit bawang bombay yang sudah bersih ke dalam botol kaca. Lalu, tambahkan air mendidih ke dalam botol kaca. Tutup selama 15 menit. Saring rebusan kulit bawang dan tuang airnya ke cangkir. Tambahkan madu biar makin nikmat. Kalau kamu nggak tahan membayangkan minum teh kulit bawang, ada pilihan lain: tambahkan kulit bawang ke teh hijaumu saat diseduh.

3. Kaldu bawang
DBS Live More Society
Saat memasak menggunakan bawang putih/merah/bombay, masukkan kulit bawang putih ke dalam kantong zip (kedap udara) dan bekukan di freezer. Pastikan kulitnya sudah bersih, ya. Kalau ingin membuat kaldu, pindahkan kulit bawang itu ke dalam kantong kain filter untuk direbus bersama sayuran atau tulang protein hewani. Masak sekitar 1 jam, jangan lupa tambah air matang bila dibutuhkan. Setelah matang, saring, lalu simpan dalam botol kaca yang tertutup rapat. Kaldu bawang siap digunakan untuk masakan apa saja, yang pasti, bikin makin sedaaap.

4. Penyedap adonan roti
DBS Live More Society
Banyak pembuat roti menggunakan kulit bawang putih sebagai bahan rahasia. Caranya, dengan menggiling kulit bawang putih hingga menjadi bubuk dengan alu dan lesung, lalu menambahkannya ke adonan roti mereka. Ini menambahkan rasa bawang putih yang light, bersama dengan nutrisi tambahan, seperti antioksidan, vitamin A dan C.

5. Ayam goreng bawang putih
DBS Live More Society
Bawang putih yang dimasak bersama kulitnya juga dijamin bikin rasanya naik kelas. Beneran kayak makan menu bintang lima. Salah satu caranya adalah dengan mengolahnya bersama ayam. Selain mudah, resep ini hanya menggunakan beberapa bahan saja. Agar bumbu meresap sempurna, cukup perlu memastikan ayam dimarinasi dengan bumbu setidaknya selama 1 jam.

Bahan-bahan:
1 ekor ayam kampung muda, potong kecil-kecil
6 siung bawang putih, haluskan
1 ruas jahe, haluskan
1 sdt kecap asin
1 sdt saus tiram
2 bonggol bawang putih, jangan kupas kulitnya
Garam secukupnya, sekitar 1 sendok makan
1 sendok teh lada
100 gram tepung maizena sebagai pelapis

Cara membuat:

  • Campurkan bawang putih dan jahe yang sudah dihaluskan, tambahkan saus tiram, kecap asin, dan garam
  • Masukkan ayam. Balurkan bumbu di ayam sampai rata, remas-remas. Diamkan minimal 60 menit
  • Panaskan minyak dengan takaran cukup banyak di wajan
  • Gulingkan potongan ayam satu per satu ke dalam maizena, balurkan merata, jangan terlalu tebal
  • Goreng ayam di minyak panas, ketika ayam sudah masuk ke minyak, kecilkan api hingga sedang
  • Masak hingga ayam berwarna golden brown
  • Sajikan dengan nasi hangat

Cobain, deh, lima resep di atas buat weekend nanti. Kalau belum sempat dimasak, kamu juga mengumpulkan kulit bawang untuk jadi kompos. Soalnya, kulit bawang bisa banget dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan pestisida nabati. Eits, nggak perlu worry kalau belum bisa bikin kompos sendiri, DBS siap membantu.

Bersama Kebun Kumara dan Magalarva, DBS mengajak kita untuk mengelola sampah makanan menjadi kompos dengan ikutan program Kompos Kolektif. #DibuangSayang, mari kita mulai perubahan jangka panjang yang berkelanjutan dengan mulai dari langkah kecil di rumah kita sendiri. Cek informasi lengkapnya di sini, yaaa.-
Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more