Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Untuk Merayakan IdulAdha, Resep Rendang dan Opor Vegetarian Ini Bisa Banget Dicoba!

By Admin, 23 Juni 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Untuk Merayakan IdulAdha, Resep Rendang dan Opor Vegetarian Ini Bisa Banget Dicoba!

Meski tanpa protein hewani, tapi tetap nikmat sekali. Yuk, coba resepnya ini! -

Hari Raya IdulAdha 1143 Hijriah sebentar lagi tiba! Pada lebaran haji ini, makanan berbahan dasar daging merah mudah ditemui oleh umat muslim. Semua lapisan masyarakat, bisa dibilang, dapat mengonsumsi daging merah di hari tersebut, sebab masyarakat akan menerima daging kurban. Baik itu daging sapi, kambing, domba, maupun kerbau. Berbagai olahan daging mulai dari sate, gulai, semur, opor, sampai rendang pun tersaji di meja makan.

Bagi kamu yang vegetarian, jangan sedih. Kamu tetap bisa menikmati masakan khas IdulAdha yang sama lezatnya, tanpa menggunakan daging merah, seperti rendang dan opor. Kalau biasanya dua sajian istimewa itu menggunakan protein hewani, kali ini mari kita buat menggunakan protein nabati.

Pola makan plant-based atau pola makan berbasis nabati saat ini semakin diminati dan jadi gaya hidup sehari-hari, seperti gaya hidup vegan dan vegetarian. Vegetarian sendiri adalah pola makan di mana kita tidak mengonsumsi daging dan tidak memakan segala jenis produk hewani. Hamish Daud, selebriti yang juga penggiat gaya hidup sehat, mengatakan, salah satu manfaat penting dari pola makan plant-based adalah bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan. Wah, patut kita coba, nih!

Balik lagi ke sajian khas hari raya, ada beberapa pilihan santapan yang cocok buat vegetarian. Untuk rendang, misalnya rendang ubi, rendang jamur, rendang daun singkong, rendang daun pakis, rendang cubadak (nangka muda), dan rendang kacang merah. Resepnya pun banyak tersedia di internet. Begitu juga opor, enak pula diolah tanpa daging ayam atau daging merah, seperti opor tahu, opor kentang dan masih banyak lagi.

Apakah air liur sudah mulai menetes membayangkan nikmatnya rendang dan opor vegetarian? Tak perlu menunggu lama lagi, yuk coba memasak dua resep ini!

Baca Juga: 5 Kiat Makan Sehat Nan Hemat ala Dokter Gizi

Resep Rendang Cubadak
DBS Live More Society
Meski rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau, sedikit banyak tentu ada perbedaan resep di tiap daerah atau keluarga. Baik dari proses pembuatan, pilihan rempah-rempahnya, maupun citarasanya. Nah, bagi vegetarian, cubadak atau nangka muda bisa diolah jadi rendang nikmat, dan ketika matang, tekstur rendang cubadak ini mirip dengan tekstur rendang daging. Endang Indriani pemilik blog Just Try & Taste (JTT), salah satu blog masakan terkenal dan terkemuka di Indonesia, membagikan resepnya berikut.

Untuk 10 porsi

Bahan-bahan:
- 2 kg nangka muda, kupas kulitnya dan buang bagian tengahnya yang berwarna putih. Potong nangka menjadi ukuran 3 x 3 cm
DBS Live More Society
- 3 liter santan dari 2 buah kelapa tua

Bumbu yang dihaluskan:
- 1 buah bawang bombay ukuran besar, ganti dengan 4 siung bawang merah jika tidak ada
- 5 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 15 buah cabai merah keriting
- 10 buah cabai rawit merah
- 2 ruas jari jahe segar
- 2 ruas jari kunyit segar
- 1 sendok makan ketumbar yang disangrai
- 1/4 sendok teh jintan sangrai
- 1 sendok teh merica butiran

Bumbu lainnya:
- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk, atau 2 batang kayu manis utuh dengan panjang 5 cm
- 1/4 sendok teh cengkeh bubuk atau 5 butir cengkeh utuh
- 3 buah kapulaga
- 2 buah kembang lawang 
- 2 lembar daun kunyit, rajang halus
- 5 lembar daun jeruk purut, rajang halus
- 5 lembar daun salam
- 3 ruas jari lengkuas, potong memanjang menjadi 2 bagian dan memarkan
- 2 batang serai ambil bagian putihnya saja dan memarkan

