Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Yuk Kenali dan Atasi Insomnia, Si Pengganggu Tidur Nyenyakmu

By Admin, 25 Juli 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Yuk Kenali dan Atasi Insomnia, Si Pengganggu Tidur Nyenyakmu

Insomnia salah satu musuh bagi pekerja. Kalau kamu kena insomnia, otomatis aktivitas pun terganggu. Gimana sih cara ngatasinnya? Simak artikel ini!-

Selain makan dan minum, tidur adalah salah satu hal paling mendasar yang sangat dibutuhkan tubuh. Coba deh bayangin, kalau kamu susah tidur pasti besoknya kamu ngerasa gampang capek, lemas, dan sulit konsentrasi. Alhasil, kegiatan kamu jadi berantakan dan bisa membahayakan kesehatan kamu, lho! Nah, gangguan tidur itu disebut insomnia. Yuk kenali insomnia biar kamu bisa tidur nyenyak terus!

Apa sih insomnia?
DBS Live More Society

Arti insomnia merupakan gangguan tidur yang terjadi ketika kamu mengalami kesulitan untuk tidur. Kondisi ini bikin pengidapnya nggak punya waktu tidur yang dibutuhin tubuh. Insomnia sendiri dibagi jadi dua jenis:

  1. Insomnia primer: Seseorang yang mengalami masalah tidur yang nggak berhubungan dengan kondisi atau masalah kesehatan lainnya. Susah tidur karena lifestyle yang nggak baik.
  2. Insomnia sekunder: Seseorang yang masalah tidunyar karena kondisi kesehatan atau karena obat yang mereka minum.

Insomnia juga bervariasi dalam berapa lama dan seberapa sering itu terjadi. Bisa jangka pendek (insomnia akut) yang berlangsung dari satu malam hingga beberapa minggu. Bisa juga bertahan lama (insomnia kronis) selama tiga malam dalam seminggu selama sebulan atau lebih. Wih, berbahaya ya!

Apa aja yang menyebabkan kamu kena insomnia?
DBS Live More Society

Nah kan tadi udah dikasih tau nih tentang insomnia secara lengkap. Sekarang kamu kenali apa aja sih penyebab insomnia biar kamu bisa menghindarinya!

  1. Kamu mengalami stress berat atau trauma
  2. Pola tidur berubah karena berada di tempat asing
  3. Mengalami jet lag setelah naik pesawat
  4. Efek mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cara menghindari insomnia yang ampuh!
DBS Live More Society

Ikutin cara ini biar kamu terbebas dari insomnia dan bisa tidur nyenyak tiap hari!

#1 Batasi penggunaan gadget berlebihan saat malam
Cara termudah untuk tidur nyenyak adalah kamu harus membatasi penggunaan ponsel yang mengeluarkan cahaya sebelum tidur, soalnya ini bisa bikin kamu sulit untuk tertidur. Stop main handphone minimal sejam sebelum jadwal tidur kamu!

#2 Kurangin konsumsi kafein di malam hari
Hayooo, siapa yang suka ngopi malam-malam? Kopi mengandung kafein yang menyebabkan selalu melek dan mengganggu kualitas tidur. Sebaiknya jangan minum kopi di atas jam 6 sore ya!

#3 Bikin kamar kamu lebih nyaman
Pastikan kondisi kamar kamu gelap, tenang, dan sejuk. Kalau kamar kamu nyaman, manfaatnya kamu juga bakal tidur dengan tenang dan berkualitas. Jangan lupa untuk silent hape kamu ya!

Sekarang kamu udah paham kan tentang insomnia? Jangan lupa ubah pola hidup kamu biar kamu terbebas dari insomnia. Ngomongin soal mengubah pola hidup, kamu juga bisa bantu jaga Bumi agar lebih baik. Caranya yaitu memilah sampah makanan untuk dikelola dengan baik bersama program Kompos Kolektif dari Bank DBS. Cek link di sini ya!-
Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more