Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Mengenal Istilah “Shadow Career”, Perlukah Bekerja Benar-benar Sesuai Passion?

By Admin, 5 April 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Mengenal Istilah “Shadow Career”, Perlukah Bekerja Benar-benar Sesuai Passion?

Seorang guru multitalenta yang juga dikenal sebagai penulis dan seniman di Amerika Serikat, Julia Cameron, menerbitkan buku berjudul The Artist’s Way di tahun 1992. Cameron menulis bukunya dengan tujuan membantu orang keluar dari bayang-bayang dan mewujudkan karir impian mereka sendiri. Di sinilah konsep shadow career pertama kali dipahami.-

Apa itu shadow career?

Seperti namanya, orang-orang yang mengalami situasi shadow career berada dalam karir yang tidak sepenuhnya sesuai dengan keinginan mereka sendiri, dan justru berdiri di bawah bayangan orang lain – yang menjalani peran dalam karir sesuai dengan passion atau harapan mereka.

Biasanya, justru orang yang menjalani shadow career berada tidak jauh bahkan sudah di dalam lingkungan kerja yang sebenarnya sesuai dengan passion mereka. Namun, alih-alih melakukan peran sesuai minat dan bakat, mereka justru menjalani peran lain yang melekat dengan passion tersebut.

DBS Live More Society

Contoh kasus shadow career

Untuk membantumu memahami dengan lebih baik apa itu shadow career, yuk coba membaca cerita berikut ini. Di akhir tulisan, tentu kamu bisa memisahkan mana yang shadow career, mana yang bukan.

Bayangkan ada sekelompok mahasiswi yang membentuk band di masa kuliahnya. Mereka cukup populer karena memang berbakat dan punya koneksi di dunia hiburan. Di tengah perjalanan karir, salah satu dari mereka memilih mundur karena merasa kehidupan panggung yang glamor dan keharusan tampil sempurna membuat kelelahan luar biasa. Akhirnya ia memilih jadi orang di balik layar alias manager band. Ia masih suka bernyanyi dan bermain musik di dalam kamarnya sendiri pada waktu senggang. Ia juga tidak keberatan diminta bernyanyi di acara keluarga atau teman dekat.

Di sisi lain, ada anggota band lainnya yang juga mengundurkan diri karena mendapat tekanan dari orangtuanya untuk mengejar karir yang lebih stabil dibanding bekerja di dunia hiburan. Ia setuju, merasa karir sebagai anggota band musik mungkin tidak akan bertahan lama. Akhirnya dia bergabung dengan perusahaan rekaman besar yang tugasnya mengatur bisnis dunia musik. Dia merasa karirnya di sini cukup gemilang, stabil, dan minim risiko. Lagi pula ia masih tetap bisa menyalurkan hobi bermusiknya dengan merekam video dan membagikannya di sosial media. Tapi jauh di dalam hatinya, ada kekosongan yang ditimbulkan dari keinginan untuk menjalani hidup dan karir sebagai pemusik yang sebenarnya.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 9 Tanda Lingkungan Pekerjaan Yang Toxic
https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/articles/livesmarter/2021-9-tanda-lingkungan-pekerjaan-yang-toxic.html

DBS Live More Society

Bagaimana cara mengetahui jika kamu sedang dalam shadow career?

Dari dua cerita di atas, mana yang menurutmu adalah situasi shadow career? Jawabannya tentu saja yang kedua. Sehingga, bisa disimpulkan kalau seseorang yang sedang berada dalam situasi shadow career biasanya akan merasakan adanya kekosongan emosi yang sulit untuk dihilangkan. Kamu juga akan cenderung merasa iri saat melihat orang melakukan satu peran yang sebenarnya kamu inginkan, saat berada dalam shadow career.

Kamu juga bisa mudah bosan dengan apa yang kamu kerjakan. Hal ini timbul karena kamu punya kecemasan, yang menghasilkan pikiran bahwa tidak seharusnya kamu berada di jalan karir ini. Tapi, perlu diingat juga bahwa mereka yang berada dalam shadow career sangat mungkin menyangkal perasaannya sendiri, demi menciptakan kenyamanan sementara.

DBS Live More Society

Apa yang bisa kamu lakukan jika sedang berada dalam situasi shadow career?

Memanfaatkan situasi. Saran ini bukan sekadar motivasi kosong yang mustahil untuk dilakukan, kok. Karena, daripada kamu terjebak dan berlarut dalam rasa penyesalan menjalani situasi shadow career, ya lebih baik kamu keluar dan benar-benar melakukan terobosan.

Tapi, selama masih ada halangan atau konsekuensi yang belum dapat kamu atasi, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengamatan terus menerus. Anggap saja bahwa kamu justru dapat kesempatan dan waktu untuk mengamati atau belajar sebelum benar-benar terjun ke karir yang menjadi passion utamamu. Kamu bisa melihat bagaimana orang yang sedang berada di posisi impianmu melakukan tugasnya dengan baik, atau, justru secara diam-diam mengamati kesalahan apa yang mereka lakukan – sehingga di masa depan, saat kamu sudah berada di posisi mereka, kesalahan yang sama bisa kamu hindari.

Pengalaman menjalani profesi shadow career juga bisa dimanfaatkan sebagai nilai tambah saat kamu nantinya dapat kesempatan menjalani karir sesuai passion. Misalnya dari cerita di atas, seorang yang bekerja sebagai staf di perusahaan rekaman, tentu akan punya pengetahuan lebih seputar bisnis di dunia musik saat nantinya memutuskan memulai karir sebagai musisi.

Dalam kurun waktu pengamatan ini, kamu bisa menyusun strategi dan menyiapkan mental juga deh untuk siap mengejar kembali karir impian yang memang pantas kamu dapatkan!

Berada dalam situasi yang membuatmu harus menjalani shadow career bukan berarti kamu tidak bisa memilih tindakan tepat lainnya, termasuk dalam hal berinvestasi. Investasi Obligasi Pemerintah Sukuk Ritel Online dari digibank bisa jadi pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Cari tahu lebih banyak, klik di sini.-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more