Bumbu perasa:
- 1 1/2 sendok makan gula Jawa, disisir 
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok makan air asam Jawa
- 2 sendok teh kaldu bubuk instan (optional)
- minyak untuk menumis

Cara membuat:
DBS Live More Society

  • Siapkan nangka muda, gunakan nangka yang belum membentuk biji yang terlalu besar dan keras. Kupas kulitnya, buang hati tengahnya dan potong minimal sebesar 3 x 3 cm. Jangan potong terlalu kecil karena nangka akan hancur saat dimasak terlalu lama.
  • Siapkan panci cukup besar, isi dengan air yang kira-kira cukup untuk merendam nangka saat direbus. Masak air hingga mendidih, dan masukkan potongan nangka ke dalamnya. Rebus hingga nangka matang dan empuk. Tes dengan menusukkan ujung garpu ke nangka, jika garpu melesak dengan mudah maka nangka sudah cukup matangnya. Tiriskan nangka, buang air rebusannya, dan sisihkan.
  • Siapkan panci, bisa menggunakan panci tahan panas. Panaskan sekitar 3 sendok makan minyak. Panaskan hingga benar-benar panas. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warnanya, lalu tambahkan bumbu lainnya dan tumis hingga bumbu matang, berwarna menjadi gelap dan rempah menjadi layu. Tambahkan minyak jika dirasa kurang, karena minyak yang kurang akan membuat bumbu tidak bisa matang sempurna dan rasanya akan kurang nendang.
  • Masukkan 1/2 bagian santan, aduk rata dan masak hingga santan mendidih. Masukkan nangka dan bumbu perasa, aduk rata. Masak dengan api sedang hingga santan mengering kemudian masukkan sisa santan lainnya.
  • Masak hingga santan menyusut dan habis, cicipi rasanya dan tambahkan garam jika kurang asin. Matikan api.

Catatan: Rendang nangka akan memberikan hasil terbaiknya jika disantap keesokan harinya. Untuk kenikmatan lebih, diamkan rendang selama semalaman, lalu panaskan kembali rendang di pagi hari hingga potongan nangka tidak terlalu kaku.

Opor Bola Tahu
DBS Live More Society
Bukan cuma bakso yang berbentuk bulat, tahu juga bisa, dong. Buat anak kost atau yang mager, Chef Devina memberikan resep Opor Bola Tahu yang mudah dan murah, nih. Cusss, kita contek resepnya ini.

Untuk 4-6 porsi

Bahan-bahan:

  • 500 gr tahu putih
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 1 batang daun bawang
  • 1 bungkus bumbu opor instan
  • 2 sdm tepung terigu
  • ¼ sdm merica
  • ¾ sdm penyedap
  • ⅓ sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 500 ml air
  • 1 buah wortel, potong
  • 6 buah buncis, potong
  • Minyak goreng
  • Bawang goreng

Cara membuat:

  • Hancurkan tahu putih di wadah, pilih tahu yang padat supaya bentuk bola tahunya lebih baik. Tambakan penyedap, garam, bawang putih, gula, dan merica.
  • Potong daun bawang, pindahkan ke mangkuk. Panaskan sedikit minyak, lalu masukkan minyak ke dalam wadah berisi daun bawang. Aduk.
  • Campurkan daun bawang dengan adonan tahu, aduk rata.
  • Lumuri tangan dengan sedikit minyak agar tahu tidak lengket, lalu bentuk tahu menjadi bola-bola. Kemudian goreng dengan api sedang hingga kecokelatan supaya tidak mudah hancur.
    DBS Live More Society
  • Di panci terpisah, didihkan air, masukkan wortel dan buncis.
  • Masukkan bumbu opor instan, masak sampai mendidih, lalu masukkan bola-bola tahu.
  • Koreksi rasa. Bila sudah sesuai selera, matikan api. Sajikan dengan bawang goreng sebagai pelengkap.

Kalau keterampilan masak naik tingkat karena berhasil memasak dua resep di atas, waktunya meningkatkan pengalaman perbankan kamu. Caranya gimana? Pakai digibank by DBS saja. Dijamin bakal lebih pintar mengelola dan mengembangkan keuangan kamu di satu aplikasi. Enggak percaya? Cek informasi lengkapnya di sini.-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more